Aspek Sosial Keberlanjutan – CSR

Cigna melakukan sejumlah kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility / CSR sebagai bagian dari misi Cigna di Indonesia untuk membantu meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan ketenangan pikiran orang-orang yang dilayani. Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dilakukan selaras dengan misi tersebut, dan untuk lebih meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang terkena dampak inisiatif tersebut.

Tujuan CSR Cigna Indonesia adalah untuk membuat perbedaan bagi masyarakat Indonesia yang kami layani dengan bekerja sama dengan yayasan dan komunitas terkemuka yang berkonsentrasi pada kesadaran, pencegahan, dan kesehatan.

 

Wilayah Operasional Inisiatif CSR

Kegiatan CSR ini dilakukan di DKI Jakarta, Tangerang Selatan dan seluruh Indonesia.

 

Inisiatif CSR untuk Pemberdayaan Masyarakat

Sejak tahun 2018, Cigna Indonesia telah mendistribusikan lebih dari 70 tangan prostetik kepada penyandang disabilitas. Tangan-tangan tersebut merupakan bagian dari kolaborasi Cigna dengan organisasi nonprofit Ellen Meadow dari Amerika Serikat, yang dirakit oleh karyawan Cigna saat kegiatan internal perusahaan.

2018

2019

2020

Pada tahun 2018, Cigna Indonesia membagikan lebih dari 60 tangan palsu kepada penerima di Tangerang, Lombok dan Yogyakarta. Tangan dibagikan secara gratis, dan diterima oleh penerima tangan setelah melalui proses pra-penyaringan beberapa bulan sebelumnya melalui kolaborasi dengan organisasi nirlaba lokal. 2 (dua) orang di antaranya adalah Atlet Para-Olimpiade Indonesia yang berlaga di Asian Para Games 2018 di Jakarta.

Pada tahun 2019, Cigna Indonesia memberikan 1 (satu) tangan prostetik kepada penerima di Jakarta, Indonesia, yang membaca berita tentang Tangan Prostetik LN-4 di berita. Sesi pemasangan tangan dilakukan di kantor Cigna di Kuningan, Jakarta Selatan.

Pada tahun 2020, Cigna Indonesia juga membagikan 10 tangan prostetik LN-4 kepada penyandang disabilitas di Ciputat, Tangerang Selatan. Tangan dibagikan secara gratis, dan diterima oleh masyarakat melalui kerjasama dengan Yayasan Visi Maha Karya, sebuah LSM yang fokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas.

 

Perayaan Tahunan Cigna Day dan Kesukarelawan

Edukasi tentang hidup sehat baik fisik maupun mental, edukasi tentang asuransi sebagai pengalihan risiko finansial melalui berbagai kegiatan CSR. Ini adalah kegiatan tahunan yang juga memungkinkan Karyawan untuk berpartisipasi dalam Kesukarelawanan dan meningkatkan kesadaran tentang kesehatan fisik dan kesehatan mental.

2018

2019

2020

Dalam acara tahunan Cigna Day tahun 2018, Cigna mengadakan tantangan bernyanyi dimana para karyawan berkumpul dan berpartisipasi serta mendonasikan uangnya kepada Yayasan Karya Kasih, sebuah panti jompo di Jakarta Pusat. Donasi sebesar Rp 4.000.000 diberikan kepada yayasan tersebut, dan dalam kunjungan tersebut Cigna mengajak seluruh penghuninya untuk melakukan senam Taichi guna meningkatkan kesehatan.

Dalam acara Cigna Day tahun 2019, Cigna mengadakan sesi kesehatan bekerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia. Selain talkshow kesehatan, karyawan juga diajak untuk belajar tentang CPR. Secara total, Cigna mendonasikan Rp 20.000.000 kepada Yayasan Jantung Indonesia untuk mendukung kerja keras mereka dalam meningkatkan kesehatan jantung di Indonesia.

Dalam acara Cigna Day tahun 2020, Cigna mengadakan acara yang berfokus pada Kesehatan Mental. Cigna mengundang karyawan mereka untuk menanyakan kabar orang-orang yang mereka cintai selama Pandemi Global, di mana sesi tersebut akan diubah menjadi donasi untuk organisasi yang dipilih. Hasilnya, 85 karyawan berpartisipasi dalam kampanye ini, dan Rp 17.000.000 disumbangkan ke Yayasan Insan Teman Langit, sebuah organisasi yang berfokus pada pendidikan dan advokasi pencegahan bunuh diri di kalangan Pemuda Indonesia.

 

Inisiatif CSR Menanggapi COVID-19 (DKI Jakarta)

Pada Juni 2020, Cigna Indonesia bermitra dengan Badan Amil Zakat Nasional Indonesia untuk menyediakan asuransi jiwa gratis yang mencakup 605 petugas kesehatan di lima fasilitas kesehatan umum di Jakarta, yang melayani lebih dari 28.000 pasien setiap bulan di distriknya masing-masing. Ini adalah bagian dari perayaan 30 tahun Cigna di Indonesia dan untuk mendukung pemerintah selama pandemi global.

Penerima

605 Tenaga Kesehatan

Manfaat

Asuransi Jiwa – Rp 50 juta per orang
(Lebih dari IDR 30 Bio total)

Partisipasi Karyawan

5 Karyawan termasuk 2 Direktur dan 3 Karyawan