Pastikan 4 hal berikut saat mengajukan klaim polis asuransi Anda dan/atau keluarga:

  • Pastikan polis asuransi perlindungan yang diajukan dalam keadaan aktif
  • Pastikan Anda mengajukan klaim maksimal 30 hari setelah kejadian
  • Lengkapi formulir dan dokumen klaim yang diperlukan
  • Isian pada formulir klaim harus asli, sedangkan dokumen pendukung lainnya diperbolehkan menyertakan dokumen fotokopi yang telah dilegalisir

Prosedur Klaim Reguler

1. Nasabah mengajukan klaim dengan cara mengirimkan formulir dan dokumen klaim melalui:

  • Kurir POS atau Portal;
  • Datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang Cigna

2. Cigna menerima dan memeriksa formulir serta dokumen klaim

3. Nasabah menerima SMS pemberitahuan formulir dan dokumen klaim telah diterima Cigna

4. Nasabah menerima pemberitahuan keputusan klaim melalui:

  • Klaim diterima  : SMS
  • Klaim ditunda   : SMS atau E-mail (akan ditelepon jika diperlukan)
  • Klaim ditolak    : E-mail atau surat

5. Jika klaim diterima, nasabah menerima SMS pemberitahuan pembayaran dana klaim

6. Pembayaran dana klaim diterima nasabah

 

Prosedur Speedy Klaim

Speedy Klaim merupakan proses klaim yang hanya membutuhkan waktu:

  • 30 menit untuk keputusan klaim rawat inap atau
  • 45 menit untuk keputusan klaim meninggal dunia

1. Nasabah mengajukan klaim dengan cara datang langsung ke kantor pusat dan kantor cabang Cigna membawa formulir serta dokumen yg dibutuhkan

2. Cigna menerima dan memeriksa formulir serta dokumen klaim nasabah dalam waktu 30/45 menit jika memenuhi syarat proses Speedy Klaim

3. Nasabah menerima pemberitahuan keputusan klaim dalam waktu 30/45 menit dari Customer Service (CS) Cigna

4. Pembayaran dana klaim diterima nasabah

Ada dua jenis fasilitas Speedy Klaim dengan syarat sebagai berikut

 

Speedy Klaim - Klaim Rawat Inap

  1. Program Asuransi Kesehatan (HIP)
  2. Usia Polis > 1 tahun
  3. Premi melindungi sampai dengan tanggal kejadian
  4. Dokumen Klaim lengkap
  5. Santunan Pembedahan sesuai yang tercantum dalam buku Polis
  6. Total Klaim maksimal 10 juta
  7. Tidak termasuk dalam pengecualian Polis

    *Jika memiliki > 1 Polis kurang dari 1 tahun atau klaim > 10 juta, maka keseluruhan Polis harus diajukan secara Klaim Reguler

Speedy Klaim - Klaim Meninggal Dunia

  1. Klaim meninggal dunia
  2. Usia Polis > 2 tahun
  3. Premi melindungi sampai dengan tanggal kejadian
  4. Uang pertanggungan maksimal 200 juta per tertanggung
  5. Dokumen Klaim lengkap
  6. Tidak termasuk dalam pengecualian Polis
  7. Bukan polis yang memiliki nilai investasi
  8. Pengajuan langsung oleh penerima manfaat di kantor pusat Cigna

    *Jika memiliki > 1 Polis kurang dari 2 tahun atau total klaim > 200 juta, maka keseluruhan Polis harus diajukan secara Klaim Reguler

Manfaat Asuransi akan dibayar oleh Penanggung selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak pengajuan Manfaat Asuransi disetujui oleh Penanggung.

Dokumen yang disertakan saat pengajuan klaim berbeda-beda tergantung kepada jenis asuransi yang Anda miliki. Secara umum, klaim untuk produk asuransi dapat dikategorikan sebagai berikut:

  • Form Claim yang diisi Ahli Waris
  • Form Keterangan Dokter diisi oleh RS dan Stempel & TTD RS
  • Surat Kuasa Pembukaan dan Pelepasan Medis yang di TTD pemegang Polis diatas Materai 6000
  • Akta Kematian dari Catatan Sipil (Asli atau FC Legalisir)
  • Surat Kematian dari RS (Asli atau FC Legalisir)
  • Surat Keterangan dari Kepolisian apabila Meninggal karena Kecelakaan, Tindakan Kriminal, atau Kematian Tidak Wajar (Asli atau FC Legalisir)
  • Surat Kronologis apabila apabila Meninggal karena Kecelakaan, Tindakan Kriminal, atau Kematian Tidak Wajar (Dibuat oleh Ahli Waris)
  • Surat Kuasa Penunjukkan Ahli Waris
  • FC KTP Pemegang Polis dan Ahli Waris
  • FC KK yang dilegalisir
  • Sertifikat Asuransi atau Polis Asuransi
  • Cover Halaman Depan Buku Tabungan Ahli Waris
  • FC hasil Lab (Rontgen, MRI, Patologi Anatomi)
    1. Form Claim yang diisi Pemegang Polis Hal.1 
    2. Form Keterangan Dokter (diisi oleh Dokter yang merawat pada bagian.2 dan Stempel & TTD RS)
    3. Surat Kuasa Pembukaan dan Pelepasan Medis yang di TTD pemegang Polis diatas Materai 6000
    4. Kwitansi Pembayaran Perawatan dari RS (Asli atau FC Legalisir)
    5. FC hasil Lab (Rontgen, MRI, Patologi Anatomi)
    6. Resume Medis dari RS (Asli atau FC Legalisir)
    7. Surat Keterangan dari Kepolisian apabila Klaim/Rawat Inap karena Kecelakaan (Asli atau FC Legalisir) atau diganti dengan Surat Kronologis apabila terjadi kecelakaan diluar Lalu Lintas
    8. FC KTP Pemegang Polis
    9. FC KK yang dilegalisir
    10. Cover Halaman Depan Buku Tabungan
    11. Jika di Cover BPJS Kwitansi bisa digantikan dengan Surat Keterangan Rawat Inap RS yg menyatakan pemegang Pilis dirawat di RS tersebut (tanggal keluar dan masuk dicatat dan diagnosa)
    12. Untuk Covid19 (Mencatumkan Kwitansi Pembayaran Perawatan)
      • Formulir Klaim Ketidakmampuan Sementara/Tetap;
      • Surat Keterangan dari Dokter/Rumah Sakit;
      • Fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Pengenal;
      • Hasil Medis pendukung Diagnosis; 

        Untuk nasabah Asuransi Jiwa Kredit, sertakan juga dokumen berikut ini:

      • Surat Pengantar Pengajuan Klaim dan Payment Schedule Pembiayaan dari Pemegang Polis;
      • Duplikat/Salinan Sertifikat Asuransi;
      • Salinan Pernyataan Kondisi Kesehatan;
      • Formulir Penutupan Permohonan Program Asuransi;
      • Berita Acara Serah Terima Kendaraan jika diperlukan;

        *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
        **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis. 

        • Formulir Klaim Asuransi Kesehatan dari Cigna yang telah diisi dengan lengkap;
        • Hasil Pemeriksaan Penunjang (Laboratorium, EKG, Rontgen, USG, PA, dll);
        • Fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Pengenal;
        • Dokumen lain sebagaimana diperlukan penanggung apabila Klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.

          *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
          **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis.