Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content
/themes/neocigna/images/bgh3.jpg

Proses & Prosedur Klaim

TENTANG PROSES DAN PROSEDUR KLAIM

KLAIM ASURANSI

 

Pastikan 4 hal berikut saat mengajukan klaim polis asuransi Anda dan/atau keluarga:

  • Pastikan polis asuransi perlindungan yang diajukan dalam keadaan aktif
  • Pastikan Anda mengajukan klaim maksimal 30 hari setelah kejadian
  • Lengkapi formulir dan dokumen klaim yang diperlukan
  • Isian pada formulir klaim harus asli, sedangkan dokumen pendukung lainnya diperbolehkan menyertakan dokumen fotokopi yang telah dilegalisir

PROSEDUR PENGAJUAN KLAIM ASURANSI

 

Claim Flow

Prosedur Klaim Reguler

1. Nasabah mengajukan klaim dengan cara mengirimkan formulir dan dokumen klaim melalui:

  • Kurir POS atau Portal;
  • Datang langsung ke kantor pusat atau kantor cabang Cigna

2. Cigna menerima dan memeriksa formulir serta dokumen klaim

3. Nasabah menerima SMS pemberitahuan formulir dan dokumen klaim telah diterima Cigna

4. Nasabah menerima pemberitahuan keputusan klaim melalui:

  • Klaim diterima  : SMS
  • Klaim ditunda   : SMS atau E-mail (akan ditelepon jika diperlukan)
  • Klaim ditolak    : E-mail atau surat

5. Jika klaim diterima, nasabah menerima SMS pemberitahuan pembayaran dana klaim

6. Pembayaran dana klaim diterima nasabah

Prosedur Speedy Klaim

Speedy Klaim merupakan proses klaim yang hanya membutuhkan waktu:

  • 30 menit untuk keputusan klaim rawat inap atau
  • 45 menit untuk keputusan klaim meninggal dunia

1. Nasabah mengajukan klaim dengan cara datang langsung ke kantor pusat dan kantor cabang Cigna membawa formulir serta dokumen yg dibutuhkan

2. Cigna menerima dan memeriksa formulir serta dokumen klaim nasabah dalam waktu 30/45 menit jika memenuhi syarat proses Speedy Klaim

3. Nasabah menerima pemberitahuan keputusan klaim dalam waktu 30/45 menit dari Customer Service (CS) Cigna

4. Pembayaran dana klaim diterima nasabah

Ada dua jenis fasilitas Speedy Klaim dengan syarat sebagai berikut

  1. Program Asuransi Kesehatan (HIP)
  2. Usia Polis > 1 tahun
  3. Premi melindungi sampai dengan tanggal kejadian
  4. Dokumen Klaim lengkap
  5. Santunan Pembedahan sesuai yang tercantum dalam buku Polis
  6. Total Klaim maksimal 10 juta
  7. Tidak termasuk dalam pengecualian Polis

    *Jika memiliki > 1 Polis kurang dari 1 tahun atau klaim > 10 juta, maka keseluruhan Polis harus diajukan secara Klaim Reguler
  1. Klaim meninggal dunia
  2. Usia Polis > 2 tahun
  3. Premi melindungi sampai dengan tanggal kejadian
  4. Uang pertanggungan maksimal 200 juta per tertanggung
  5. Dokumen Klaim lengkap
  6. Tidak termasuk dalam pengecualian Polis
  7. Bukan polis yang memiliki nilai investasi
  8. Pengajuan langsung oleh penerima manfaat di kantor pusat Cigna

    *Jika memiliki > 1 Polis kurang dari 2 tahun atau total klaim > 200 juta, maka keseluruhan Polis harus diajukan secara Klaim Reguler


DURASI PROSES KLAIM

 

Pembayaran santunan atas klaim yang berlaku akan dilakukan selambat-lambatnya 14 hari kerja setelah dokumen lengkap. Untuk beberapa kasus yang memerlukan verifikasi dan koordinasi lebih lanjut dengan pihak terkait, seperti misalnya pihak rumah sakit, dokter, dll. memerlukan proses dan waktu tambahan.

DOKUMEN YANG HARUS DISERTAKAN

 

Dokumen yang disertakan saat pengajuan klaim berbeda-beda tergantung kepada jenis asuransi yang Anda miliki. Secara umum, klaim untuk produk asuransi dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Lembar Asli Formulir Klaim Meninggal Dunia yang disediakan oleh Penanggung;
  2. Fotokopi Surat Keterangan Meninggal Dunia dari pemerintah atau Akta Kematian yang dilegalisir;
  3. Fotokopi Surat Keterangan Meninggal Dunia dari Rumah Sakit yang dilegalisir;
  4. Fotokopi Surat Keterangan Kepolisian yang dilegalisir, yang menginformasikan jika Tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan atau hasil tidak wajar;
  5. Fotokopi Surat Keterangan mengenai Identitas diri yang berkepentingan dalam Polis (misalnya: Kartu Keluarga, Akta Kelahiran; atau surat lain yang diterbitkan oleh otoritas setempat);
  6. Fotokopi identitas Tertanggung dan Penerima Manfaat yang masih berlaku;

    Untuk nasabah Asuransi Jiwa Kredit, sertakan juga dokumen berikut ini:
  7. Salinan Sertifikat Asuransi;
  8. Surat Pengantar Pengajuan Klaim dan Payment Schedule Pembiayaan dari Pemegang Polis;
  9. Salinan Pernyataan Kondisi Kesehatan;
  10. Formulir Penutupan Permohonan Program Asuransi;
  11. Berita Acara Serah Terima Kendaraan jika diperlukan;

    *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Ahli Waris atau Penerima Manfaat dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
    **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis. 
  1. Formulir Klaim Asuransi Kesehatan;
  2. Perincian Biaya Perawatan dari Rumah Sakit;
  3. Kuitansi asli atau kuitansi yang legalisir dari Rumah Sakit;
  4. Fotokopi Kartu Tanda Pengenal;
  5. Fotokopi Kartu Keluarga.

    *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
    **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis.
  1. Formulir Klaim Ketidakmampuan Sementara/Tetap;
  2. Surat Keterangan dari Dokter/Rumah Sakit;
  3. Fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Pengenal;
  4. Hasil Medis pendukung Diagnosis;

    Untuk nasabah Asuransi Jiwa Kredit, sertakan juga dokumen berikut ini:
  5. Surat Pengantar Pengajuan Klaim dan Payment Schedule Pembiayaan dari Pemegang Polis;
  6. Duplikat/Salinan Sertifikat Asuransi;
  7. Salinan Pernyataan Kondisi Kesehatan;
  8. Formulir Penutupan Permohonan Program Asuransi;
  9. Berita Acara Serah Terima Kendaraan jika diperlukan;

    *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
    **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis. 
  1. Formulir Klaim Asuransi Kesehatan dari Cigna yang telah diisi dengan lengkap;
  2. Hasil Pemeriksaan Penunjang (Laboratorium, EKG, Rontgen, USG, PA, dll);
  3. Fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Pengenal;
  4. Dokumen lain sebagaimana diperlukan penanggung apabila Klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.

    *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
    **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis.
Kategori