Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content
/themes/neocigna/images/bgh3.jpg

Proses & Prosedur Klaim

Tentang Proses dan Prosedur Klaim

Sebelum melakukan pengajuan klaim, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, antara lain:

 
Pastikan polis asuransi perlindungan Anda dan/atau keluarga Anda dalam keadaan aktif
 
Ikuti petunjuk pengajuan klaim seperti yang tertera secara lengkap di dalam polis asuransi Anda
 
Perhatikan batas waktu maksimum yang telah ditentukan antara terjadinya peristiwa dan tanggal klaim Anda
 
Ajukan pemberitahuan secara tertulis kepada PT Asuransi Cigna bersama dengan formulir klaim yang dibutuhkan
 
Pada saat pengajuan klaim asuransi, hanya isian pada formulir klaim yang harus asli. Untuk dokumen pendukung lainnya diperbolehkan menyertakan dokumen yang di fotokopi dan telah dilegalisir.

PROSEDUR PENGAJUAN KLAIM

 
 
Pengajuan klaim dapat dilakukan melalui Walk-in Center Cigna atau kirim Via Pos sesuai alamat di bawah ini (Walk-in Center Jakarta atau Walk-in Center Geo-ex)
 
Formulir klaim bisa didapatkan melalui halaman ini, call center/walk-in Services, atau request via Email melalui alamat SIAP@Cigna.com
 
Isi formulir dengan seksama, lalu kirimkan kembali formulir klaim Anda yang telah diisi beserta dengan dokumen pendukung dalam batas waktu yang telah ditentukan
 
Untuk keperluan pembayaran klaim cantumkan informasi berikut ini:
  • Nama pemegang rekening
  • Nama bank
  • Cabang bank
  • Nomor rekening
 
Berkas klaim lengkap dapat dikirimkan ke kantor Asuransi Cigna.

DURASI PROSES KLAIM

 

Pembayaran santunan atas klaim yang berlaku akan dilakukan paling sedikit 14 hari kerja setelah dokumen lengkap. Untuk beberapa kasus yang memerlukan verifikasi dan koordinasi lebih lanjut dengan pihak terkait, seperti misalnya pihak rumah sakit, dokter, dll. memerlukan proses dan waktu tambahan.

DOKUMEN YANG HARUS DISERTAKAN

 

Dokumen yang disertakan saat pengajuan klaim berbeda-beda tergantung kepada jenis asuransi yang Anda miliki. Secara umum, klaim untuk produk asuransi dapat dikategorikan sebagai berikut:

  1. Lembar Asli Formulir Klaim Meninggal Dunia yang disediakan oleh Penanggung;
  2. Fotokopi Surat Keterangan Meninggal Dunia dari pemerintah atau Akta Kematian yang dilegalisir;
  3. Fotokopi Surat Keterangan Meninggal Dunia dari Rumah Sakit yang dilegalisir;
  4. Fotokopi Surat Keterangan Kepolisian yang dilegalisir, yang menginformasikan jika Tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan atau hasil tidak wajar;
  5. Fotokopi Surat Keterangan mengenai Ddentitas diri yang berkepentingan dalam Polis (misalnya: Kartu Keluarga, Akta Kelahiran; atau surat lain yang diterbitkan oleh otoritas setempat);
  6. Fotokopi identitas Tertanggung dan Penerima Manfaat yang masih berlaku;

    Untuk nasabah Asuransi Jiwa Kredit, sertakan juga dokumen berikut ini:
  7. Salinan Sertifikat Asuransi;
  8. Surat Pengantar Pengajuan Klaim dan Payment Schedule Pembiayaan dari Pemegang Polis;
  9. Salinan Pernyataan Kondisi Kesehatan;
  10. Formulir Penutupan Permohonan Program Asuransi;
  11. Berita Acara Serah Terima Kendaraan jika diperlukan;

    *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Ahli Waris atau Penerima Manfaat dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
    **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis. 
  1. Formulir Klaim Asuransi Kesehatan;
  2. Perincian Biaya Perawatan dari Rumah Sakit;
  3. Kuitansi asli atau kuitansi yang legalisir dari Rumah Sakit;
  4. Fotokopi Kartu Tanda Pengenal;
  5. Fotokopi Kartu Keluarga.

    *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
    **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis.
  1. Formulir Klaim Ketidakmampuan Sementara/Tetap;
  2. Surat Keterangan dari Dokter/Rumah Sakit;
  3. Fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Pengenal;
  4. Hasil Medis pendukung Diagnosis;

    Untuk nasabah Asuransi Jiwa Kredit, sertakan juga dokumen berikut ini:
  5. Surat Pengantar Pengajuan Klaim dan Payment Schedule Pembiayaan dari Pemegang Polis;
  6. Duplikat/Salinan Sertifikat Asuransi;
  7. Salinan Pernyataan Kondisi Kesehatan;
  8. Formulir Penutupan Permohonan Program Asuransi;
  9. Berita Acara Serah Terima Kendaraan jika diperlukan;

    *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
    **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis. 
  1. Formulir Klaim Asuransi Kesehatan dari Cigna yang telah diisi dengan lengkap;
  2. Hasil Pemeriksaan Penunjang (Laboratorium, EKG, Rontgen, USG, PA, dll);
  3. Fotokopi Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Pengenal;
  4. Dokumen lain sebagaimana diperlukan penanggung apabila Klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.

    *Penanggung berhak meminta dokumen pendukung lainnya yang diperlukan oleh Penanggung kepada Pemegang Polis dalam hal klaim yang diajukan memerlukan klarifikasi dan/atau informasi lebih lanjut.
    **Apabila ada perbedaan antara Formulir Klaim dengan ketentuan Polis, maka yang berlaku adalah ketentuan dalam Polis.