Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Tren Memelihara Tanaman Selama Pandemi: Manfaatnya dan Pilihan Tanaman untuk di Rumah

Posted by setyo

Pandemi COVID-19 ternyata ikut membawa napas Go Green sehingga membuat orang tertarik menanam tanaman hias dalam ruangan. Apa saja manfaatnya dan pilihan tanaman apa yang bisa Anda pilih? Yuk, simak selengkapnya!

Apa Anda pecinta tanaman dan gemar merawat berbagai tanaman hias di rumah? Well, Anda pasti senang karena belakangan ini makin banyak sekali orang-orang yang menggemari tanaman dan menanamnya di rumah. Hingga hobi baru ini pun menjadi tren di tengah pandemi.

Orang-orang di Indonesia bahkan di seluruh dunia belakangan ini mulai beralih menjalani aktivitas baru yaitu berkebun dan memelihara tanaman hias di rumah. Di tengah kondisi pandemi yang mengharuskan semua orang untuk tetap #diRumahAja, hobi berkebun dan memelihara tanaman hias ini mengalami ledakan. Bagi banyak orang termasuk para pekerja yang harus bekerja dari rumah, hobi baru ini menjadi aktivitas untuk mengisi waktu luang mereka.

Memang bisa dibilang, tidak seperti banyak hobi lain yang membutuhkan banyak waktu dan uang untuk memulai, berkebun dan memelihara tanaman hias bisa menjadi aktivitas pengalihan dari rasa jenuh tanpa perlu menguras kantong. Bahkan hobi ini pun bisa dilakukan semua orang termasuk Anda, meski tidak memiliki banyak ruang untuk menanam.

Misalkan saja, bagi Anda yang tinggal di kondominium atau rumah kost, Anda bisa menanam dalam pot kecil dan menempatkannya di lingkungan yang kering dan sejuk di dalam ruangan. Cara lain yang bisa Anda lakukan juga Anda dapat mengisi botol kaca dengan air dan larutan nutrisi dan kemudian menempatkan akar tanaman secara merata di air yang kaya nutrisi sehingga akar dapat tumbuh dengan suplai oksigen, nutrisi, dan air yang stabil.

Selain berbagai benefit dan kemudahan menanam di atas, bila Anda sudah lama memelihara tanaman hias atau baru ingin mencoba tren ini, secara lingkup yang lebih luas lagi manfaat apa saja sih yang bisa Anda dapatkan? Yuk, cari tahu lebih dalam!

 

1. Udara Jadi Lebih Bersih

 

Bagi Anda yang terutama tinggal di kota-kota besar dengan tingkat lalu-lintas yang tinggi hingga banyaknya industri di sekitar, tentunya tingkat polusi pun tinggi. Hobi Anda memelihara tanaman hias dan berkebun di rumah ini bisa menjadi bagian untuk ikut berkontribusi mengurangi polusi yang ada. Sebab, pohon-pohon yang Anda tanam ini tidak hanya menghasilkan oksigen, pohon juga mampu membuat udara jadi lebih bersih. Dedaunan pohon mampu menyaring udara kotor dan polusi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, pabrik, dan lain-lain yang ada di sekitar rumah Anda.

 

2. Rumah Tidak Terlalu Berdebu

 

Selain fungsi tanaman juga mampu menyaring polusi, karbon dioksida, dan racun-racun yang ada di udara, tanaman Anda juga dapat menyerap debu. Bila Anda menempatkan tanaman di beberapa titik di sekitar rumah, terlebih tanaman yang memiliki daun lebat, maka cara ini dapat membantu menghalau dan menangkap debu yang berterbangan. Jadi, tak perlu khawatir lagi rumah akan kotor dengan debu-debu dari luar atau pinggir jalan yang terbawa angin. 

 

3. Menyejukkan Udara yang Panas atau Kering

 

Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis. Sepanjang tahun pasti Anda akan merasakan panas saat musim kemarau. Di saat lainnya ya musim akan menjadi musim penghujan. Saat cuaca begitu panas, apa yang biasanya Anda lakukan? Seharian mau menyalakan AC di ruangan? Hmm... tagihan listrik pasti tinggi.

 

Baca juga: Tips Mempersiapkan Dana Liburan Saat Pandemi

 

Lalu Anda juga mau ikut “menyumbang” peningkatan pemanasan global pun karena pakai AC secara terus menerus? Nah, dengan adanya pohon atau tanaman di sekitar rumah Anda saat udara panas ruangan akan menjadi lebih sejuk. Apalagi bila Anda menggunakan media tanam tanah, saat hujan pun mereka akan menyerap air hujan dan membuat udara di sekitar lebih lembab. Nyaman, bukan?

 

4. Memberikan Pemandangan yang Cantik

 

Nah, yang satu ini tentunya akan mampu meningkatkan mood Anda setiap saat. Bayangkan Anda berkutat dengan segudang pekerjaan dan deretan concall meeting yang tak putus selama WFH, begitu melihat sekitar berwarna hijau tentunya akan menyegarkan mata Anda.

Perasaan nyaman ini tentunya akan membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas kerja. Terlebih bila Anda memang telaten untuk menata setiap tanaman di rumah. Misalkan menatanya sesuai warna, menggunakan kombinasi pot-pot cantik dengan berbagai ukuran. Tentunya ini juga akan meningkatkan nilai estetika rumah Anda.

 

Baca juga: Manfaat Vitamin C Untuk Kulit Segar Dan Bersinar

 

Banyak sekali bukan manfaat yang bisa Anda dan keluarga dapatkan dengan menanam tanaman di rumah? Jadi, sudah siap untuk menanam apa saja? Kalau Anda masih bingung memilih tanaman apa saja yang mau digunakan, tenang! Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Berikut ini adalah jenis tanaman yang bisa Anda coba rawat di rumah:

 

1. Pothos

Satu hal utama dari merawat tanaman ini Anda tidak perlu repot menanamnya di dalam pot berisi tanah. Sebab pothos bisa hidup di dalam wadah berisi air. Menyenangkannya lagi, pothos bisa hidup di berbagai kondisi cahaya. Jika nanti saat Anda menanam ini lalu warnanya terlihat sedikit pucat, kemungkinan pothos terlalu sering terpapar cahaya matahari. Jadi, sebaiknya Anda pindahkan untuk sebentar.

 

2. Dracaena

Sebelumnya kita sudah membahas kalau tanaman bisa membersihkan udara dan menyerap debu bukan? Nah, dracaena ini adalah salah satunya. Dengan kemampuannya ini, sebaiknya tempatkan dracaena di ruangan-ruangan yang menjadi tempat area Anda dan keluarga beraktivitas. Menggemaskannya lagi, tanaman ini tersedia dalam beragam macam warna dan bentuk. Anda jadi bisa memilih berbagai warna dan bentuknya ini untuk ditempatkan di area-area rumah. Bisa disesuaikan dengan gaya interior rumah Anda. 

 

3. Spider Plant

Apakah salah satu anggota keluarga ada yang memiliki gangguan asma atau komplikasi pernapasan? Kalau iya, maka spider plant harus segera Anda pilih untuk ditanam di rumah. Tanaman ini terkenal mampu meredam polutan dalam ruangan seperti formalin dan xilena. Senyawa ini sangat berbahaya untuk asma atau komplikasi pernapasan.

 

Baca juga: Jaga Anak Anda Dengan Lakukan Pencegahan Rabies Berikut

 

Jadi, dengan kehadiran spider plant di rumah Anda, udara akan dibantu disaring. Perawatannya pun mudah, Anda cukup merawatnya di dalam pot berisi tanah dengan drainase yang baik dan siram dengan air sekali dalam seminggu. Jangan terlalu sering disiram ya, karena jika sering disiram akan membuat akarnya cepat membusuk.

 

Jadi, sudah siap mengoleksi tanaman hias di rumah? Semoga di tengah pandemi ini Anda dan keluarga sehat selalu dan bisa menikmati berbagai aktivitas seru bersama ya.