Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Tak Hanya Olahraga, Lakukan Cara Ini Untuk Turunkan Berat Badan

Posted by setyo

Usai liburan panjang seperti setelah cuti perayaan Imlek, bukan hanya isi dompet yang bermasalah, tapi juga berat badan. Timbunan lemak di tubuh semakin menggumpal karena saat liburan jarang olahraga. Pola makan juga tidak terkontrol karena makan-makan saat berkunjung ke sanak saudara.

Umumnya, orang fokus berolahraga untuk mengurangi berat badan berlebih. Namun cara itu kurang efektif mengurangi lemak di tubuh. Selain olah raga, Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini agar berat badan cepat kembali ke level normal.

 

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Yang Cepat Bakar Lemak

 

  • Kurangi porsi makan

 

Anda harus mengurangi porsi makan jika ingin menurunkan berat badan. Olah raga yang Anda lakukan akan sia-sia jika porsi makan masih dalam skala jumbo. Anda bisa memakai piring yang lebih kecil agar tidak tergoda mengambil makanan berporsi besar.

Anda juga harus pandai memilih makanan yang akan dikonsumsi. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan berkalori tinggi seperti nasi, bubur, kue. Perbanyaklah makan makanan yang tinggi serat seperti sayur dan buah, serta banyak protein mulai dari tahu tempe, daging, hingga telur.

 

Baca juga : Yuk Konsumsi Buah-Buahan Segar Berikut Di Tahun Yang Baru

 

Serat akan menjadikan Anda kenyang lebih lama. Sedangkan protein menjadi sumber energi yang lebih baik dan membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

 

  • Perbanyak minum air putih

 

Orang dewasa wajib minum air putih minimal 2 liter setiap hari, lebih banyak lebih baik. Untuk membantu mempercepat penurunan, Anda harus mengatur waktu minum air putih yang tepat. Yang utama adalah minumlah segelas air putih sebelum makan. Ini akan mengurangi tingkat kelaparan di perut, sehingga Anda akan konsumsi makanan lebih sedikit.

Lalu, saat perut mulai terasa lapar, tapi belum waktunya untuk makan, minumlah air putih. Jangan lupa pula, kadang perut belum terasa lapar, tapi ada hasrat untuk makan. Nah, Anda bisa mencegahnya dengan minum segelas air putih.

Lalu sebelum dan sesudah tidur, minuman air hangat dengan dicampur perasan lemon. Air lemon membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

 

  • Mengunyah makanan hingga lembut

 

Jangan buru-buru saat makan. Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan hingga lembut. Selain meringankan beban kerja sistem pencernaan dalam usus, mengunyah makanan hingga lembut akan membantu Anda mengurangi porsi makan. Jika Anda makan secara terburu-buru, tidak disadari jumlah yang dikonsumsi lebih banyak dari biasanya.

 

  • Wajib sarapan

 

Mengurangi porsi makan adalah syarat mutlak menurunkan berat badan, tapi bukan berarti menghilangkan jadwal makan. Anda tetap boleh makan secara teratur, terutama sarapan, tidak boleh ditinggalkan jika ingin berat badan turun.

Karena sarapan merupakan hal penting untuk mengisi perut yang kosong pasca semalaman beristirahat. Ini untuk memberikan bekal energi bagi mendukung aktivitas hingga makan siang. Jika Anda tidak sarapan, Anda akan banyak konsumsi makanan ringan atau camilan. Sarapan juga untuk menghindari dorongan makanan dalam jumlah berlebih saat jam makan siang.

 

Baca juga: Memulai Rutinitas Sarapan Sehat Dengan Overnight Oats

 

  • Istirahat yang cukup

 

Hindari begadang jika ingin berat badan kembali normal. Anda harus beristirahat yang cukup agar lemak dalam tubuh tidak bertambah. Karena, saat begadang orang biasanya suka konsumsi camilan. Ini yang biasanya susah dikontrol, camilan apa saja baik yang mengandung banyak gula maupun lemak habis dikonsumsi tanpa sadar.

Lalu, saat kurang tidur, produksi hormon ghrelin meningkat. Hormon ini merangsang nafsu makan, sehingga jadwal makan terganggu.

Semangat mencoba, jangan biarkan lemak menumpuk di dalam tubuh.