Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Kebiasaan Sehat yang Bisa Anda Lakukan di Malam Hari

Posted by setyo

Sebelum Anda menyikat gigi dan siap tidur, ada berbagai kebiasaan yang sebaiknya harus dilakukan pada malam hari. Mau tahu apa saja?

 

Kegiatan apa saja yang biasa Anda dan keluarga lakukan bersama di malam hari? Rebahan saja dan nyaris tidak beranjak dari sofa? Atau maraton series terbaru sambil menikmati kudapan malam?

Aktivitas harian yang Anda lakukan sejak pagi hingga malam tentunya akan menguras energi Anda. Bagi banyak orang, malam hari memang terbiasa dihabiskan untuk bersantai, menghabiskan waktu berjam-jam di depan televisi hingga akhirnya mengantuk lalu tidur. Namun, bila setiap malam Anda hanya ingin rebahan dan langsung beristirahat, Anda melewatkan waktu bersiap menghadapi hari esok. Lagi pula, Anda dan keluarga kehilangan kesempatan mengistirahatkan mental serta relaksasi fisik.

Maka, tidak mengherankan, jika Anda atau anggota keluarga lainnya biasanya terbangun dengan perasaan lelah yang sama dan menganggap hari esok akan sama saja. Rutinitas yang berulang dan Anda tak punya energi baru esok harinya. Adakah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merasakan lebih sehat dan prima keesokan harinya? Jawabannya tentu saja: Ada!

Sebelum mengakhiri hari Anda, manfaat waktu malam hari Anda bersama keluarga untuk memulai kebiasaan sehat. Kebiasaan-kebiasaan malam hari ini tidak merepotkan lho, dan tentunya tidak membutuhkan usaha yang heboh dan aktivitas yang malah semakin menguras energi Anda. Sebaliknya, justru rutinitas malam ini akan Anda membuat rileks dan membuat pagi hari Anda jauh lebih bahagia.

Sudah tak sabar mau tahu apa saja rutinitas malam hari yang ideal untuk Anda dan keluarga? Yuk, simak berikut ini:

 

1. Berikan Afeksi dan Kontak Fisik Bersama Pasangan dan Anak Anda

 

Saat seharian beraktivitas dan sibuk dengan pekerjaan, kebanyakan orang memang lebih memilih segera beristirahat karena stres. Benar tubuh Anda memang membutuhkan istirahat. Namun, malam hari ini adalah waktunya Anda berkumpul bersama anggota keluarga yang lainnya. Menghabiskan waktu saat malam hari ini bersama orang-orang tersayang di sekitar Anda akan menimbulkan perasaan bahwa Anda terhubung dengan orang lain dan tidak membuat Anda merasakan kesepian.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk memberikan afeksi dan kontak fisik bersama keluarga ini bisa dalam bentuk memeluk anak Anda, memijat bahu pasangan Anda, atau membelai anjing atau kucing Anda. Semua aktivitas ini akan memberi Anda suntikan oksitosin yang menyenangkan, yang dapat membantu Anda rileks dan tertidur.

 

2. Hindari Makan Berat di Malam Hari

 

Bagi sebagian orang, mungkin ia akan sulit untuk bisa tidur dalam kondisi lapar atau kekenyangan. Bila Anda merasakan hal ini juga maka Anda harus memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi di malam hari. Asupan makanan berat di malam hari yang Anda konsumsi dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh. Sistem metabolik tubuh Anda jadi harus masih dipaksa untuk bekerja mencerna makanan yang Anda makan. Tentu saja ini akan menyebabkan sistem metabolik menjadi stres dan Anda kemungkinan besar akan sulit tidur lebih nyenyak.

 


3. Meditasi atau Solitude Time untuk Menenangkan Pikiran

 

Selain waktu bersama keluarga, Anda juga tentunya membutuhkan “me-time” setelah bekerja sepanjang hari. Maka, sebelum tidur carilah waktu bagi Anda menyendiri untuk menenangkan pikiran dan mendengarkan lebih peka bagaimana kondisi tubuh dan pikiran Anda. Sesi ini bisa Anda manfaatkan dengan melakukan meditasi, melatih sistem pernapasan, atau Anda bisa melakukann latihan peregangan. Dengan melatih otot dan pikiran Anda juga ikut meningkatkan kreativitas dan produktivitas untuk esok hari.

 

4. Lakukan To-Do List untuk Esok Hari

 

Dibanding harus panik di pagi hari dan terburu-buru menyiapkan berbagai hal, Anda bisa menyediakan waktu beberapa menit dan membuat to-do list untuk esok hari. Anda bisa menyiapkan pakaian untuk besok, menyiapkan menu sarapan hingga kopi pagi, atau menuliskan apa saja yang akan Anda lakukan di pagi hari. Pada dasarnya, aktivitas ini adalah apa pun yang akan membantu Anda memiliki pagi yang santai dan positif sehingga Anda dapat memulai hari dengan langkah yang ringan. Jadi, sejak malam Anda akan tidur lebih nyenyak karena tahu Anda siap untuk esok harinya.

 

5. Atur Alarm untuk Jam Tidur

 

Hal lain yang harus Anda prioritaskan di malam hari di antaranya adalah waktu istirahat yang cukup. Dengan mendapatkan waktu istirahat yang cukup Anda akan kembali mempunyai energi yang optimal untuk tetap produktif. Maka mengatur alarm jam tidur bisa menjadi pengingat yang baik untuk mengingatkan Anda bahwa sekarang adalah waktunya untuk tidur. Matikan peralatan listrik termasuk smartphone Anda sedini mungkin di malam hari, dan redupkan lampu setidaknya satu jam sebelum tidur.

Tidak sulit dan merepotkan bukan untuk memulai kebiasaan sehat di malam hari bersama keluarga? Kesehatan Anda dan keluarga lebih penting daripada menghabiskan berjam-jam di depan televisi. Kebiasaan sederhana ini dapat membantu Anda membangun rutinitas malam yang sehat yang membantu Anda tidak terjebak dengan kebiasaan lama. Tentunya aktivitas malam ini bisa jadi senjata Anda menyiapkan diri agar sukses dan merasa lebih segar besok.