Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Cara Meningkatkan Endorfin, Hormon Bahagia Selama di Rumah

Posted by setyo

Saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini rasanya sulit menemukan kebahagiaan. Situasi yang tidak menentu menimbulkan sedih dan stres. Dilansir dari healthline.com, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa gejala depresi meningkat tiga kali lipat selama pandemi covid-19, naik dari 8,5% sebelum covid-19 dan 27,8% selama covid-19.

Namun, apakah Anda tahu bahwa di dalam tubuh ada hormon yang dapat membuat bahagia? Hormon tersebut adalah endorfin. Untuk meningkatkan hormon tersebut mudah, namun diperlukan pemicunya. Berikut hal-hal yang bisa memicu hormon endorfin.

 

Baca juga: Mengenal T-Cell yang Berperan Dominan Membentuk Kekebalan Tubuh Melawan Virus Corona

 

Apa itu Endorfin?

 

Menurut Webmd, Endorfin bertindak sebagai analgesik, yang artinya mengurangi rasa nyeri. Hormon ini diproduksi di otak, sumsum tulang belakang, dan banyak bagian lagi di tubuh. Endorfin memicu perasaan positif dalam tubuh, mirip dengan morfin.

 

Cara Memicu Hormon Endorfin

 

1. Olahraga

 

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan bahan kimia yang disebut endorfin. Endorfin ini berinteraksi dengan reseptor di otak Anda yang mengurangi persepsi Anda tentang nyeri. Lebih detail, perasaan setelah berlari atau berolahraga sering kali digambarkan sebagai "euforia". Perasaan itu dikenal sebagai "runner's high", bisa disertai dengan pandangan hidup yang positif dan memberi energi.

Anda bisa lari atau olahraga indoor seperti yoga. Usahakan berolahraga 3-4 kali dalam seminggu. Durasi setiap kali berolahraga adalah 30 menit. Namun, jika Anda adalah pemula, Anda bisa mulai dari durasi yang lebih pendek, lalu secara bertahap Anda bisa menambah durasi Anda.

 

Baca juga: Lindungi Diri Di Tengah Pandemi, Berikut Tips Mencari Asuransi Kesehatan Yang Tepat

 

2. Aktivitas fisik

Selain berlahraga, melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan dan Anda sukai juga dapat memicu hormon endorfin. Misalnya Anda suka berkebun, menari atau, membersihkan rumah. Aktivitas fisik yang Anda sukai seperti ini dapat mengurangi rasa stres.

 

3. Mengonsumsi cokelat

Beberapa peneliti menemukan bahwa kakao, bahan utama coklat dapat menyebabkan otak melepaskan hormon endorfin ini. Namun, sebaiknya konsumsilah coklat murni yang tidak banyak mengandung susu atau gula. Sebab, semakin banyak bahan tambahan yang digunakan dalam coklat, semakin sedikit kandungan kakao yang ada di dalamnya.

 

4. Berjemur di bawah sinar matahari

Cahaya matahari adalah vitamin D alami, sedangkan untuk memicu hormon bahagia diperlukan vitamin D. Vitamin D mampu memproduksi hormon bahagia ini. Luangkan waktu 10-15 menit setiap pagi untuk berjemur di teras rumah.

 

5. Pijat

Ketika Anda terlalu lelah bekerja, duduk seharian di rumah, Anda pasti merasa ingin dipijat. Selain membuat rileks, ternyata pijatan juga bisa memicu hormon bahagia. Dilansir dari healthline, kadar hormon bahagia dalam tubuh dapat meningkat secara signifikan setelah mendapat pijatan. Pada era social distancing seperti ini, agaknya sulit untuk memanggil terapi pijat dari luar. Anda bisa meminta bantuan keluarga atau pasangan untuk melakukannya.

 

Baca juga: Pilih Asuransi Jiwa Atau Asuransi Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19?

 

Itu dia tadi beberapa cara agar tubuh Anda bisa mengeluarkan hormon bahagia di saat stres, di tengah pandemi yang tidak kunjung berakhir. Namun selain hal-hal di atas. ada baiknya Anda juga memiliki proteksi kesehatan yaitu Cigna Proteksi Sehat.

Cigna hadir untuk memberikan perlindungan berupa asuransi kesehatan yang memberikan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan AdMedika serta layanan tambahan berupa bantuan ambulans lokal dan domestik melalui produk Cigna Proteksi Sehat.