Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

5 Cara Berjalan Kaki yang Benar untuk Capai Tubuh Ideal

Posted by setyo

Berjalan kaki menjadi aktivitas yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini bisa membuat badan menjadi terhindar dari penyakit-penyakit seperti jantung, diabetes hingga kolesterol tinggi. 

Halosehat.com mencatat bahwa jalan kaki bisa mendorong  sirkulasi darah sehingga jantung menjadi lebih kuat. Kesehatan jantung akan membuat kadar kolesterol dan gula darah turun. Selain itu, berjalan kaki juga akan membuat otot akan bekerja lebih cepat sehingga akan membantu penyerapan glukosa. Dampaknya ? hal ini akan membuat Anda terhindar dari penyakit diabetes. 

Namun tak hanya penyakit-penyakit di atas saja, karena berjalan secara rutin bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih ideal. Cara ini cocok untuk menjaga berat badan Anda setelah menghabiskan liburan panjang dengan cemilan dan makanan yang mengandung gula dan garam tinggi. 

 

Baca juga: 4 Jenis Olahraga untuk Memperkuat Kesehatan Jantung Anda

 

Berjalan Cepat 

 

Berjalan kaki bisa membantu Anda mengurangi kalori. Akan tetapi ada yang lebih baik lagi yakni dengan berjalan kaki dengan cepat. Studi yang dikutip dari Medical News Today menjelaskan bahwa semakin tinggi intensitas seseorang berjalan maka kalori yang terbakar semakin tinggi.

Jadi untuk memberikan efek bagi berkurangnya kalori, Anda sebaiknya memang perlu berjalan kaki lebih cepat ketimbang hanya berjalan-jalan santai. Anda bisa melakukannya selama tiga puluh menit karena ini bisa membakar 100 sampai dengan 300 kalori. Namun Anda bisa melanjutkan nya selama lebih dari tiga puluh menit karena itu akan lebih efisien dalam mengolah lemak menjadi energi dalam tubuh. 

 

Menggunakan Pelindung Dada

 

Nah alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori adalah dengan menggunakan pelindung dada. Menggunakan pelindung dada saat berjalan akan membuat badan seseorang bekerja ekstra. 

Studi menunjukan bahwa orang yang berjalan kaki sebanyak 2,5 mil per jam di permukaan datar sambil memakai rompi yang sebesar 15 persen dari berat badanya akan mampu membakar 12 persen kalori lebih banyak ketimbang orang yang tak melakukanya. Namun hal ini tak dianjurkan bagi Anda yang pernah menderita penyakit ankle. 

 

Memperkuat Tenaga di Jeda Tertentu

 

Baca juga: Cara Tetap Bugar Meski Banyak Lembur

 

Anda juga bisa memperkuat tenaga saat berjalan kaki untuk membakar kalori saat berjalan. Cobalah dengan berjalan kaki sebanyak lima sampai 10 menit untuk pemanasan kemudian melanjutkan berjalan dengan kencang dengan stabil selama 10 sampai 15 detik sebelum berjalan normal kembali. 

Lakukan ini secara berulang-ulang agar memberikan efek bagi metabolisme tubuh Anda, terutama untuk menurunkan berat badan Anda. Lakukan ini secara bertahap agar bisa memberikan efek maksimal.

 

Berjalan Jarak Pendek Setiap Hari 

 

Berjalan kaki dengan jarak panjang baik bagi tubuh namun berjalan kaki dengan jarak  yang pendek dengan intensitas yang lebih banyak juga baik. Bahkan bagi orang sibuk yang waktunya terbatas, berjalan kaki dengan jarak yang pendek bisa sangat efektif.

Salah satu study menunjukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit tiga kali sehari setelah makan bisa dalam jarak pendek bisa menjaga level tekanan darah daripada berjalan seharian selama 45 menit. 

Bagi Anda yang super sibuk atau hanya memiliki waktu yang mepet berjalan pendek setiap hari bisa membantu mengurangi kalori dan sekaligus berat badan. 

 

1000 Langkah Setiap Hari 

 

Ahli kesehatan menyarankan orang untuk berjalan sebanyak 10.000 langkah per hari karena ini menjadi langkah ideal untuk menurunkan berat badan. Berjalan kaki sebanyak itu menunjukan konsistensi Anda. 

 

Baca juga: Aktif Berolahraga Saat Usia Lanjut

 

Selain itu, 1000 langkah bisa menjadi goals yang baik karena ini menjadi tolak ukur bagi kesuksesan Anda dalam meraih tubuh ideal. Namun, semakin tinggi langkahnya tentu akan semakin baik juga. Sebaiknya memang Anda berusaha meningkatkan intensitas berjalan kaki setiap hari, minggu atau bulan.

Itulah variasi cara berjalan kaki yang bisa menjadi solusi untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda. Cara ini bisa jadi solusi untuk mengembalikan postur ideal Anda.