Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Dari Asuransi Kesehatan hingga Perjalanan, yang Sebaiknya Dimiliki Gen Z Saat Pandemi

Posted by setyo

Tiap generasi punya penanda zaman. Generasi milenial misalnya. Insiden 11 September 2001 di Amerika Serikat menandai perubahan saat mereka tumbuh.

Bagaimana dengan Generasi Z atau Gen Z yang lahir 1995 sampai 2010? Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia bisa jadi penanda zaman. Bagaimana Gen Z sebaiknya menyikapi pandemi? Perlindungan diri bagi masa kini dan masa depan terhadap dampak Covid-19 menjadi penting tidak terkecuali bagi Gen Z.

 

Baca juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa Bagi Milenial

 

Perlindungan itu bisa dilakukan sejak dini. Salah satu bentuknya adalah asuransi. Dengan faktor usia dan kesehatan yang mempengaruhi besarnya premi asuransi, Gen Z lebih diuntungkan. Sebab, semakin muda usia tertanggung, semakin mudah mengajukan asuransi dan semakin murah premi yang dibayar. Sementara usia Gen Z saat ini berada di rentang 15 sampai 25 tahun. Cocok sudah.

Lalu, apa saja asuransi yang sebaiknya dimiliki Gen Z di masa pandemi.

 

Asuransi Kesehatan

 

Dalam riset yang dipublikasikan di situs Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), akhir Agustus lalu, Generasi Melek Politik dan Lembaga Demografi FEB UI menyimpulkan 88 persen responden Gen Z ternyata sudah paham bahwa virus corona penyebab Covid-19 berbahaya. Dengan kesadaran akan bahaya Covid-19 di kalangan Gen Z, asuransi kesehatan menjadi penting untuk melindungi mereka. Apalagi, tingkat dari ancaman terkena Covid-19.

Asuransi kesehatan paling dasar yang penting dimiliki Gen Z untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19 adalah BPJS Kesehatan. Namun, tidak ada salahnya jika perlindungan ditambah dengan asuransi swasta. Sebab, ada beberapa tanggungan yang tidak bisa dilindungi BPJS Kesehatan seperti penyakit kritis.

 

Asuransi Jiwa

 

Per awal November, tingkat kematian Covid-19 di Indonesia sebesar 3,38%. Angka tersebut masih di atas rata-rata tingkat kematian Covid-19 di dunia sebesar 2,5%. Data tersebut seyogyanya membuat Gen Z sadar agar memiliki asuransi jiwa pada masa pandemi.

 

Baca juga: 5 Manfaat Memiliki Asuransi Yang Sangat Berguna Untuk Anda



Dengan asuransi jiwa, Gen Z memberikan jaminan finansial bagi keluarga jika dia mengalami risiko seperti meninggal dunia. Apalagi jika dia memiliki tanggungan seperti anak, istri, ataupun orang tua.

 

Asuransi Perjalanan

 

Survei Deloitte yang dipublikasikan Bloomberg pada Maret 2020 menunjukkan memperluas pengalaman dengan traveling menjadi prioritas utama Gen Z ketimbang membeli rumah atau memulai sebuah keluarga. Sekitar 57% Gen Z mengaku suka berwisata. Alasannya, mereka ingin memperluas wawasan dan memperkaya pengalaman.

Dengan mulai dibukanya beberapa destinasi wisata di Indonesia, bukan tidak mungkin Gen Z bakal memanfaatkannya dengan berwisata di masa pandemi. Tapi tentu dianjurkan dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Agar tetap tenang saat berpergian, penting melindungi diri dengan asuransi perjalanan.

Ada beberapa manfaat yang diberikan asuransi perjalanan. Di antaranya memberi perlindungan dari hal-hal tidak nyaman yang bisa mengganggu saat berwisata. Misalnya perlindungan atas kehilangan bagasi atau dokumen perjalanan hingga perlindungan atas pembatalan penerbangan.

Asuransi perjalanan juga memberi perlindungan medis seperti menanggung biaya pengobatan di tempat wisata. Asuransi perjalanan pun bisa memberi santunan tunai harian untuk rawat inap.

 

Asuransi Bisnis

 

Survei Gallup Student Poll menunjukkan Gen Z lebih suka berwirausaha ketimbang menjadi pegawai. Sebanyak 40% responden survei tersebut mengatakan mereka ingin punya bisnis sendiri. Bahkan, 24% responden mengatakan mereka sudah memulainya. Survei Standard Chartered pun menyebutkan 87% milenial dan Gen Z Indonesia ingin membuka bisnis baru.

 

Baca juga: Menyiapkan Asuransi Untuk Orang Tua Anda Yang Sudah Tidak Produktif



Dalam kondisi resesi, keinginan memulai usaha baru makin tinggi. Apalagi, PHK hingga pemotongan gaji banyak terjadi pada pegawai di Indonesia. Akibatnya, Gen Z lebih tertarik memulai bisnis ketimbang mencari pekerjaan. Nah, untuk memulai bisnis, tidak ada salahnya membeli asuransi bisnis. Asuransi ini mencegah risiko yang muncul akibat bisnis tersebut. Manfaatnya di antaranya mencegah kerugian besar dan pengalihan resiko.

Bagaimana, sudahkah Anda memiliki empat perlindungan tersebut pada masa pandemi?