Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Kenali 7 Alasan Yang Membuat Resolusi Tahun Baru Anda Ambyar

Posted by setyo

Tahun baru yang indah melambangkan bab baru dalam hidup Anda. Akan tetapi, begitu banyak orang seperti Anda bercita-cita untuk mencapai tujuan yang ambisius. Pada kenyataannya, hanya 12% dari Anda yang pernah benar-benar merasakan kemenangan.

Jika demikian, apa yang sebenarnya menyebabkan resolusi tahun baru selalu gagal? Dan bagaimana kita bisa membuat resolusi itu menjadi kenyataan? Berikut 7 alasan mengapa resolusi tahun baru kerap gagal dilakukan.

 

1. Jadikan maraton bagaikan sprint

 

Melihat perubahan kebiasaan yang berjalan lambat memang seolah terlihat menarik. Namun, itu jauh lebih efektif ketimbang memupuk mentalitas "Saya ingin semuanya selesai dalam tempo sesingkat-singkatnya”. Perubahan kecil terasa lebih baik karena mereka tidak mengintimidasi. Dalam artian, perubahan terjadi seiring perjalanan hidup Anda, tanpa Anda sadari.

Jika Anda memiliki banyak kebiasaan buruk hari ini, kebanyakan dari kita adalah memikirkan cara merombak hidup dalam waktu semalam. Padahal, itu bukanlah cara terbaik.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, hentikan dengan diet ketat dan rencana olahraga berlebihan. Ketimbang mengikuti rencana super ketat yang justru melarang Anda untuk bersenang-senang, lebih baik tambahkan satu kebiasaan positif setiap minggunya. 

Misalnya, Anda bisa mulai dengan sesuatu yang mudah seperti minum lebih banyak air dalam satu minggu pertama. Pada minggu berikutnya, Anda bisa beralih makan 3 jenis  buah dan sayuran setiap hari. Lalu, pada minggu berikutnya, Anda bisa mencoba makan segenggam protein setiap kali makan.

 

Baca Juga: Ingin Buat Resolusi Tahun 2020, Baca 5 Tips Berikut

 

2. Tidak percaya diri

 

Kegagalan dalam merealisasikan rencana dapat mendemotivasi Anda sebelum Anda memulainya. Jika Anda pernah mencoba dan gagal ketika menjalankan resolusi tahun baru di masa lalu, mungkin hal tersebut membuat Anda sulit untuk percaya diri kembali.

Keraguan adalah suara yang mengganggu di kepala yang akan menolak pribadi Anda untuk tumbuh. Satu-satunya cara untuk mengalahkan rasa ragu adalah dengan percaya pada diri sendiri. Siapa yang peduli jika Anda pernah gagal satu atau dua kali? Tahun ini, Anda dapat mencoba lagi.

 

3. Terlalu banyak berpikir

 

Buku dari para motivator terbaik di dunia tidak dapat menyelamatkan Anda jika Anda tidak segera melakukan tindakan. Boleh-boleh saja jika Anda butuh inspirasi dan pengetahuan, tetapi seberapa banyak yang bisa Anda terapkan secara realistis dalam hidup Anda? Jika Anda dapat mempraktikkan satu hal yang bisa dipelajari dari setiap buku atau artikel yang Anda baca, Anda akan berada di jalur cepat menuju kesuksesan.

 

4. Terlalu terburu-buru

 

Jika itu cepat dan mudah, semua orang akan melakukannya. Jadi, Anda sebaiknya melatih otot-otot kesabaran Anda.

 

5. Tidak menikmati proses

 

Apakah Anda Pernah mendengar orang yang selalu mengeluh dengan berat badannya dan menganggap olahraga sebagai pekerjaan yang mengerikan? Resolusi kebugaran terbaik adalah yang paling sedikit mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Tujuan resolusi bukan untuk menambah stres pada hidup, melainkan untuk menghilangkannya.

 

Baca Juga: Yuk, Konsumsi Buah-Buahan Berikut Untuk Sambut Tahun Baru

 

Karena itu, kita tidak bisa memaksa diri untuk melakukan sesuatu yang kita benci secara konsisten. Itu bisa berupa Anda berpartisipasi dalam olahraga yang Anda sukai atau bergabung dengan kelas latihan berkelompok, sehingga Anda pun memperoleh teman-teman baru.

 

6. Tidak ada dukungan

 

Sulit untuk tetap termotivasi ketika Anda merasa sendirian. Akan tetapi, sebenarnya Anda tidak sendirian. Posting status di Facebook dan tanyakan kepada teman Anda apakah ada yang mau bergabung untuk olahraga bersama. Jika Anda tahu ada teman kantor yang punya tujuan yang sama, cobalah untuk koordinasikan waktu makan siang bersama untuk saling sharing dan merencanakan kegiatan yang memperkuat resolusi Anda.

Bergabunglah dengan orang-orang yang punya goals yang sama di media sosial, entah itu Facebook, LinkedIn, atau di forum-forum internet. Kekuatan kelompok sangat kuat, jadi gunakan itu untuk keuntungan Anda.

 

7. Tidak tahu mengapa

 

Alasan terbesar mengapa sebagian besar resolusi Tahun Baru gagal: Anda tahu apa yang Anda inginkan tetapi Anda tidak tahu mengapa Anda menginginkannya.

Ya, Anda ingin bugar, menurunkan berat badan, menjadi sehat atau memiliki asuransi. Tetapi, apakah Anda sempat bertanya mengapa tujuan tersebut penting bagi Anda? 

 

Baca Juga: Cara Asyik Rayakan Tahun Baru Bersama Keluarga

 

Sebagai contoh: Apakah dengan Anda ingin lemak berkurang, Anda menjadi lebih merasa percaya diri daripada sebelumnya? Apakah dengan Anda sehat, Anda akan memiliki energi dan ketajaman fokus yang akan memberikan dampak positif di setiap aspek kehidupan. Lalu, apakah tujuan Anda memiliki asuransi adalah Anda berpikir untuk memiliki rasa aman? 

Apapun alasan Anda untuk resolusi yang telah dibuat, ingat, semakin spesifik tujuan Anda, semakin jelas Anda mencapainya. Semakin jelas, artinya semakin sering Anda termotivasi. Dengan begitu, semakin besar pula kemungkinan Anda akan berhasil melakukan resolusi.

Untuk urusan asuransi, Anda bisa memulainya dengan membeli premi yang lebih kecil. Seperti Cigna Proteksi Sehat, dimana dengan hanya menyisihkan Rp4.000 per hari untuk biaya premi, Anda akan memperoleh manfaat harian rawat inap mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.500.000 di seluruh jaringan Rumah Sakit rekanan.

Lantas, apakah ada resolusi Anda yang telah gagal saat ini?