Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

5 Aturan Sederhana untuk Raih Kesehatan Luar Biasa

Posted by setyo

Salah satu resolusi banyak orang saat memasuki tahun baru adalah dengan memulai hidup sehat. Apakah Anda siap memulainya? Yuk, cari tahu lima aturan sederhana unntuk raih kesehatan luar biasa!

Memutuskan untuk membuat perubahan dalam hidup Anda tentunya tidak pernah mudah. Misalkan saja, di tahun baru mendatang Anda ingin menghentikan kebiasaan lama dan menciptakan kebiasaan yang sehat. Bagi sebagian orang, mengikuti gaya hidup sehat sering kali tampak sangat rumit. Padahal, gaya hidup sehat itu tidak perlu rumit. Anda hanya perlu dengan sabar dan komitmen membiasakan diri untuk melakukannya.

 

Baca juga: Selain Sehat Fisik, Sehat Mental Juga Penting Dijaga Selama Pandemi

 

Terlebih bila Anda terinspirasi oleh semua kisah sukses tentang orang-orang yang berhasil menjalani gaya hidup sehat dan terlihat begitu sehat hingga mendapatkan tubuh ideal mereka.

Pada awalnya, Anda selalu bisa bangun lebih awal dan selalu berhasil menolak tawaran makan cokelat hingga es krim favorit. Tapi begitu berjalan hingga dua atau tiga minggu, semuanya tiba-tiba terlihat keluar jalur. Anda ketinggalan kelas yoga karena terlalu sibuk dengan pekerjaan. Jam tidur mulai menjadi lebih pagi karena kerjaan menumpuk dan Anda menghabiskan bergelas-gelas kopi untuk membuat Anda tetap terjaga. Dan karena stres Anda jadi kembali akrab dengan kudapan manis seperti donat atau cokelat, alih-alih memilih apel atau buah sebagai kudapan.

Mengikuti gaya hidup sehat sering kali tampak sangat rumit. Namun, memulai hidup sehat bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun, yang Anda butuhkan adalah ketekunan menjalankannya setiap hari.

Nah, mumpung menjalang akhir tahun dan untuk goals baru di tahun depan, yuk mulai kebiasaan sederhana untuk raih kesehatan maksimal di kehidupan Anda! Mulai hari ini yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti lima aturan sederhana ini:

 

1. Kurangi Konsumsi “Racun” dalam Hidup Anda Seperti Alkohol dan Kebiasaan Merokok.

 

Sebelum jauh untuk memutuskan melakukann diet dan berolahraga, hal utama yang Anda harus perhatikan adalah berapa banyak “racun” yang Anda konsumsi. Masalah umum yang dihadapi banyak orang adalah sebenarnya mereka banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang benar-benar beracun.

Sebut saja seperti rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang, tentunya membuat ketagihan, sehingga sulit bagi orang untuk melepaskan atau menghindarinya. Termasuk juga makan makanan cepat saji yang bisa jadi sangat sulit ditolak. Makanan cepat saji banyak mengandung sukrosa dan sirup jagung fruktosa tinggi. Keduanya dapat merusak metabolisme Anda saat dikonsumsi berlebihan.

 

Baca juga: 4 Langkah Mudah Membuat Rencana Keuangan Keluarga Anda

 

Anda tidak bisa sehat jika Anda terus memasukkan zat pemicu penyakit ke dalam tubuh Anda. Jika Anda ingin mendapatkan kesehatan yang optimal, Anda perlu meminimalkan konsumsi makanan ini.

 

2. Lebih Aktif Bergerak

 

Tahap selanjutnya setelah Anda sudah mulai bisa mengatur pola makan dan asupan harian, Anda juga perlu berolahraga demi memastikan tubuh Anda berfungsi secara optimal. Olahraga tidak hanya membantu Anda terlihat lebih baik, tetapi juga meningkatkan kadar hormon, membuat Anda merasa lebih baik, dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Olahraga dapat membantu mengurangi depresi dan risiko berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, alzheimer, dan banyak lagi. Selain itu, olahraga dapat membantu Anda menghilangkan lemak, terutama jika dikombinasikan dengan diet sehat. Ini tidak hanya membakar kalori, tetapi juga meningkatkan kadar hormon dan fungsi tubuh Anda secara keseluruhan.

Coba luangkan waktu pagi atau sore hari untuk berjalan kaki atau berlari. Jalan kaki adalah pilihan olahraga yang baik. Benefitnya bila Anda lakukan di pagi hari Anda bisa sekalian bisa berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan sumber vitamin D alami. Untuk olahraga, kuncinya adalah memilih sesuatu yang Anda sukai dan dapat Anda pertahankan dalam jangka panjang.

 

3. Perbaiki Kebiasaan Tidur Larut

 

Mendapatkan tidur yang berkualitas memang jadi tantangan sendiri. Kadang kebiasaan bergadang atau berkutat dengan tumpukan pekerjaan atau menonton hingga malam membuat kita terus terjaga. Padahal, tidur yang berkualitas dapat meningkatkan kesehatan. Anda akan merasa lebih baik secara fisik dan mental dan menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan di masa mendatang seperti penyakit obesitas dan penyakit jantung.

Jika Anda tidak bisa tidur nyenyak, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaikinya. Misalkann saja jangan minum kopi di sore hari, buat rutinitas tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, redupkan lampu di rumah Anda beberapa jam sebelum waktu tidur.

 

4. Hindari Stres Berlebihan

 

Mengatasi stres tidak hanya membuat Anda lebih sehat, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup Anda. Stres dapat merusak kesehatan Anda, yang menyebabkan penambahan berat badan dan berbagai penyakit. Bahkan, stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan sangat mengganggu metabolisme Anda, juga penyumbang signifikan depresi, yang merupakan masalah kesehatan saat ini. Untuk mengurangi stres, cobalah untuk berolahraga, berlatih teknik pernapasan, dan bahkan mungkin Anda harus mencoba meditasi.

 

5. Menutrisi Tubuh Anda dengan Makanan Sehat

 

Apa pun yang Anda lakukan, menutrisi tubuh dengan makanan sehat harus menjadi prioritas harian. Upayakan selalu memilih makanan utuh yang belum diproses daripada makanan cepat saji. Pilihan makanan yang terbaik adalah makan kombinasi hewani dan nabati sepeti daging, ikan, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta lemak sehat, minyak, dan produk susu berlemak tinggi.

 

Baca juga: 5 Tips Buat Olahraga Di Rumah Menyenangkan

 

Jika Anda ingin melakukan diet karena merasa kelebihan berat badan, obesitas, atau telah menunjukkan tanda-tanda masalah metabolisme seperti diabetes atau sindrom metabolik, mengurangi sumber karbohidrat utama dapat menjadi salah satu solusi. Banyak orang berhasil menghilangkan berat badan hanya dengan mengurangi karbohidrat karena mereka secara tidak sadar mulai makan lebih sedikit.

Kesehatan optimal dapat raih seperti laiknya saat Anda berlari maraton, bukan lari cepat. Semua prosesnya membutuhkan waktu dan Anda harus memiliki komitmen kuat seumur hidup Anda. Yuk, mulai gaya hidup sehat dari sekarang!