Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

4 Daftar Cek Kesehatan yang Harus Anda Lakukan Jelang Akhir Tahun

Posted by setyo

Menjelang akhir tahun, mau tahu daftar cek kesehatan tahunan apa saja yang harus Anda dan keluarga lakukan? Yuk, cari tahu selengkapnya!

Apakah Anda dan keluarga sudah tak sabar menghitung hari menuju akhir tahun? Rencana-rencana apa saja yang sudah Anda siapakan untuk diri sendiri dan seluruh anggota keluarga?

Menjelang akhir tahun, menjalankan tradisi keluarga sekaligus rencana berlibur menghabiskan malam pergantian tahun tentunya menyenangkan. Namun, akhir tahun ini di tengah pandemi, sebaiknya Anda menghabiskan waktu #DiRumahAja bersama keluarga. Selain itu, akhir tahun juga biasa dijadikan sebagai momentum bagi banyak orang untuk sejenak melihat ke belakang dan melihat semua yang telah terjadi, terutama hal-hal baik, sejak awal tahun ini.

 

Baca juga: Alasan Cigna Pilihan Asuransi Yang Tepat Untuk Anda

 

Dengan begitu, Anda bisa fokus untuk merencanakan resolusi baru hingga mimpi-mimpi baru seperti liburan keluarga di tahun depan, hingga peluang-peluang baru untuk bisnis Anda. Tapi apa yakin tidak ada yang terlewat dari semua rencana itu? Salah satu aspek penting dari kehidupan sehari-hari yang harus kembali Anda tinjau dan tangani menjelang akhir tahun adalah memikirkan kondisi kesehatan Anda dan seluruh anggota keluarga.

Mengapa hal ini menjadi begitu penting? Biasanya di tengah persiapan liburan, akan sangat besar kemungkinannya banyak orang tak memikirkan kondisi kesehatan mereka. Hingga akhirnya bisa jadi menunda check-up dan janji dengan dokter dan terlewat hingga tahun baru tiba.

Padahal, bila Anda mempersiapkannya dari sekarang menjelang akhir tahun Anda bisa memaksimalkan benefit kesehatan yang Anda dapatkan dari asuransi atau perusahaan Anda. Kalau bisa melakukan pengecekan kesehatan tanpa perlu mengeluarkan uang sendiri, benefitnya akan ganda bukan: Anda bisa tahu kondisi kesehatan aktual diri Anda dan keluarga sekaligus menghemat uang.

Mengenai kondisi kesehatan Anda dan keluarga, apa saja sih yang harus Anda lakukan? Agar Anda lebih siap untuk menghadapi akhir tahun dan memliki rencana yang matang di tahun depan, daftar cek kesehatan berikut ini harus segera Anda lakukan!

 

1. Memastikan Anda dan Seluruh Anggota Keluarga Mendapatkan Vaksinasi Terkini

 

Apakah Anda dan keluarga telah melakukan vaksinasi selama ini dan mendapatkan vaksinasi terbaru? Bicara mengenai vaksinasi, banyak masyarakat yang mengira bahwa vaksinasi ini hanya perlu dilakukan pada anak-anak. Padahal, penting sekali juga bagi orang dewasa untuk melakukan vaksinasi. Terlebih bila Anda belum pernah mendapatkan vaksinasi sejak kecil. Vaksinasi ini sangat penting untuk antibodi pada tubuh orang dewasa, karena semakin bertambahnya usia, antibodi pada tubuh orang dewasa akan semakin menurun. Terlebih bila ditambah dengan gaya hidup yang kurang sehat, maka akan berisiko pada kondisi tubuh Anda untuk rentan terhadap gangguan kesehatan.

 

Baca juga: Perlukah Menambah Asuransi Meski Sudah Ada Dari Kantor?

 

Jadwalkan janji temu Anda dan keluarga dengan dokter pribadi Anda untuk mendapatkan vaksin. Vaksin yang direkomendasikan untuk orang dewasa antara lain, vaksin influenza, pneumonia, tetanus, difteri, pertusi, Hepatitis A dan B, rabies hingga vaksin HPV (Human Papillomavirus). Jangan sampai terlewat ya, sebab vakjsinasi adalah bagian penting dari daftar periksa kesehatan akhir tahun Anda karena banyak orang dewasa sering melupakan vaksin mereka sendiri.

 

2. Maksimalkan Manfaat Asuransi yang Anda Miliki

 

Apakah Anda memiliki asuransi untuk diri sendiri dan juga keluarga? Sudahkah Anda memanfaatkan semua benefit asuransi Anda? Jika Anda masih memiliki benefit yang belum terpakai untuk tahun ini, akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk merencanakan beberapa pemeriksaan kesehatan Anda.

Sebelum melakukan pengecekan kesehatan, membuat janji temu dengan dokter Anda, sebaiknya hubungi penyedia asuransi Anda untuk mengetahui apa saja benefit yang masih bisa Anda gunakan. Sekaligus, Anda juga bisa menanyakan berbagai informasi untuk memperbaharui asuransi Anda dan keluarga. Tanyakan juga berbagai penawaran untuk perlindungan asuransi Anda.

 

3. Ingatkan dan Lakukan Cek Kesehatan Tahunan untuk Seluruh Anggota Keluarga

 

Tak hanya untuk diri Anda dan keluarga inti, Anda juga harus mengingatkan seluruh anggota keluarga besar untuk menjalani pengecekan kesehatan tahunan. Pengingat ini bisa jadi salah satu cara Anda untuk memberi perhatian kepada oaring-orang tersayang. Sebab sering kali, banyak dari mereka mungkin tidak begitu mengetahui betapa bermanfaatnya pemeriksaan rutin tahunan ini.

Selain itu, Anda mungkin memiliki keluarga yang bahkan tidak memiliki penyedia layanan kesehatan primer atau perlindungan asuransi. Dalam hal ini, Anda dapat membantu mereka memutuskan cara terbaik untuk memilih dokter keluarga. Menjelang akhir tahun yang semakin dekat, Anda bisa menghubungi satu per satu anggota keluarga besar dan membantu memeriksa mereka dan mengingatkan mereka tentang pentingnya menemui penyedia layanan kesehatan.

 

4. Buatlah Rencana dan Goal Kesehatan Anda dan Keluarga

 

Dengan tahun baru yang akan semakin dekat datang, sekarang ini juga adalah waktu terbaik untuk mengevaluasi tujuan kesehatan Anda dan bagaimana Anda memperlakukan tubuh Anda tahun ini. Sebelum nanti Anda bertemu dengan dokter pribadi untuk melakukan pengecekan kesehatan, Anda bisa menyusun rencana dan goal kesehatan Anda dan keluarga.

 

Baca juga: Kenal Lebih Dekat Dengan Cigna Indonesia

 

Dengan pegangan rencana ini, maka saat waktunya Anda bertemu dengan dokter, Anda dapat berkonsultasi mengenai goal kesehatan Anda ini. Misalkan saja, Anda ingin tahun depan bisa mendapatkan jadwal tidur yang lebih baik, melakukan diet sehat, atau membicarakan program olahraga yang lebih sesuai untuk Anda dan keluarga.

Kesehatan diri Anda dan seluruh anggota keluarga adalah utama. Maka penting untuk menjaga kesehatan Anda untuk masa kini dan masa depan. Jangan sampai terlewat untuk merencanakan pengecekan kesehatan tahunan Anda ya. Stay safe and healthy!