Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

4 Cara Mudah Merealisasikan Resolusi Tahun Baru Anda

Posted by setyo

Satu bulan telah berlalu sejak perayaan tahun baru dilaksanakan. Bagi beberapa dari Anda, perayaan tahun baru mungkin juga dilakukan dengan membuat resolusi-resolusi tahun baru. Bagaimanakah kabar resolusi Anda? Apakah bulan pertama di tahun 2020 ini sudah menunjukkan perkembangan?

Bagi beberapa orang, resolusi tahun baru bisa jadi hanyalah ritual tahunan yang tak kunjung direalisasikan. Banyak yang justru melupakan resolusi yang pernah mereka buat sebelumnya. Bagaimana dengan Anda? 

 

Baca juga: Cara Asyik Rayakan Tahun Baru Bersama Keluarga

 

Dalam mempertahankan diri agar tetap bisa serius dalam merealisasikan resolusi tahun baru, ada beberapa alternatif yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

 

1. Ketahui kebiasaan harian yang bisa mendukung resolusi Anda

 

Apabila resolusi Anda merupakan resolusi yang bisa dicapai dengan tahapan atau usaha berkelanjutan, maka penting bagi Anda untuk mengetahui kebiasaan apa yang harus dilakukan setiap harinya demi resolusi tersebut. 

 

Baca juga: Tips Melaksanakan Resolusi Keuangan 2020

 

Misalkan, Anda ingin memiliki kecerdasan finansial agar lebih bijak dalam mengatur keuangan. Anda bisa berusaha untuk membiasakan diri membaca buku atau menonton video yang berhubungan mengenai kecerdasan finansial setiap harinya. Poin penting dalam tip ini adalah untuk membuat pola kebiasaan baru. Karena itu, penting bagi Anda untuk melacak kebiasaan harian Anda dengan membuat jurnal harian.

 

2. Jangan tunda resolusi yang bisa segera dilakukan atau diraih

 

Dari berbagai macam resolusi yang ada, ada resolusi yang bisa dilakukan dengan segera tanpa perlu usaha yang bersifat pelan atau bertahap. Misalkan, apabila Anda adalah anak muda yang mulai melek finansial, Anda mungkin mulai menyadari pentingnya memiliki investasi. Karena itu, resolusi Anda tahun ini adalah untuk berinvestasi untuk pertama kalinya. Dengan resolusi tersebut, segeralah buka rekening investasi secepat mungkin yang Anda bisa dan jangan ditunda.

 

Baca juga: 5 Produk Investasi Demi Masa Pensiun Sejahtera

 

Hal yang sama juga berlaku bila Anda menjadikan kepemilikan produk asuransi sebagai resolusi Anda. Tanpa banyak pikir, segeralah datang ke salah satu kantor asuransi seperti Cigna dan lakukan konsultasi yang Anda butuhkan. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih produk asuransi mana yang ingin Anda beli. Di Cigna, Anda bisa memilih berbagai produk asuransi kesehatan seperti Cigna EaziHealth atau produk asuransi jiwa seperti Cigna Family EaziLife.

 

Baca juga: Alasan Banyak Orang Enggan Membeli Asuransi Jiwa

 

3. Lakukan evaluasi rutin

 

Tidak semua resolusi pantas untuk dipertahankan. Di sisi lain, bisa jadi memang usaha Anda masih bisa dimaksimalkan dalam mencapai resolusi tersebut. Agar Anda tidak terlalu terjebak pada progress yang sama, jangan lupa melakukan evaluasi rutin dari resolusi yang telah Anda tetapkan. Anda bisa melakukannya setiap enam atau tiga bulan sekali.

 

4. Minta orang terdekat Anda rajin mengingatkan

 

Sahabat atau pasangan Anda tentu akan mendukung apabila Anda ingin merealisasikan resolusi yang dapat membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik. Karena itu, mintalah kepada orang terdekat agar mengingatkan Anda mengenai resolusi yang Anda buat. Lebih baik lagi, Anda bisa saling mengingatkan satu sama lain dan saling memotivasi.

Bertahan pada resolusi tidak selalu mudah dan tidak pula selalu susah. Di tengah jalan nanti, Anda mungkin akan menemukan banyak rintangan. Namun, dengan kedisiplinan diri yang baik, resolusi tahun baru Anda tak akan terbengkalai sebagai wacana saja. Jadi, bagaimanakah progress resolusi Anda tahun ini?