Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Yuk, Waspadai Penularan Virus Corona Dengan 5 Langkah Berikut

Posted by setyo

Apabila Anda mengikuti perkembangan berita kesehatan terbaru, maka virus Corona merupakan istilah yang akan sering Anda dengar belakangan ini. Wabah virus Corona menjadi salah satu wabah penyakit paling mematikan yang muncul sejak dekade baru ini dan telah memakan banyak korban jiwa. 

Virus Corona yang menyerang manusia sebenarnya sudah ditemukan sejak tahun 2003 saat wabah Sindrom Pernafasan Akut (SARS) melanda. Virus Corona yang membuat banyak negara panik saat ini merupakan virus jenis baru yang diberi nama Novel Coronavirus atau Wuhan Pneumonia.

Nama tersebut diberikan karena penyebaran pertama berasal dari kota Wuhan, Tiongkok. Penyakit ini memiliki gejala yang mirip pneumonia atau radang paru-paru, namun berakibat sangat fatal. Gejala utamanya antara lain demam, batuk terus menerus, dan kesulitan bernafas.

Pada saat tulisan ini diangkat, penularan Virus Corona jenis baru ini belum mencapai Indonesia. Namun, tidak ada salahnya bila Anda mempersiapkan diri untuk memperkecil kemungkinan terkena penularan virus jenis baru ini. Berikut ini merupakan beberapa pencegahan Virus Corona yang Tim Cigna telah rangkum khusus untuk Anda.

 

1. Hindari Bepergian ke Tiongkok

 

Bila tidak terpaksa, hindari melakukan travel ke negara yang menjadi tempat awal berkembangnya Virus Corona jenis baru ini. Apabila Anda atau keluarga ada yang baru pulang dari Tiongkok, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat jika merasakan gejala yang disebutkan sebelumnya, sekecil apapun.

 

Baca juga: Konsumsi Makanan Sehat Ini Saat Sudah Pensiun

 

2. Gunakan Masker

 

Bila di sekitar ada yang terkena flu atau batuk-batuk, bantu peringatkan untuk menutup mulut dan menggunakan masker. Bila pergi ke tempat ramai dan padat, tidak ada salahnya menggunakan masker. Bila memungkinkan, sebaiknya batasi kontak dengan orang yang sedang flu berat.

 

3. Hindari Memakan Daging Mentah

 

Dugaan sementara penyebab awal penyebaran Virus Corona adalah daging mentah hewan liar yang diperjualbelikan dengan bebas di kota Wuhan. Daging mentah cenderung belum bersih dan mengandung kuman dan bakteri aktif. Sebaiknya masak daging hingga matang sebelum mengkonsumsinya.

 

Baca juga: Yuk Makan Buah Ini untuk Hindari Bau Mulut

 

4. Cuci Tangan

 

Pastikan untuk cuci tangan setelah pergi maupun pulang beraktivitas. Bila Anda sedang batuk atau bersin dan menutupnya dengan tangan, segera cuci tangan Anda untuk mencegah terjadinya penularan penyakit kepada orang lain.

 

5. Hindari Kontak dengan Binatang Liar

 

Penularan Virus Corona diduga berasal dari hewan liar. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda membatasi kontak dengan hewan liar. Bila memang diperlukan, gunakan sarung tangan dan segera cuci tangan atau mandi yang bersih setelah melakukan kontak.

 

Baca juga: Benarkah Mikroplastik Sudah Ada di Tubuh Manusia?

 

Demikianlah beberapa cara pencegahan Virus Corona yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri maupun keluarga. Sebagai informasi tambahan, vaksin Virus Corona sedang dibuat dan akan segera diujicoba dalam beberapa waktu ke depan. Pastikan Anda selalu menjaga kesehatan diri dengan baik untuk semakin mengurangi risiko terkena penyakit kritis apapun. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.