Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Vitamin dan Mineral Penting untuk Anda Konsumsi Agar Tetap Sehat

Posted by setyo

Apakah Anda mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan? Yuk, cari tahu vitamin dan mineral apa saja yang penting untuk Anda konsumsi agar tetap sehat!

Setiap hari, bagaimana Anda memastikan telah mendapatkan vitamin dan mineral yang tepat dalam jumlah yang sesuai?

Vitamin dan mineral adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita untuk berfungsi, berkembang, dan tumbuh. Vitamin dan mineral sama pentingnya untuk kehidupan seperti udara dan air. Tidak hanya menjaga tubuh Anda tetap sehat dan berfungsi, tetapi juga melindungi Anda dari berbagai penyakit.

 

Baca juga: Mengenal Superfood Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

 

Setiap vitamin dan mineral memiliki tugas tersendiri tetapi bekerja sama dalam membantu tubuh manusia bekerja sama secara keseluruhan. Vitamin dan mineral, keduanya sangat berbeda. Vitamin adalah zat organik yang diproduksi oleh tumbuhan atau hewan.

Mereka sering disebut "esensial" karena tidak disintesis di dalam tubuh (kecuali vitamin D) dan karenanya harus berasal dari makanan. Sedangkan, mineral adalah unsur anorganik yang berasal dari batuan, tanah, atau air. Namun, Anda dapat menyerapnya secara tidak langsung dari lingkungan atau hewan yang memakan tumbuhan tertentu.

Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah sebenarnya terdapat garis tipis perbedaan antara mendapatkan cukup nutrisi ini (yang sehat) dan terlalu banyak (yang pada akhirnya dapat merugikan Anda). Makan makanan yang sehat tetap menjadi cara terbaik untuk mendapatkan jumlah vitamin dan mineral yang Anda butuhkan.

Keduanya yaitu vitamin dan mineral merupakan nutrisi penting yang bekerja bersama-sama, membantu menopang tulang, menyembuhkan luka, dan meningkatkan sistem kekebalan Anda. Mereka juga mengubah makanan menjadi energi, dan memperbaiki kerusakan sel.

So, mari cari tahu vitamin dan mineral apa saja sih yang dibutuhkan oleh tubuh Anda agar tetap sehat, di antaranya:

 

1. Vitamin C

 

Pertama adalah vitamin C. Vitamin ini termasuk ke dalam vitamin yang larut dalam air. Itu dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan normal. Vitamin C membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh bagian tubuh Anda. Ia berfungsi membentuk protein penting yang digunakan membuat kulit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah, menyembuhkan luka dan membentuk jaringan parut, memperbaiki dan memelihara tulang rawan, tulang, dan gigi, serta membantu penyerapan zat besi.

Demi memenuhi kebutuhan vitamin C, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C di antaranya jeruk, kiwi, kangkung, dan brokoli atau sayuran hijau lainnya, juga tomat.

 

2. Zinc

 

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa zinc memiliki banyak manfaat kesehatan. Secara efektif zinc dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit terkait usia, mempercepat penyembuhan luka, dan bahkan memperbaiki gejala jerawat.

 

Baca juga: 5 Cara Mengukur Apakah Anda Selama Ini Menjalani Gaya Hidup Sehat!

 

Kebutuhan tubuh Anda akan zinc ini sangat penting, sebab tubuh Anda tidak dapat memproduksi atau menyimpannya. Untuk alasan ini, Anda harus mendapatkan asupan yang cukup melalui makanan Anda. Banyak makanan hewani dan nabati secara alami kaya seng, sehingga mudah bagi kebanyakan orang untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup. Anda bisa mendapatkan asupan zinc dalam makanan seperti kerang, daging merah, unggas, dan produk susu, juga seperti sereal sarapan dan tepung terigu.

 

3. Vitamin D

 

Vitamin D ini sangat penting membantu tubuh melawan infeksi virus. Tidak banyak sumber vitamin D yang bisa Anda dapatkan dari makanan, tubuh kita menghasilkan sebagian besar vitamin D dari matahari. Sumber vitamin D bila Anda ingin mendapatkannnya dari makanan, maka pilih asupan ikan salmon, daging merah, cod oil, kuning telur dan jamur.

Fungsi biologis utama vitamin D adalah menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam darah normal.1-3 Vitamin D membantu penyerapan kalsium, membantu membentuk dan memelihara tulang yang kuat.

Cara mudah dan alami memperoleh vitamin D adalah melalui sinar matahari langsung. Setiap pagi jemurlah badan Anda di bawah matahari dan biarkan bagian tubuh Anda seperti wajah dan lengan terkena paparan langsung selama sekitar 20 menit setiap hari. Namun pastikan tidak terpapar terlalu lama karena efek samping berada di bawah sinar UV dalam waktu lama akan mengganggu kesehatan kulit dan tubuh Anda. Oh ya, tetap menggunakan tabir surya saat keluar ruangan ya.

 

4. Magnesium

 

Mineral yang juga sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh kita adalah magnesium. Magnesium adalah elektrolit mineral penting yang membantu tubuh kita memperkuat sel-sel pembunuh alami dan limfok sistem kekebalan tubuh.

Magnesium membantu hemoglobin dalam darah kita yang bertanggung jawab mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh manusia. Jadi, di tengah pandemi COVID-19 ini, magnesium berperan sangat penting dalam membantu menurunkan risiko infeksi COVID-19 karena virus menyerang sistem pernapasan.

Magnesium juga merupakan sumber energi utama untuk sel kita yang disebut adenosine triphosphate (ATP) tanpa energi ini, sel kita tidak dapat berfungsi dengan baik. Makanan kaya magnesium di antaranya cokelat hitam, kacang hitam, alpukat, dan biji-bijian.

 

Baca juga: Cara Meningkatkan Endorfin, Hormon Bahagia Selama Di Rumah

 

Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang seimbang dan bervariasi ya. Dengan begitu Anda sudah memilih cara tepat memenuhi semua nutrisi dari vitamin dan mineral dari makanan yang Anda makan.

Bila Anda atau anggota keluarga di rumah memiliki kebutuhan khusus dan memiliki riwayat kesehatan tertantu, sebaiknya mintalah rekomendasi profesional dari dokter pribadi Anda untuk mengetahui sumber yang tepat dan ukuran yang sesuai saat mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral. Tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga ya!