Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Tips Produktif bagi Diri Sendiri Meski Tuntutan Kerja Sedang Tinggi

Posted by setyo

Tuntutan kerja bagi setiap orang memang bermacam-macam. Ada yang tuntutan kerjanya ringan namun ada juga yang sampai tidak bisa mengurusi urusan pribadi lain karena tuntutan kerja yang begitu tinggi. Selain itu, tuntutan kerja juga bisa mengalami dinamika. Terkadang, seseorang bisa merasa sangat dituntut dalam bekerja namun di saat lainnya malah merasa lebih leluasa.

 

Baca juga: Mengembalikan Motivasi Kerja

 

Bagaimanapun tuntutan kerja yang diberikan oleh kantor, Anda mungkin juga ingin bisa memiliki waktu luang untuk hal-hal yang sesuai dengan minat Anda sendiri. Di samping pekerjaan utama, bisa jadi Anda juga memiliki proyek pribadi yang ingin Anda tuntaskan atau hal baru yang ingin Anda pelajari untuk mengasah individu Anda sendiri. Misalkan, Anda mungkin memiliki proyek pentas seni yang Anda garap di samping pekerjaan utama karena musik adalah hobi Anda. Misalkan juga, Anda ingin belajar bahasa lain yang menurut Anda penting dan menarik.

Namun, ketika tuntutan kerja sedang tinggi, apakah Anda memiliki waktu untuk tetap produktif dalam mengerjakan urusan-urusan pribadi tersebut? Jangan khawatir! Tips berikut ini bisa Anda lakukan agar produktivitas individu tetap meningkat meski tuntutan kerja sedang tinggi-tingginya.

 

Tegas dalam manajemen waktu

 

Apapun pekerjaan Anda, Anda perlu ingat bahwa hidup Anda tidak sepenuhnya diisi oleh pekerjaan tersebut. Dalam 24 jam yang Anda miliki dalam satu hari, ada berbagai aspek kehidupan yang perlu perhatian Anda juga. Aspek-aspek tersebut adalah keluarga, dunia sosial, dan juga proyek pribadi Anda.

Untuk dapat maksimal dalam menyelesaikan proyek pribadi tadi, Anda perlu secara tegas menentukan waktu dalam satu hari yang ingin Anda luangkan untuk mengurusi proyek pribadi Anda tersebut. Misalkan, dalam satu hari, Anda wajib meluangkan satu jam untuk belajar bahasa yang Anda inginkan. 

Ketika tuntutan kerja Anda meningkat, satu jam yang sudah Anda tentukan tadi tidak boleh terganggu.

 

Selesaikan urusan kerja di kantor

 

Jangan bawa urusan kantor Anda ke rumah. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa membedakan kapan Anda harus bekerja untuk kantor Anda dan kapan Anda bisa mengurusi hal-hal lainnya.

Ketika Anda bisa membiasakan untuk menyelesaikan urusan kantor di kantor tanpa harus membawa pekerjaan kantor ke rumah tak peduli seperti apa tuntutan kerja yang ada, rumah bisa secara maksimal menjadi lokasi yang nyaman untuk Anda mengurusi aspek lain dari hidup Anda. Tanpa harus dipusingkan oleh urusan kantor, Anda bisa berfokus pada diri sendiri termasuk dengan mengurusi proyek pribadi Anda.

 

Baca juga: Solusi Bosan Bekerja

 

Jaga stamina tubuh dengan rutin berolahraga dan makan makanan sehat

Untuk menjadi produktif, kondisi tubuh yang maksimal perlu Anda jaga. Bukan masalah menghindari sakit saja yang perlu Anda pertahankan namun juga menjaga kebugaran tubuh secara holistik.

Ketika tuntutan kerja sedang tinggi, Anda mungkin akan memilih untuk langsung merebahkan diri di rumah ketika Anda selesai bekerja. Rasanya, Anda tidak ingin melakukan kegiatan lain karena tubuh Anda terasa lunglai. Namun, bisa berbeda ceritanya apabila Anda rajin berolahraga dan memperhatikan kandungan makanan yang masuk dalam tubuh Anda. Dengan berolahraga dan makan makanan sehat, tubuh Anda akan terasa lebih fit bahkan setelah seharian bekerja. Dengan begitu, ketimbang malas-malasan, Anda bisa tetap semangat untuk melanjutkan hari dengan melakukan kegiatan produktif bagi diri Anda sendiri.

 

Beri diri Anda proteksi maksimal

 

Sulit rasanya untuk menjadi produktif ketika risiko kesehatan menyerang diri sendiri maupun keluarga dan Anda memiliki halangan dalam mengatasinya. Waktu luang yang dimiliki dirasakan lebih baik digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Untuk menghindari stres yang dapat berdampak pada produktivitas akibat kondisi seperti ini, sebaiknya Anda melindungi diri dan keluarga dengan membeli produk proteksi seperti asuransi kesehatan. Produk asuransi kesehatan terpercaya seperti Cigna Family Care Optima dapat menghindarkan Anda dari stres akibat risiko kesehatan yang bisa datang kapan saja kepada Anda maupun keluarga tercinta.

 

Baca juga: Lokasi Wisata untuk Anda yang Lelah Bekerja

 

Apa pun pekerjaan Anda, ingatlah bahwa proyek pengembangan pribadi juga hal yang penting untuk Anda utamakan demi kenyamanan Anda sendiri. Dengan tips di atas, tuntutan kerja yang tinggi tak lagi halangi Anda dalam berkegiatan produktif sesuai dengan apa yang Anda inginkan.