Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Bosan Bekerja? Luangkan Waktu Sebentar untuk Lakukan Hal Ini

Posted by setyo

Dalam bekerja, banyak orang pernah merasakan masa-masa bosan. Anda mungkin salah satunya. Pekerjaan yang telah lama Anda jalani tiba-tiba terasa melelahkan atau terasa membosankan. Rasanya, Anda jadi tidak ingin lagi bekerja meski dahulu Anda sangat ambisius dan rajin dalam menuntaskan segala tugas yang menjadi tanggung jawab.

 

Baca juga: Bagaimana Cara Meminimalisir Efek Monday Blues Terhadap Produktivitas?

 

Merasa bosan atau merasa kehilangan motivasi untuk bekerja adalah hal yang normal yang bisa dirasakan siapa saja. Namun, Anda tentu tidak ingin berlama-lama dalam masa-masa ini. Anda perlu sesegera mungkin mengembalikan semangat agar pekerjaan yang tertunda tak semakin menggunung dan Anda bisa kembali produktif bekerja. Agar waktu tidak semakin terbuang dalam kebosanan dan demotivasi, luangkanlah beberapa saat untuk melakukan langkah-langkah berikut ini!

 

Cari tahu penyebab demotivasi

 

Different illness needs different treatment. Hal yang sama juga berlaku bagi demotivasi kerja yang Anda rasakan. Karena itu, penting untuk berpikir sejenak dan mencari tahu apa yang membuat motivasi bekerja Anda menurun begitu saja.

Ada 10 hal yang bisa saja menjadi penyebab sebenarnya dari demotivasi yang Anda rasakan. 10 penyebab tersebut adalah rasa takut akan masa depan, tujuan yang salah, tidak adanya kejelasan mengenai keinginan yang sebenarnya, adanya ketidaksesuaian dengan nilai yang Anda pegang, terlalu terkekang, tidak merasa tertantang, ketakutan untuk kehilangan hal-hal berharga bila mencoba hal baru, kesepian, kelelahan, dan tidak adanya kejelasan tentang langkah seharusnya yang harus dilakukan.

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi terlebih dahulu: di antara kesepuluh penyebab demotivasi di atas, manakah yang menjadi penyebab demotivasi kerja Anda?

 

Cari solusi untuk mengatasi penyebab dari demotivasi kerja

 

Setelah penyebab dari demotivasi kerja yang Anda rasakan, kini saatnya Anda memikirkan solusi untuk mengatasi penyebab yang sudah ditemukan.

Misalkan, ketika demotivasi Anda disebabkan oleh tujuan yang salah, Anda perlu mengkaji kembali tujuan-tujuan Anda sebenarnya. Anda bisa menuliskan tujuan Anda dalam selembar kertas, lalu memetakan apakah tujuan tersebut benar-benar diperlukan. Setelah itu, dengan tujuan-tujuan baru, lanjutkanlah kembali aktivitas Anda.

 

Pikirkan kembali alasan Anda melakukan pekerjaan Anda

 

Ketika mengatasi penyebab demotivasi tampaknya tak membuat Anda semakin bersemangat, sudah saatnya mengevaluasi kembali keseluruhan alasan dari apa yang Anda kerjakan. Anda perlu memikirkan kembali. Apakah benar bahwa Anda melakukan pekerjaan yang tepat? Apakah tempat Anda bekerja adalah tempat yang baik bagi Anda untuk berkembang?

 

Baca juga: Wanita Bisa Lebih Sehat Jika Bekerja Lebih Lama

 

Dalam tahap ini, Anda mungkin akan merasa sedikit ketakutan. Hal ini karena bisa saja Anda harus meninggalkan zona nyaman Anda yang tidak pasti bagaimana ke depannya. Namun, jangan khawatir! Keluar dari zona nyaman demi semangat baru bukanlah hal yang buruk dan Anda pasti bisa melaluinya.

 

Bicarakan dengan rekan

 

Setelah lama berpikir dengan diri sendiri, saatnya Anda mencari sudut pandang orang lain. Sampaikanlah apa yang selama ini membuat Anda resah dan bagaimana Anda telah memikirkan masalah ini. Mintalah saran kepada rekan dari sudut pandang mereka yang selama ini bekerja bersama Anda dan mengamati Anda dari sisi luar. Bisa jadi, rekan Anda malah menemui hal-hal dalam diri Anda yang bahkan tidak Anda temui.

Keempat langkah tadi merupakan hal yang bisa Anda lakukan apabila demotivasi kerja menyerang. Memang, langkah-langkah tersebut bisa saja membawa kepada hal-hal baru yang dirasa kurang pasti. Namun, petunjuk tadi sangatlah penting untuk dilakukan demi menjaga produktivitas sehari-hari. Selain itu, Anda juga bisa menjamin keamanan diri dengan membeli produk perlindungan seperti asuransi Cigna. Dengan begitu, rasa tidak aman dalam memulai hal baru bisa dikurangi.

Semoga, dengan langkah-langkah di atas, demotivasi kerja yang Anda rasakan bisa segera menghilang. Anda pun bisa kembali bekerja dengan penuh semangat seperti sedia kala.