Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Saatnya Kembali ke Kantor, Ikuti Tips Aman di Kendaraan Umum Berikut

Posted by setyo

Bersiaplah memasuki tatanan normal baru atau new normal. Pada Mei 2020 lalu, presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa beberapa daerah yang telah memenuhi syarat, akan memasuki new normal. Artinya, masyarakat boleh berkegiatan di luar rumah, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan, termasuk juga memerhatikan tips aman di kendaraan umum. Kebijakan ini diambil agar roda perekonomian dapat kembali berputar, masyarakat produktif, tetapi tetap aman dan terhindar dari virus corona.

Dalam tahap awal, new normal ini akan diterapkan di empat kota, yakni Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo, serta 25 kabupaten atau kota lainnya. Sebelum masa new normal itu berlaku, masyarakat sedang memasuki masa transisi di bulan Juni ini. Itu sebabnya, sejumlah kantor sudah mulai dibuka untuk karyawan, tempat ibadah mulai bisa digunakan, dan demikian juga sejumlah mal yang sudah beroperasi. Bagi perusahaan yang sudah membolehkan karyawan untuk bekerja di kantor, juga ada ketentuannya. Misalnya, kapasitas kantor tidak bisa melebihi 50%. Artinya, karyawan harus masuk kantor bergantian. Selanjutnya, karyawan tetap harus mempraktikkan protokol kesehatan selama di kantor.

 

Tips aman di kendaraan umum saat new normal

 

Apakah Anda sudah mulai berangkat ke kantor dan menggunakan kendaraan umum? Jika ya, ada beberapa tips aman di kendaraan umum yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) Kementerian Kesehatan di dalam buku bertajuk “Serba COVID, Cegah COVID-19 Sehat untuk Semua”. Berikut panduannya:

 

1. Tetap gunakan masker

 

Masker menjadi perlengkapan perlindungan pertama saat beraktivitas di luar ruangan. Ada tiga macam masker yang disarankan oleh BPOM, yakni masker kain untuk orang sehat, masker bedah untuk orang sakit dan tenaga medis, serta masker N95 untuk tenaga medis dan orang yang kontak langsung dengan orang terinfeksi COVID-19. Jika Anda menggunakan masker kain, bawalah beberapa cadangan setiap berangkat ke kantor. Sebab, masker kain efektif digunakan maksimal empat jam. Perlengkapan lain yang juga disarankan digunakan saat new normal ini ialah face shield dan sarung tangan.

 

Baca juga: Manfaatkan Layanan Telekonsultasi Gratis Segera

 

2. Bawa new normal essentials

 

Bawalah perlengkapan new normal ke manapun Anda pergi. New normal essentials yang perlu dibawa antara lain hand sanitizer dan tisu basah berbasis alkohol, tisu kering, sarung tangan plastik jika perlu, sabun cair kemasan travel.

Bawa pula perlengkapan makan sendiri yang akan Anda pakai selama di kantor. Perlengkapan makan ini terdiri dari piring, sendok, garpu, sedotan, gelas, serta sabun dan spons cuci piring. Membawa alat makan sendiri bertujuan agar Anda terhindar dari berbagi makanan dan minuman dengan orang lain dari wadah yang sama. Setelah mencuci bersih perlengkapan makan, simpanlah perlengkapan tersebut di lemari tertutup di meja kerjamu.

 

3. Tetap jaga jarak

 

Ketika berada di stasiun atau di tempat umum, tetaplah menjaga jarak dengan orang lain, minimal 1-2 meter. Hindari pula kerumunan orang.

 

4. Patuhi jarak aman di kendaraan umum

 

Patuhilah tanda jarak aman yang ada di beberapa kendaraan umum yang umumnya berupa kursi kosong di sela-sela penumpang.

 

Baca juga: Intip Ide Kreatif Bisnis Yang Bisa Anda Coba Saat Pandemi

 

5. Hindari menyentuh benda tanpa sarung tangan

 

Hindarilah menyentuh pintu atau memegang pegangan pintu dengan telapak tanpa sarung tangan. Karena, hal ini bisa membuat virus dari benda-benda tersebut berpindah tempat ke tangan. Segeralah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer sehabis Anda menyentuh benda-benda di tempat umum.

 

6. Sering mencuci tangan

 

Sesampainya di kantor, cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Mencuci tangan masih menjadi cara yang paling efektif dalam mencegah penularan virus COVID-19.

 

Baca juga: Agar Tidak Kecanduan, Mulailah Membatasi Bermain Gadget Untuk Anak Anda

 

Di samping protokol kesehatan di atas, ada beberapa tips kesehatan umum pula yang bisa Anda perhatikan di masa new normal ini. Yang pertama, tetaplah menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi dan minum air putih secukupnya. Kedua, istirahatlah yang cukup. Ketiga, hindari cemas berlebihan yang bisa menurunkan imunitas tubuh. Keempat, meski kita memasuki masa transisi dan akan memulai new normal, namun yang perlu diingat adalah, virus corona tetap ada di luar sana. Maka, jaga diri Anda dan keluarga dengan tetap membatasi aktivitas luar ruang berdasarkan skala prioritas. Kelima, isilah waktu luang Anda dengan hal positif seperti berolahraga, meditasi, membaca buku, dan melakukan aktivitas hobi.

Saat ini bumi memang sedang sakit dan virus corona masih mengintai di luar sana. Namun, tidak ada alasan buat kita untuk berhenti berkarya. Anda bisa terus produktif di masa transisi dan new normal nanti. Saat harus berangkat ke kantor, jangan lupa tips aman di kendaraan umum agar Anda sehat selalu. Agar keuangan Anda juga terlindungi selama pandemi, lindungilah diri Anda dan keluarga dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan dari Cigna Indonesia. Salam sehat.