Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Ini Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Virus Corona

Posted by setyo

Coronavirus atau Virus Corona belakangan menghebohkan dunia akibat penyebarannya di Tiongkok yang begitu tiba-tiba. Setidaknya, hampir 3000 orang di Tiongkok telah tertular virus ini. Pemerintah Tiongkok pun juga melakukan pengawasan ketat dan tidak mengizinkan siapapun yang berasal dari wilayah Wuhan tempat virus ini tersebar keluar dari daerah tersebut demi mengurangi penyebaran.

 

Baca juga: Mencegah Wabah Malaria

 

Meski terjadi di Tiongkok, negara-negara lain pun ikut waspada. Beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Nepal, Singapura, Malaysia, dan Australia telah mengkonfirmasi bahwa kasus coronavirus juga telah mencapai wilayah mereka. Namun, sudahkah Anda paham apa itu coronavirus? Seberapa mematikan kah virus tersebut?

 

Mengenal Novel Coronavirus

 

Virus yang saat ini heboh dan berasal dari Wuhan, Tiongkok adalah novel coronavirus. Virus tersebut merupakan jenis coronavirus baru yang sebelumnya belum pernah ditemukan. Virus ini datang dari hewan dan biasanya menular pada mereka yang bekerja di pasar hewan atau tempat penyembelihan hewan.

 

Penularan Coronavirus

 

Meski berasal dari hewan, novel coronavirus juga dapat ditularkan dari manusia ke manusia. Penularan virus yang satu ini dapat terjadi melalui batuk, bersin, atau kontak tubuh dari orang yang terinfeksi virus.

 

Baca juga: Penyakit Berbahaya yang Muncul Jika Mengabaikan Cuci Tangan

 

Penyakit Akibat Coronavirus

 

Virus novel coronavirus ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit pneumonia pada paru-paru. Biasanya, gejala dari mereka yang terinfeksi adalah dengan adanya batuk-batuk, demam, serta kesulitan bernapas. Seseorang yang mengalami gejala tersebut akibat novel coronavirus tidak bisa sembuh hanya dengan antibiotik atau obat flu biasa.

 

Seberapa Mengkhawatirkannya Novel Coronavirus?

 

Para ahli mengkhawatirkan bahwa novel coronavirus dapat tersebar secara lebih luas karena waktu penyebarannya yang mendekati minggu liburan tahun baru Cina atau imlek. Hal ini membuat mobilitas masyarakat TIongkok menjadi lebih tinggi sehingga penyebaran virus yang lebih luas pun dikhawatirkan lebih mungkin. Meski begitu, pemerintah Tiongkok telah dengan ketat mengunci beberapa wilayah di Tiongkok dan melarang penduduknya untuk meninggalkan rumah agar tidak terjadi penyebaran lebih luas.

Selain itu, ahli juga khawatir bahwa gejala-gejala dari penularan virus ini tidaklah mudah dideteksi. Banyak yang mengkhawatirkan apabila kasus yang sebenarnya terjadi jauh lebih besar dari kasus yang telah diketahui.

 

Melindungi Diri dari Novel Coronavirus

 

Mereka yang memiliki kondisi kesehatan lebih buruk dianggap lebih rentan terhadap novel coronavirus. Karena itu, demi kesehatan dan keselamatan Anda, pastikan bahwa Anda memberikan proteksi maksimal terhadap kesehatan Anda.

 

Baca juga: Hepatitis Merebak, Apa yang Harus Dilakukan?

 

Lakukanlah olahraga rutin dan makanlah makanan sehat. Kenakan juga masker pelindung ketika Anda bepergian. Terakhir, pastikan bahwa Anda telah siap memiliki asuransi kesehatan terpercaya seperti Cigna EaziHealth agar Anda siap menghadapi risiko kesehatan yang menyerang.