Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Ingin Membuka Usaha Kafe? Siapkan Diri untuk Tantangan Berikut Ini

Posted by setyo

Kafe sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Mulai dari mahasiswa hingga pekerja, kafe kerap kali menjadi lokasi pilihan untuk menyelesaikan tugas-tugas atau sekadar berkumpul bersama kawan. Dengan begitu, wajar saja apabila usaha kafe menjadi semakin diminati oleh banyak orang.

 

Baca juga: Anak Muda dan Kesehatan Mental

 

Sebagai seseorang yang cakap melihat peluang usaha, Anda mungkin juga tergiur ingin membuka usaha kafe yang sedang marak ini. Pasalnya, banyak yang berpikir bahwa usaha kafe bisa membuat Anda meraup keuntungan cukup besar. Tapi, seperti bisnis-bisnis lain, membuka kafe tidak akan terlepas dari banyak tantangan. Apa saja tantangannya? Simak poin-poin berikut.

 

Menemukan Lokasi Strategis dengan Budget Tepat

 

Baik menyewa atau membeli tempat, faktor lokasi menjadi sangat penting bagi Anda yang ingin memulai usaha kafe. Terkadang, Anda perlu melihat terlebih dahulu lokasi kafe Anda dan menentukan siapa sajakah yang kira-kira akan datang apabila kafe Anda terletak di sana. Misalkan, apabila usaha kafe Anda berada di dekat mahasiswa, banyak mahasiswa bisa jadi akan datang ke lokasi kafe Anda untuk mengerjakan tugas bersama. Namun, bila Anda salah memilih lokasi yang pas, bisa-bisa kafe Anda tidak banyak diketahui oleh orang.

Sayangnya, tidak semua lokasi strategis bisa sesuai dengan modal yang sudah Anda tentukan. Karena itu, Anda harus bisa lebih kreatif dalam menemukan lokasi strategis atau memanfaatkan lokasi yang sudah ada. Misalkan, Anda bisa menggunakan rumah Anda sendiri yang berada di pinggir jalan atau Anda bisa bekerja sama dengan orang lain.

 

Strategi Marketing yang Tepat Sasaran dan Hemat Biaya

 

Pada awal usaha kafe Anda dibuka, bisa jadi tidak banyak orang mengetahui tentang kafe Anda. Karena itu, marketing menjadi salah satu tantangan yang cukup signifikan bagi siapa pun yang membuka usaha kafenya sendiri dari titik awal.

Anda juga perlu memastikan bahwa strategi marketing yang Anda gunakan sesuai dengan sasaran pelanggan kafe Anda. Jangan sampai Anda menggunakan strategi marketing untuk para pekerja ketika sebenarnya kafe Anda menargetkan mahasiswa untuk menjadi pelanggan utama.

 

Pengelolaan Bahan Baku Makanan

 

Sama seperti usaha kuliner lainnya, usaha kafe juga bergelut dengan bahan baku makanan. Setiap pemilik kafe harus paham betul bahan baku yang dibutuhkan oleh kafe mereka dan cara mengelolanya agar tidak boros dan tetap dalam kualitas terbaik. Untuk itu, kondisi kafe dan kebutuhan penyimpanan bahan baku makanan menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin membuka usaha kafe.

 

Pengelolaan Sumber Daya Manusia

 

Membuka usaha kafe bukan hanya sekadar menyajikan makanan saja. Membuka usaha yang satu ini berarti Anda harus siap untuk bisa memberikan pelayanan dan suasana terbaik bagi para pelanggan. Karena itu, sumber daya manusia yang sopan dan bisa melayani pelanggan dengan baik menjadi faktor yang cukup signifikan. Anda yang memiliki usaha kafe harus mampu memastikan bahwa kinerja pekerja Anda tetap baik dan mereka tetap paham mengenai pentingnya pelayanan maksimal bagi pelanggan.

 

Baca Juga: Meningkatkan Fokus dan Kesehatan Mental

 

Identitas Kafe

 

Bagi usaha kafe, tantangan yang satu ini cukup menarik. Pasalnya, bagaimana Anda menentukan identitas dari kafe yang Anda punya akan berdampak pada bagaimana kafe Anda dibentuk dan dijalankan. Karena itu, pastikanlah bahwa kafe yang Anda miliki tetap bisa memiliki identitasnya sendiri tanpa mengganggu suasana dari para pelanggan yang datang untuk mengerjakan tugas atau untuk nongkrong bersama kawan.

Apapun bisnis yang Anda inginkan, tentu tantangan akan selalu datang. Hal ini termasuk pula dengan usaha kafe. Namun, dalam menghadapi tantangan ini, jangan sampai Anda melupakan pentingnya menjaga dan melindungi diri sendiri di sela kesibukan. Pastikan bahwa Anda terhindar dari risiko kesehatan dan mantapkan kesiapan Anda dalam menghadapi risiko-risiko tersebut. Misalkan, Anda bisa membeli produk asuransi kesehatan seperti Cigna EaziHealth yang bahkan melindungi Anda ketika penyakit kritis menyerang. Dengan begitu, usaha kafe tetap berjalan, Anda pun tetap terbebas dari risiko kesehatan.