Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Memulai Rutinitas Sarapan Sehat dengan Overnight Oats

Posted by setyo

Pernah dengar tentang overnight oats? Makanan yang satu ini mungkin bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin memulai kebiasaan sarapan sehat namun tidak memiliki waktu untuk menyiapkannya di pagi yang sibuk. Padahal, Anda menyadari betapa pentingnya membiasakan sarapan sehat agar bisa menjaga stamina selama berkegiatan.

 

Baca juga: 5 Olahraga Pilihan bagi Anda yang Sibuk

 

Overnight oats adalah gandum mentah (oats) yang telah direndam semalaman dengan cairan-cairan pilihan favorit Anda seperti susu almond dan Greek yogurt. Membuatnya pun tidak merepotkan. Anda bisa memilih oats apa saja dan merendamnya pada susu atau yogurt kesukaan Anda. Setelah didiamkan semalaman, Anda sudah bisa menikmati overnight oats Anda dengan tambahan buah-buahan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selain tidak repot, ada beberapa alasan kenapa overnight oats menjadi favorit orang-orang yang ingin membiasakan sarapan sehat. Apa saja alasan tersebut?

 

Overnight oats lebih mudah dicerna

 

Karena diproses dengan cara direndam, overnight oats tidak mengalami pemanasan yang merusak dalam proses pelembutannya. Proses perendaman overnight oats justru bisa membantu pati yang ada dalam oats tersebut terpecah dan mengurangi asam fitat. Dengan berkurangnya asam fitat, ketika dicerna, nutrisi gandum lebih bisa diproses secara efisien oleh tubuh.

 

Baca juga: Cara Membaca Kandungan Nutrisi yang Benar pada Produk Makanan

 

Overnight oats memiliki kandungan pati resisten yang lebih banyak

 

Setiap makanan yang mengandung pati biasanya memang memiliki pati resisten. Namun, overnight oats dianggap memiliki pati resisten yang lebih banyak dibandingkan makanan lainnya. Inilah yang membuat overnight oats dianggap sangat cocok untuk dijadikan sarapan sehat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau sekadar hidup sehat.

 

Baca juga: 7 Cemilan Sehat Anti Gemuk

 

Pati resisten adalah kandungan yang dapat menjadi sumber makanan bagi bakteri baik di dalam usus Anda dan dapat menghasilkan asam lemak rantai pendek yang berfungsi sebagai sumber energi untuk sel-sel usus besar.

 

Overnight oats sangat mudah untuk dikreasikan

 

Sarapan sehat rutin dengan overnight oats tidak akan membuat Anda bosan. Hal ini karena Anda bisa bereksperimen sesuka hati Anda dalam mengolah dan menambahkan bahan pada overnight oats Anda. Misalkan, Anda merasa bosan dengan susu almond, maka Anda pun bisa menggantinya dengan susu biasa atau susu kelapa. Anda juga bisa memilih buah apa yang ingin Anda tambahkan dalam overnight oats kesukaan Anda. Dengan fleksibilitas ini, sarapan sehat dengan overnight oats tidak terasa membosankan dan Anda pun bisa lebih konsisten memakannya.

 

Hemat waktu dan uang

 

Karena yang Anda perlu lakukan hanyalah merendam oats pilihan Anda, overnight oats menjadi opsi sarapan sehat yang tidak banyak menguras waktu dan tenaga. Anda bahkan tidak perlu susah-susah bangun terlalu pagi agar bisa sarapan dengan benar. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyisakan sedikit waktu di malam hari untuk merendam oats dan di pagi harinya, Anda hanya perlu menambahkan bahan-bahan ringan seperti buah atau buah kering.

Selain itu, karena fleksibilitasnya, overnight oats membuat Anda bisa lebih berhemat. Anda cukup membeli oats dalam porsi banyak sekaligus dan Anda bisa menambahkan bahan apapun yang Anda suka tanpa harus mengeluarkan biaya mahal.

Setelah mengetahui opsi ini, apakah Anda masih merasa bahwa sarapan sehat itu perlu banyak waktu dan tenaga? Bagi Anda yang memulai hari dengan sibuk dan harus segera bekerja, overnight oats menjadi pilihan tepat agar Anda bisa tetap sarapan dan menjaga asupan tubuh di pagi hari untuk menghindari risiko kesehatan di sela kesibukan.

Namun, jangan lupa juga untuk menambahkan proteksi diri yang lebih maksimal. Selain sarapan sehat, persiapkanlah diri Anda dengan asuransi kesehatan seperti Cigna EaziHealth. Dengan begitu, kapan pun risiko kesehatan datang, Anda bisa siap menghadapinya tanpa beban yang terlalu berat.