Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Rencanakan Masa Depan dengan The Savings Goes First Budget

Posted by setyo

Mau capai semua financial goals dengan satu cara mudah? Temukan jawabannya sekarang!

Apa saja financial goals yang sudah Anda impikan dari sekarang: Punya tabungan yang cukup, rumah impian, mobil baru, bisa keliling dunia bersama keluarga?

Menentukan strategi tabungan dan mengelola keuangan Anda secara keseluruhan merupakan bagian terpenting untuk menentukan prioritas tabungan Anda. Anda mungkin menabung untuk mencapai financial goals Anda yaitu memiliki rumah baru, merenovasi rumah, mobil baru, hingga tabungan pendidikan perguruan tinggi anak.

 

Baca juga: Tak Perlu Stres, 10 Tips Ini Buat Keuangan Anda Stabil Selama Pandemi

 

Tak ada salahnya memang memiliki banyak financial goals, namun hal itu bisa sedikit menguras otak Anda untuk berpikir bagaimana cara menabung yang tepat untuk memenuhi itu semua pada saat bersamaan.

Tenang... Anda tak perlu khawatir. Ada solusi untuk memecahkan kerumitan ini dan hasilnya beberapa tahun ke depan Anda bisa mendapatkan semua financial goals secara bersamaan. Penasaran? Anda harus mencoba metode “The Saving Goes First Budget”!

 

Apa Itu “The Savings Goes First Budget”?

 

Strategi dalam metode “The Saving Goes First Budget” adalah Anda mengedepankan tabungan dalam prioritas Anda. Katakanlah, Anda memiliki financial goals Anda yaitu punya rumah baru, merenovasi rumah, mobil baru, hingga tabungan pendidikan perguruan tinggi anak. Jadi, semua daftar ini merupakan prioritas dalam bujet bulanan Anda.

Tidak ada aturan persentase yang wajib Anda bagikan untuk setiap pos-pos tabungan ini. Dalam artian, jika Anda ingin jumlah tabungan untuk semua pos-pos ini lebih besar, maka yang harus Anda lakukan adalah Anda mengirit biaya-biaya lain dari pengeluaran. Kalau pun Anda mau menabungnya secara perlahan dalam jumlah kecil, tak masalah. Hal terpenting adalah tujuannya semua mendapat bagian.

So, setelah Anda menentukan pos-pos bujet untuk setiap tabungan, sisa dari penghasilan bulanan Anda baru dibagi rata untuk fixed costs dan living expenses.

 

Baca juga: Krisis Karena Pandemi Virus Corona, Investasi Apa Yang Cocok Untuk Masa Depan?

 

Dengan mengedepankan tabungan terlebih dahulu menggunakan strategi “The Savings Goes First Budget”, apa saja benefit yang Anda dapatkan? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

  1. Strategi ini sangat efektif bila Anda punya banyak financial goals, karena Anda jadi bisa membagi banyak saving goals yang tepat. Terlebih bila sampai saat ini Anda sudah mencapai kestabilan keuangan dan penghasilan Anda sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan.
  2. Melatih diri untuk memprioritaskan tabungan dari pengeluaran. Buat Anda yang setiap bulannya susah sekali untuk menabung, namun sebenarnya memiliki penghasilan yang cukup tinggi sistem bujet ini sangat ideal. Anda diajak untuk menentukan prioritas masa depan terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa menaikkan target tabungan per bulannya.
  3. Membantu Anda yang sering kali kesulitan menentukan persentasi tabungan. Sebab sistem ini, tak masalah besar tabungan, yang terpenting adalah tujuannya.

 

Pilihan Strategi Menabung

Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk melakukan metode The Savings Goes First Budget”, yaitu:

#1 Tentukan Prioritas Jangka Panjang dan Pendek

Pertama, jika keputusan Anda ingin mencapai finansial goals dalam banyak hal secaraan bersamaan, Anda tentunya harus menentukan mana financial goals yang harus Anda masukkan untuk jangka panjang dan jangka pendek. Sehingga sepanjang prosesnya Anda akan bisa merasa seperti benar-benar mencapai sesuatu.

#2 Di Mana Menyimpan Uang Anda?

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu pertama, membuat rekening tabungan otomatis. Tabungan otomatis atau rekening investasi memungkinkan Anda menabung tanpa harus memikirkannya. Secara berkala, nantinya Anda bisa mengecek sendiri berapa tabungan yang sudah dikumpulkan.

 

Baca juga: 5 Pos Keuangan Penting Bagi Pasangan Baru Menikah

 

Cara kedua yaitu dengan metode amplop. Anda bisa mengumpulkan tabungan-tabungan ini dalam beberapa amplop sesuai dengan berapa banyak financial goals yang ingin dicapai. Anda bisa mengumpulkan sejumlah uang setiap minggu atau bulan. Metode amplop ini sangat bagus untuk menyimpan uang Anda dari penghematan yang lebih kecil.

Membangun kebiasaan menabung dimulai dengan memahami bagaimana Anda dan keluarga membelanjakan uang. Demi mencapai financial goals secara bersamaan, maka Anda dan keluarga harus mulai menyeimbangkan keinginan dan kebutuhan untuk membantu kebiasaan menabung. Happy saving!