Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Ini 8 Penyakit Berbahaya yang Muncul Jika Anda Mengabaikan Cuci Tangan

Posted by setyo

Cuci tangan merupakan cara menjaga kesehatan dan kebersihan tangan yang paling sederhana dan mudah. Meski tampak sepele, tapi jika Anda telaten cuci tangan, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, dan virus. Ini dikarenakan tangan merupakan media utama penularan penyakit, karena tangan kerap digunakan untuk kontak langsung dengan benda kotor atau tangan orang lain yang mengandung kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk mencuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah memegang benda kotor.

Jika Anda mengabaikan cuci tangan, maka Anda berisiko terkena banyak masalah kesehatan. Misalnya, Anda bisa dengan mudah terkena pilek, diare, keracunan makanan, terinfeksi bakteri e.coli dan bakteri salmonella, dan masih banyak lagi. Dalam rangka merayakan Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh pada 15 Oktober, yuk jangan malas mencuci tangan. Berikut sederet masalah kesehatan yang bisa timbul jika Anda malas cuci tangan yang dilansir dari Kementerian Kesehatan (Oktober 2017).

 

Terkena flu dan batuk

 

Cuci tangan bertujuan membersihkan bakteri yang menempel di tangan setelah dipakai menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Jika bakteri ini tidak dibersihkan, lalu seseorang memegang benda lain, maka bakteri yang ada di tangannya akan berpindah ke benda lain tersebut. Kemudian, bakteri ini akan hinggap ke tangan orang lain yang juga memegang benda tersebut. Benda yang banyak Anda pegang misalnya setir mobil, gagang pintu, uang, memegang benda kotor di luar ruangan, menjabat tangan orang lain, dan banyak lagi.

Bakteri yang berasal dari orang bersin dan batuk ini sangat bisa menularkan influenza dan batuk. Itu sebabnya, cuci tangan Anda setelah dipakai menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk.

 

Baca juga: Kardio Biasa Vs HIIT, Siapa Yang Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan?

 

Terinfeksi bakteri salmonella

 

Dampak tidak cuci tangan sebelum makan ialah, bakteri salmonella yang ada di tangan akan berpindah ke makanan. Lalu, bakteri ini akan terbawa ke dalam saluran pencernaan sehingga menimbulkan gejala seperti keringat dingin, mual,muntah-muntah, hingga diare. Itu sebabnya, Anda perlu mencuci tangan setelah menggunakan toilet, baik setelah buang air kecil maupun air besar. Anda juga perlu mencuci tangan setelah memegang benda kotor dan setelah berjabat tangan dengan orang lain.

 

Terinfeksi bakteri e. coli

 

Masalah kesehatan berikutnya yang kerap ditemui pada orang yang malas cuci tangan ialah mudah terkena diare. Diare merupakan penyakit pertama di dunia yang menyebabkan kematian pada balita dan anak-anak. Diare juga bisa menghinggapi orang dewasa jika tidak rajin cuci tangan.

Penyebab utama seseorang terkena diare ialah karena terinfeksi bakteri e.coli atau escherichia coli yang umumnya terdapat di kotoran manusia yang terinfeksi. Bakteri ini paling mudah pindah dari kotoran ke tangan sebagai dampak tidak cuci tangan setelah buang air atau memakai toilet. Kemudian, bakteri ini akan masuk ke saluran pencernaan dan menyebabkan diare akut. Gejalanya ialah seseorang sering buang air besar dalam bentuk cair dan sering.

 

Baca juga: Pastikan Asuransi Kesehatan Anda Menanggung Penyakit Anda

 

Hepatitis

 

Penyakit selanjutnya yang bisa timbul akibat malas cuci tangan ialah hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sangat menular di hati dan bisa menular melalui udara dan makanan. Ciri khas orang terkena hepatitis ialah, tubuhnya mudah lelah, demam, mual, muntah, urin berwarna gelap, tidak nafsu makan, mata atau kulit berwarna kuning.

 

Tipes

 

Anda juga bisa terkena tipes jika malas cuci tangan. Selain tipes, Anda juga bisa terkena penyakit terkait cairan tubuh lainnya seperti epstein-barr.

 

Impetigo

 

Impetigo merupakan infeksi menular yang biasa ditemukan pada anak-anak yang malas cuci tangan. Penyakit impetigo ditandai dengan kulit kemerahan dan kemudian berubah menjadi lecet.

 

Risiko radang pernafasan

 

Penyakit selanjutnya yang mungkin timbul jika seseorang malas cuci tangan sebelum makan ialah radang pernafasan seperti sesak nafas, batuk, dan radang tenggorokan. Proses penularan penyakit ini terjadi saat sumber infeksi seperti bakteri atau virus berkembang dan masuk ke tubuh melalui makanan. Kemudian, makanan ini menyentuh lendir dalam tenggorokan. Radang pernafasan selanjutnya akan menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

 

Baca juga: Yakin Ingin Tutup Polis Asuransi Anda? Yuk, Pertimbangkan 3 Hal Ini Dulu

 

Cacingan

 

Sedari kecil, kita diajarkan untuk membersihkan tangan dengan bersih dan memotong kuku. Ini lantaran telur-telur cacing bisa bersembunyi di sela-sela kuku yang kotor dan panjang. Setidaknya ada empat jenis cacing di perut, yakni cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk, dan cacing kremi. 

Dampak tidak cuci tangan sebelum makan serta kuku panjang dan kotor ialah, ada kemungkinan telur-telur cacing ini termakan dan menetas di usus. Cacing ini kemudian akan menghisap darah, karbohidrat, dan protein yang dibutuhkan tubuh. Pada tingkat yang akut, cacingan akan menyebabkan anemia, kurang gizi, dan menurunnya tingkat kecerdasan.

Melihat banyaknya risiko penyakit yang mungkin timbul hanya karena malas cuci tangan, yuk, saatnya menjaga kebersihan tangan dengan disiplin mencuci tangan sebelum makan dan setelah memegang benda-benda kotor. Agar kotoran dan bakteri bisa benar-benar lepas dari tangan Anda, perhatikan pula cara mencuci tangan yang benar. Yakni mencuci dengan sabun dan air mengalir, selama 40-60 detik. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari berbagai masalah kesehatan di atas.