Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Hepatitis Merebak, Apa yang Harus Dilakukan?

Posted by setyo

Bulan Juni tahun 2019 lalu, Kabupaten Pacitan dihebohkan dengan wabah penyakit hepatitis A yang merebak di setidaknya tujuh kecamatan. Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan mencatat ada lebih dari 900 warga kabupaten tersebut yang terjangkit penyakit ini. Adanya kejadian luar biasa ini diduga karena interaksi antar warga yang dianggap tidak sesuai dengan cara sehat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Kejadian tersebarnya wabah penyakit hepatitis ini bisa terjadi di mana saja. Namun, dinas kesehatan tetap menghimbau tetap tenang ketika lingkungan sekitar kita mengalami hal tadi. Anda pun juga sebaiknya menghadapi dengan tenang, tanpa perlu panik berlebihan. Anda dapat melakukan beberapa cara sehat berikut ketika lingkungan sekitar Anda mulai terjangkit hepatitis.

 

Pahami penyakit hepatitis yang menjangkit lingkungan Anda

 

Sebagian dari Anda mungkin sudah memahami bahwa penyakit hepatitis ada berbagai macam, mulai dari hepatitis A, B, C, D, dan E. Setiap penyakit hepatitis memiliki karakteristik dan risikonya masing-masing sehingga penanganan yang diberikan pun juga berbeda. Karena itu, penting pula bagi Anda memahami hepatitis mana yang merebak di lingkungan sekitar ketika hal tersebut terjadi.

Hepatitis A dan E biasanya merupakan bagian kejadian luar biasa dan dapat ditularkan melalui feses dan makanan. Umumnya, kejadian ini muncul karena perilaku hidup bersih dan sehat yang tidak diterapkan baik. Selain itu, kedua jenis penyakit ini bisa secara mendadak memburuk, namun bisa disembuhkan dengan baik. Sementara itu, hepatitis B, C, dan D jarang bersifat menular dan dapat menjadi kronis serta berpotensi menimbulkan sirosis atau penyakit hati.

Perbedaan jenis penyakit hepatitis ini menjadikan Anda harus memahami apa yang perlu dilakukan untuk merespon merebaknya masing-masing jenis. Karena itu, jangan lupa mengkonsultasikan kepada dokter mengenai cara sehat apa yang baik dilakukan agar tetap terlindungi. Jangan lupa juga mempersiapkan asuransi kesehatan seperti Cigna Premium Health Protection agar proteksi makin maksimal.

 

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan ketika Membeli Asuransi Kesehatan

 

Jaga kebersihan sanitasi sebaik mungkin

 

Hal ini adalah yang dianjurkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Kohar Hari Santoso ketika wabah penyakit hepatitis A menyerang Pacitan. Sebagaimana telah diketahui, penyakit tersebut menular karena gaya hidup sanitasi masyarakat yang dianggap kurang bersih. Karena itu, pastikan bahwa jamban dan kamar mandi Anda telah cukup bersih digunakan serta jangan sembarangan dalam buang air di lokasi umum.

 

Rajinlah mencuci tangan

 

Pastikan bahwa tangan yang Anda gunakan untuk makan tidak terjangkit penyakit yang bisa menular melalui makanan Anda. Karena itu, biasakan sering cuci tangan sebelum makan, setelah buang air, atau setiap saat Anda akan menyentuh makanan.

 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan bagi Kesehatan

 

Pastikan kebersihan dari makanan yang Anda makan

 

Meski telah meyakini cara sehat yang baik dalam makan, Anda harus memastikan lagi makanan yang dikonsumsi oleh keluarga tetaplah bersih dari penyakit. Karena itu, hindari terlebih dahulu makan makanan mentah dan pastikan bahwa makanan bagi keluarga telah dimasak matang.

 

Lakukan tes kesehatan

 

Setelah memastikan bahwa Anda dan keluarga telah melakukan cara sehat dalam merespon merebaknya penyakit hepatitis, Anda bisa pula meminta kepastian dengan tetap melakukan tes kesehatan dengan dokter. Hal ini  untuk menjamin bahwa Anda dan keluarga tercinta terbebas dari penyakit hepatitis yang sedang merebak.

Tersebarnya penyakit bukan seharusnya menjadi penghalang. Karena itu, praktekkan cara-cara di atas agar Anda dan keluarga tetap sehat meski lingkungan sedang tercemar wabah penyakit seperti hepatitis atau penyakit lainnya.