Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan bagi Kesehatan

Posted by setyo

Tangan adalah organ tubuh penting yang selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan. Mulai dari makan, berjabat tangan dengan orang lain, hingga menyentuh hewan peliharaan. Anda tentu akan menggunakan tangan, baik itu kanan maupun kiri. Karena itu, tangan menjadi penting untuk dijaga kebersihannya karena akan berpengaruh besar pada kesehatan Anda. Belum percaya? Berikut adalah empat alasan kebersihan tangan Anda sangat penting untuk kesehatan.

 

Tangan yang kurang bersih bisa memicu terjadinya infeksi

 

World Health Organization (WHO) mengungkapkan bahwa ratusan juta orang setiap tahunnya terjangkit infeksi nosokomial ketika berobat atau berkunjung ke rumah sakit. Infeksi ini adalah yang bisa Anda dapati setiap kali Anda ke rumah sakit. Infeksi bisa Anda dapatkan karena Anda menyentuh pasien atau peralatan rumah sakit tanpa mencuci tangan setelahnya. Selain infeksi nosokomial, Anda juga bisa mengalami infeksi akibat tertular bakteri atau virus ketika bersentuhan dengan orang lain. Sehingga kebersihan tangan harus selalu menjadi prioritas demi kesehatan Anda.

 

Tangan yang bersih dapat menghindarkan risiko diare

 

Dokter spesialis anak dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A. mengatakan bahwa cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir terbukti dapat menurunkan risiko diare hingga 50%. Hal ini karena tangan adalah organ tubuh yang sering Anda gunakan untuk makan. Sehingga, kebersihan tangan menentukan kebersihan makanan yang masuk ke dalam pencernaan.

 

Baca juga: Mencegah Wabah Malaria dengan Hidup Bersih

 

Kebersihan tangan mengurangi risiko kesehatan ISPA

 

Selain diare, dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. A juga mengatakan bahwa CTPS dengan air mengalir bisa menurunkan risiko kesehatan berupa ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Dengan menjaga kebersihan tangan, Anda bisa mengurangi adanya virus yang menempel di tangan Anda akibat berbagai sentuhan sehingga tidak menjadi sumber penyakit ISPA.

 

Menjaga kebersihan tangan dapat menghindari infeksi kuman resisten antibiotik

 

Di era ini, bukan hanya teknologi saja yang berkembang. Bakteri pun juga berkembang. Semakin berkembangnya zaman, beberapa bakteri menjadi semakin resisten atau kebal terhadap obat-obatan antibiotik. Salah Satu contoh bakterinya adalah Multidrug Resistant Tuberculosis. Hal ini kemudian mempersulit proses penyembuhan apabila Anda terlanjur terkena infeksi akibat bakteri tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir! Menjaga kebersihan tangan dapat menghindarkan Anda dari bakteri-bakteri tersebut. Menurut Centers for Disease Control di tahun 2018, menjaga kebersihan tangan dapat menurunkan risiko infeksi akibat kuman resisten antibiotik hingga 40%.

Dengan alasan-alasan tersebut, kini Anda telah mengetahui alasan kenapa kebersihan tangan Anda menjadi sangat penting bagi kesehatan. Salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. WHO telah menyediakan 6 langkah ideal dalam mencuci tangan, yaitu dimulai dengan menggosokkan telapak tangan, bagian belakang tangan, sela-sela jari, bagian bawah kuku, bagian jempol, dan telapak jari.

 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Keluarga dari demam Berdarah Dengue

 

Demi perlindungan kesehatan yang lebih maksimal, Anda bisa juga melindungi diri dengan membeli produk jaminan kesehatan seperti asuransi Cigna Proteksi Sehat Optima. Nah tunggu apa lagi? Jaga kebersihan tangan Anda dan beri proteksi maksimal bagi kesehatan Anda.