Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

5 Jenis Olahraga yang Cepat Bakar Lemak

Posted by setyo

Apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Jika ya, ada beberapa olahraga yang bisa membakar kalori dalam badan dengan cepat. Olahraga ini terdapat dalam berbagai jenis seperti olahraga berkelompok atau tak berkelompok. 

Olahraga bakar lemak pada umumnya memiliki intensitas yang tinggi untuk pergerakan kaki, tangan serta badan. Intensitas ini membuat Anda bisa mencapai target body goal dengan cepat. Cigna membagi beberapa jenis olahraga untuk membakar kalori lebih cepat di dalam tubuh.

 

Berlari 

 

Berlari merupakan jenis olahraga bakar lemak yang simple dan murah. Anda hanya membutuhkan sepatu lari serta niat untuk melakukannya. Anda tak butuh teman banyak untuk melakukanya. Ini menjadi salah satu alasan mengapa olahraga lari sangat digemari kelompok perkotaan yang sibuk dengan rutinitas.

 

Baca juga: Diet Vegetarian, Ini Dia Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

 

Olahraga berlari juga sangat cepat membantu membakar kalori dalam tubuh. Dikutip dari halodoc, Anda bisa membakar 748 kalori ketika berlari dalam satu jam. Hal ini bisa tercapai dengan intensitas sedang dengan kecepatan lima kilometer per jam. Anda bisa gunakan smart watch untuk membantu aktivitas berlari Anda. 

Olahraga lari paling seru jika dilakukan pada pagi atau sore hari. Pada pagi hari matahari tidak terlalu terik sehingga bagus buat kulit. Saat matahari terbenam terik matahari tak terlalu panas dan memberikan hawa nyaman di dalam tubuh. 

Nah, sebaiknya Anda juga menyiapkan nutrisi ketika sebelum berlari. Jangan berlari tanpa nutrisi karena ini malah dapat membahayakan tubuh. Ditambah, sebaiknya jangan terlalu memforsir saat lari. Jeda istirahat perlu dilakukan untuk mengambil nafas lalu meneruskan perjalanan.

 

Baca juga: 5 Aktivitas Menjaga Kebugaran Fisik Bersama Pasangan

 

Bersepeda

 

Pilihan olahraga yang bisa bakar lemak tanpa harus berkelompok adalah bersepeda. Bersepeda termasuk olahraga yang bisa menghilangkan lemak dengan cepat. Olahraga sepeda bisa membakar 5000 kalori dalam per jam. Kadar kalori yang terbakar bisa lebih banyak jika jarak dan kecepatan yang Anda lakukan lebih besar. 

Satu jam bersepeda pada intensitas maksimum bisa membuat seorang wanita dengan berat badan 72 kilogram membakar 850 kalori dan jumlahnya bahkan lebih tinggi untuk pria, yaitu sekitar 950 kalori.

Bersepeda juga sebaiknya dilakukan saat matahari sedang terang benderang. Jangan melakukan olahraga ini ketika sedang hujan atau mendung yang nantinya malah bisa menyebabkan kecelakaan. 

 

Berenang 

 

Salah satu jenis olahraga yang bisa mempercepat turunya berat badan adalah berenang. Berenang merupakan salah satu aktivitas yang membantu menurunkan kalori dengan cepat. Hal ini karena berenang melibatkan seluruh anggota tubuh seperti tangan, kaki, pundak dan punggung. 

Berenang juga merupakan salah satu olahraga bakar lemak yang asik karena relatif aman dari cedera tubuh. Olahraga ini tak seperti berlari atau bersepeda yang bisa memberikan cedera berat karena ada risiko tertabrak dengan kendaraan atau orang lain.Salah satu tantangan dalam berenang adalah mengatur nafas dan tenaga agar Anda tak tenggelam.Butuh banyak latihan memang untuk berenang dengan baik. 

Kalori yang bisa terbakar dari berenang sebanyak 720 kalori bagi wanita dan 840 kalori  pada pria dalam satu jam. Salah satu tolak ukur bahwa kalori Anda terbakar adalah ketika Anda merasakan lapar yang sangat berat sehabis berenang. Rasa lapar sehabis berenang bisa lebih besar ketimbang sehabis bersepeda atau berlari. 

 

Tenis 

 

Olahraga bakar lemak berkelompok yang bisa Anda bisa pertimbangkan untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah tenis. Tenis merupakan salah satu olahraga yang bisa cepat membakar lemak. Kombinasi gerakan tubuh antara tangan, kaki serta pundak memberikan intensitas yang baik untuk membakar lemak. Apalagi ketika Anda berlari menjemput bola.

 

Baca juga: 4 Cara Mempertahankan Kebiasaan Olahraga bagi Pemula

 

Ben Boudro, pemilik Xceleration Fitness di Auburn Hills, Michigan, mengatakan salah satu penyebab olahraga tenis menguras tenaga dan membakar kalori adalah karena Anda dipaksa menantang otak dan otot Anda untuk berkontraksi secepat mungkin untuk menyambut bola. 

Bermain tenis selama satu jam dapat membakar hingga 728 kalori untuk orang sebesar 100 kg dalam sejam. Kalori badan Anda bisa terbakar lagi dengan rompi dan celana pendek yang berbahan kain ketika bermain. 

 

Basket 

 

Olahraga basket bisa membakar banyak kalori dalam tubuh Anda. Hal ini karena olahraga ini membuat Anda menghabiskan waktu untuk berlari, melompat serta mengangkat tangan. Olahraga ini sangat menguras tenaga dan pikiran. Tak heran sangat jarang pemain basket aktif yang bertubuh tambun.  Namun, kondisinya berbeda ketika sudah pensiun.

Olahraga bola basket bisa membakar 728 kalori per jam untuk orang yang memiliki berat badan 100 kg. Mulailah dengan bermain selama 15 menit dan meningkatkan intensitas secara perlahan. Namun, ingatlah bahwa olahraga ini sangat rentan cedera.Anda bisa saja cedera saat melompat atau berbenturan saat mengambil bola. 

Itulah daftar olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Sebelum berolahraga sebaiknya Anda melakukan pemanasan secukupnya agar otot Anda tidak kaku.