Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Ini Cara Menjaga Pikiran Tetap Positif saat Pandemi Covid-19

Posted by setyo

Pandemi Covid-19 telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak orang kehilangan pekerjaan, mengalami gaji berkurang, atau dirumahkan sebagai efek karena perusahaan tempatnya bekerja mengalami penurunan bisnis. Selain persoalan ekonomi, kebijakan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah bersama keluarga pun menimbulkan masalah baru. Orang tua yang bekerja di rumah, juga perlu mendampingi anak-anak yang belajar dan berkegiatan di rumah. Maka tak heran jika pandemi juga menimbulkan efek domino pada kesehatan mental.

Apakah Anda juga menghadapi masalah yang sama? Menjaga pikiran agar tetap positif penting dilakukan selama masa pandemi ini. Dengan pikiran yang positif, maka imunitas tubuh pun terjaga, sehingga terhindar dari sakit. Agar pikiran Anda tetap sehat di saat pandemi, maka ada beberapa kegiatan positif yang bisa Anda lakukan. Apa saja?

 

Cara menjaga pikiran tetap positif saat pandemi Covid-19

 

1. Olahraga

 

Olahraga atau melakukan kegiatan fisik akan membuat otak menghasilkan hormon endorfin yang bisa menimbulkan rasa rileks, bahagia, dan menekan kecemasan. Lakukanlah olahraga yang Anda sukai di dalam rumah, seperti senam aerobik, lari di lintasan treadmill, atau bersepeda di sepeda statis. Jika Anda ingin melakukan olahraga di luar ruangan, hindarilah tempat keramaian dan pilihlah tempat yang sepi dan jarang dikunjungi oleh orang lain. Kalaupun Anda bertemu dengan orang lain di tempat tersebut, jagalah jarak aman sejauh 1-2 meter.

 

Baca juga: Intip Ide Kreatif Bisnis Yang Bisa Anda Coba Saat Pandemi

 

2. Melakukan hobi

 

Melakukan isolasi mandiri di rumah memungkinkan Anda punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas di sela-sela bekerja di rumah atau mengajar anak. Waktu ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan yang Anda gemari, misalnya berkebun, fotografi, memasak, bikin kue, membaca buku, menonton series, menonton konser streaming para musisi dunia, membuat kerajinan, menonton IG Live dari selebritas atau tokoh inspiratif dunia, mendengarkan rekaman podcast atau siaran audio lainnya.

 

3. Tingkatkan keahlian lewat kursus online

 

Cara menjaga pikiran positif selanjutnya ialah dengan meningkatkan keahlian diri. Anda bisa mengikuti berbagai kursus online atau workshop untuk menajamkan keahlian yang selama ini Anda sudah miliki. Tujuannya ialah, kompetensi Anda tidak akan menurun selama bekerja di rumah, melainkan selalu meningkat dan produktif. Saat ini, ada banyak kursus dan workship online yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan, tokoh inspiratif, atau praktisi ternama. Kursus dan workshop online ini ada yang berbayar, namun banyak juga yang diselenggarakan secara cuma-cuma. Dengan menguasai hal baru, setidaknya Anda bisa tetap semangat dan optimistis di masa pandemi ini.

 

4. Meditasi atau latihan pernafasan

 

Bisa juga mencoba meditasi untuk membuat pikiran tenang dan fokus selama pandemi Covid-19. Selain itu, Anda juga bisa mencoba olahraga yang memadukan antara teknik pernafasan dan kekuatan fisik seperti tai chi dan yoga. Dengan pikiran yang tenang, Anda tidak akan mudah panik dan cemas akan hal yang terjadi di sekitar Anda. Seperti yang kita tahu, pikiran cemas akan menurunkan imunitas. Pikiran yang cemas pun membuat Anda lebih mudah terpancing emosi serta melakukan tindakan negatif lainnya. Sehingga, melatih pikiran dengan meditasi atau olah pernafasan akan membuat pikiran Anda tenang dan sadar dalam melakukan setiap tindakan dan mengambil keputusan.

 

Baca juga: Tetap Mencari Pekerjaan Saat Pandemi, Mengapa Tidak?

 

5. Menguasai keahlian baru

 

Anda pun bisa mengisi masa pandemi Covid-19 ini dengan menantang diri menguasai keahlian baru yang belum pernah Anda kuasai sebelumnya. Misalnya, Anda bisa mencoba hobi merajut, melukis, memasak, berkebun, memelihara binatang, dan sebagainya. Anda juga bisa melakukan permainan-permainan baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya dengan anak, misalnya eksperimen sains dan membuat kerajinan.

 

6. Makan makanan enak dan bergizi

 

Makanan enak menjadi salah satu cara meningkatkan semangat seseorang. Maka, tak heran jika Anda suka mencari makanan favorit jika sedang lelah atau sedang istirahat. Agar semangat Anda terjaga selama pandemi, jangan lupa siapkan menu utama, cemilan, serta minuman favorit untuk menemani aktivitas Anda seharian.

 

7. Lakukan perawatan diri

 

Anda juga bisa melakukan aktivitas self-care atau perawatan diri untuk menjaga semangat pada masa pandemi Covid-19. Self-care yang umum dilakukan misalnya makan makanan enak atau makanan favorit, minum minuman kesukaan, dan melakukan perawatan diri. Untuk wanita, perawatan diri yang bisa dilakukan misalnya potong rambut sendiri, mewarnai rambut sendiri, mencoba kosmetik baru, luluran, memakai masker wajah, serta manicure dan pedicure. Sementara untuk kaum pria, aktivitas self-care yang biasa dilakukan ialah potong rambut serta cukur jenggot dan kumis.

Perawatan diri selanjutnya yang bisa Anda coba ialah memberikan penghargaan pada diri sendiri atas pencapaian tertentu. Penghargaan ini boleh belanja barang yang diidamkan, baik berupa barang, makanan, dan sebagainya. Agar aktivitas menghadiahi diri sendiri ini tidak menjadi boros, buatlah anggaran maksimal, misalnya tidak melebihi 10% dari gaji sebulan. Dengan membuat anggaran, Anda tetap bisa menghargai diri sendiri dan menabung.

 

Baca juga: Agar Tidak Kecanduan, Mulailah Membatasi Bermain Gadget Untuk Anak Anda

 

Itulah tujuh cara menjaga pikiran agar tetap positif saat pandemi Covid-19. Untuk ketenangan yang lebih optimal, lindungi diri Anda dan keluarga dengan asuransi kesehatan dari Cigna Indonesia. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa beraktivitas dengan tenang tanpa khawatir jika Anda atau keluarga jatuh sakit. Sebab, asuransi kesehatan akan memberikan manfaat penggantian biaya pengobatan, sehingga Anda terhindar dari kejatuhan finansial akibat biaya pengobatan yang besar. Selamat beraktifitas dan salam sehat.