Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Bagaimana Cara Meminimalisir Efek Monday Blues terhadap Produktivitas?

Posted by setyo

Apakah Anda pernah atau sering mengalami rasa frustasi, pusing, ketakutan, merasa tidak sehat, atau sekadar tidak ingin meninggalkan tempat tidur setiap hari Senin tiba? Jika iya, maka apa yang Anda alami tersebut disebut sebagai Monday Blues yang umum menyerang para pekerja kantoran.

Meskipun Monday Blues terdengar wajar menjangkiti para pekerja, ‘gangguan’ tersebut sangat memengaruhi produktivitas di tempat kerja. Apabila dibiarkan, dalam jangka panjang Anda akan merasa tidak nyaman, kinerja menurun, bahkan memengaruhi kesehatan mental.

Daripada pasrah menghadapinya, Anda dapat mencoba beberapa cara sehat berikut untuk mengurangi efek Monday Blues. Berikut ini beberapa tips yang sudah Tim Cigna rangkum khusus untuk Anda:

 

1. Analisa Penyebabnya

 

Monday Blues dapat terjadi karena beberapa hal, seperti adanya rekan kerja menyebalkan, atasan yang sulit diajak bekerjasama, atau tugas rutin di hari Senin yang sulit diselesaikan. Gunakan waktu istirahat pada akhir pekan sejenak untuk menemukan penyebab Anda sering mengalami Monday Blues sehingga mempermudah mencari cara mengantisipasinya.

 

2. Buat Daftar Hal Menyenangkan di Hari Senin

 

Secara umum, penyebab Monday Blues bukanlah sesuatu yang diselesaikan secara instan. Sambil mencoba bertahap mengatasinya, Anda dapat membuat daftar hal yang menyenangkan di setiap hari Senin. Misalnya, Anda berencana pergi makan bersama sahabat atau kencan bersama pasangan. Bahkan Anda juga dapat melakukan hal untuk diri sendiri, seperti menonton film. Hal ini akan membuat Anda melihat sisi positif hari Senin.

 

Baca juga: Mengapa Generasi Muda Rentan Stres?

 

3. Olahraga Kardio di Akhir Pekan

 

Olahraga kardio cukup dapat meningkatkan mood di akhir pekan. Anda dapat mengunjungi gym terdekat atau lari pagi di sekitar tempat tinggal Anda. Ajaklah anggota keluarga dan orang-orang terdekat untuk olahraga bersama agar kegiatan ini makin menyenangkan.

 

4. Tidur yang Cukup

 

Jumlah jam tidur yang kurang dari 6-8 jam dapat membuat suasana hati jadi kurang enak karena kepala terasa berat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda beristirahat cukup pada hari Minggu untuk menyiapkan mood kerja yang baik saat memulai hari Senin. Anda dapat tidur lebih awal dan bangun lebih pagi pada hari Senin untuk memulai hari dengan segar.

 

Baca juga: Cara Tetap Bugar Meski Banyak Lembur

 

5. Ringankan Pekerjaan di Hari Senin

 

Pekerjaan yang menumpuk untuk diselesaikan pada hari Senin juga merupakan salah satu penyebab umum Monday Blues. Cobalah mencicil tugas yang harus dikerjakan pada hari Jumat sebelumnya. Anda dapat membuat to-do list untuk mengerjakan tugas di hari Senin sesuai skala prioritas. Selesaikan tugas yang dianggap lebih mendesak agar Anda lebih cepat terbebas dari suasana hati yang tidak enak.

Demikianlah beberapa cara sehat meminimalisir efek Monday Blues terhadap produktivitas. Meskipun begitu, cara paling ampuh untuk menghilangkannya adalah dengan menemukan hal yang membuat Anda mencintai pekerjaan. Pastikan agar Anda selalu sehat secara fisik dan mental untuk memiliki karir yang lebih baik. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda.