Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Manfaat Vitamin C untuk Kulit Segar dan Bersinar

Posted by setyo

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya membantu kesegaran kulit, dia menyediakan kandungan zat yang membuat kulit menjadi segar dan bersinar. Manfaat vitamin C untuk kulit bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C.

Seperti dikutip dari healthline.com kulit mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi. Beberapa penelitian menemukan konsentrasi vitamin C hingga 64 mg per 100 gram lapisan kulit epidermis. Tidak mengherankan, penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan vitamin C dari makanan melalui suplemen vitamin C dapat meningkatkan banyak faktor kesehatan kulit, termasuk hidrasi kulit.

Dikutip dari alodokter.com fungsi kulit sangatlah penting bagi tubuh. Organ ini berfungsi mengatur suhu dan keseimbangan cairan tubuh, menghasilkan vitamin D, serta membantu tubuh merasakan sensasi sentuhan, suhu panas, maupun dingin. Nah manfaat kulit seperti apa yang akan diberikan vitamin C? Cigna akan membaginya kepada Anda melalui penjelasan dibawah ini.

 

Sebagai Antioksidan

 

Vitamin C adalah salah satu sumber antioksidan yang baik. Zat ini dapat mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit. Oleh karena itu zat dalam vitamin C sangat bagus bagi tubuh anda yang sering menghabiskan waktu di jalan-jalan berdebu dan berpolusi. 

 

Menghasilkan kolagen

 

Salah satu manfaat utama vitamin C untuk kulit adalah menunjang produksi kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang berperan penting dalam memberikan elastisitas dan kelenturan kulit serta mendukung proses penyembuhan luka alami pada kulit. Efek dari kolagen adalah mencegah penuaan dini sehingga kulit Anda menjadi tak mudah berkerut ketika usia mendekati tua. 

 

Melindungi Paparan Matahari

 

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit Anda rusak. Ultraviolet bisa menyebabkan kerusakan jika terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Namun jangan khawatir karena kerusakan ini bisa dicegah berkat adanya vitamin C pada kulit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin C yang memiliki sifat antioksidan dan anti radang terbukti efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan pada kulit yang bisa mendorong terbentuknya flek hitam pada kulit.

 

Menurunkan Risiko Kerusakan

 

Semakin tua usia seseorang maka kulitnya akan semakin rentan mengalami kerusakan. Jika terdapat faktor risiko lain, seperti sering terpapar sinar matahari dalam jangka panjang, yang bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit. Konsumsi vitamin C bisa membantu mencegah kerusakan pada kulit sehingga kulit anda akan menjadi lebih segar. 

Itulah manfaat dari Vitamin C bagi kulit Anda. Sebaiknya Anda bisa mulai memanfaatkan zat-zat vitamin C yang tersebar dari berbagai bentuk seperti buah, serum, serta zat lainnya. Selamat mencoba.