Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Cashless

Posted by setyo

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan yang tepat. Pertimbangan tersebut di antaranya jenis dan macam perlindungan, biaya premi, plafon, kredibilitas perusahaan, dan kemudahan klaim.

Dalam dunia asuransi, terdapat dua sistem klaim manfaat asuransi, yaitu reimbursement dan cashless. Dalam hal kepraktisan, asuransi kesehatan cashless dianggap lebih baik dan memudahkan nasabah. Berikut alasannya:

 

Tidak Perlu Sedia Dana Talangan

 

Reimbursement berarti pengembalian dana. Artinya, Anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan di rumah sakit. Untuk mendapatkan penggantian biaya, Anda harus mengisi formulir klaim dan melengkapi berkas yang diperlukan.

Sedangkan dengan sistem cashless, Anda hanya perlu memberikan kartu asuransi pada bagian administrasi rumah sakit. Selanjutnya pihak rumah sakit akan menggesek kartu tersebut untuk mengecek manfaat. Sebelum pulang, kartu akan digesek kembali untuk transaksi.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya perawatan dan pengobatan selama masih dalam plafon yang berlaku. Ini artinya Anda tidak perlu sedia dana talangan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

 

Sangat Berguna pada Kondisi Darurat

 

Pikirkan kondisi darurat di mana Anda membutuhkan penanganan kesehatan secepatnya. Misalnya di saat sedang berlibur di kota kecil di mana akses ke ATM sulit ditemukan, atau saldo di rekening tidak mencukupi.

Pada kondisi inilah asuransi kesehatan cashless akan memudahkan Anda. Tanpa perlu membayar uang muka atau uang jaminan, Anda bisa langsung menikmati layanan kesehatan.

 

Baca juga: Yakin Asuransi Kantor Anda Sudah Mencukupi?

 

Prosesnya Mudah dan Cepat

 

Dalam sistem reimbursement, Anda diharuskan untuk mengisi atau melengkapi dokumen tertentu agar perusahaan asuransi mengganti biaya yang Anda keluarkan. Dokumen tersebut di antaranya formulir klaim, nota pembayaran rumah sakit atau kuitansi asli, rincian biaya, hasil medis pendukung diagnosis, resep, dan fotokopi identitas diri.

Pembayaran santunan atas klaim yang diajukan memerlukan waktu beberapa hari setelah dokumen lengkap. Penyedia asuransi kesehatan juga mungkin melakukan verifikasi dengan pihak rumah sakit atau dokter, sehingga pencairan dana menjadi lebih lama.

Mengisi dan menyiapkan formulir klaim beserta dokumen pendampingnya bisa menyita waktu. Berbeda dengan asuransi kesehatan cashless yang prosesnya lebih mudah dan cepat. Anda hanya perlu menggesek kartu asuransi di awal pendaftaran dan saat bertransaksi. Setelah pulang ke rumah, Anda tidak dipusingkan mengisi formulir klaim atau menyiapkan dokumen lainnya.

Memiliki asuransi kesehatan cashless memang memudahkan Anda. Namun sebelum menggunakannya, pastikan Anda juga mengetahui hal berikut:

 

Klinik atau Rumah Sakit Rekanan dengan Asuransi Kesehatan

 

Agar klaim asuransi Anda tidak ditolak, pastikan klinik atau rumah sakit bekerja sama dengan penyedia asuransi kesehatan. Untuk itu, pilihlah asuransi kesehatan yang memiliki banyak rekanan di seluruh Indonesia.

 

Pelajari Ketentuan Polis Asuransi Kesehatan

 

Polis asuransi kesehatan mungkin memiliki beberapa pengecualian yang bersifat permanen maupun sementara. Pengecualian tersebut merupakan kondisi di mana biaya kesehatan tidak ditanggung.

Pengecualian permanen di antaranya perawatan rumah sakit dan pembedahan yang diakibatkan perang, tugas militer, upaya bunuh diri, kegiatan atau olahraga berbahaya, keterlibatan tertanggung dalam penerbangan non komersial, tindakan kriminal yang dilakukan oleh tertanggung, mabuk, penggunaan obat-obatan terlarang, dan sebagainya.

 

keuntungan memiliki asuransi

 

Sedangkan pengecualian sementara misalnya periode masa tunggu (waiting period), baik masa tunggu untuk kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition) maupun untuk penyakit kritis (critical illness).

Contoh kasusnya, Anda pernah dioperasi pengangkatan tumor rahim dan asuransi kesehatan memberlakukan masa tunggu satu tahun. Asuransi kesehatan tidak akan menanggung jika Anda harus menjalani pengangkatan tumor rahim dalam waktu satu tahun sejak asuransi berjalan. Namun setelah satu tahun, tindakan medis ini dapat ditanggung.

 

Pelajari Plafon

 

Setiap produk asuransi kesehatan memiliki plafon yang berbeda. Plafon adalah batas maksimal biaya medis yang ditanggung oleh asuransi. Misalnya jika plafon biaya konsultasi dokter spesialis adalah Rp200.000 sedangkan biaya konsultasi Anda Rp250.000, maka Anda harus membayar sisanya.

 

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Masyarakat Perkotaan Lebih Butuh Asuransi

 

Bawa Dokumen Pendukung

 

Meski asuransi kesehatan cashless memudahkan Anda saat bertransaksi, pastikan Anda tetap membawa dokumen pendukung. Dokumen tersebut di antaranya KTP, kartu keluarga, buku pemeriksaan, atau hasil laboratorium demi memudahkan Anda mendapatkan layanan kesehatan terbaik.

Kini Anda telah mengetahui manfaat dan keunggulan asuransi kesehatan cashless. Salah satu yang menawarkan kemudahan cashless adalah Cigna Family Care.

Bekerja sama dengan AdMedika, jaringan rumah sakit rekanan Cigna mencakupi lebih dari 700 rumah sakit di seluruh Indonesia, termasuk grup-grup rumah sakit ternama di Indonesia seperti RS Mitra Keluarga, RS Pondok Indah, Siloam Hospital, RS Hermina, RS Sentra Medika, RS Bunda, RS Muhammadiyah, RS Awal Bros, Omni Hospital, RS Premier (Ramsay Health Care Indonesia) dan masih banyak lagi.

Selain fitur cashless, Cigna Family Care menawarkan premi terjangkau yaitu Rp12.000 per hari, namun bisa melindungi hingga lima anggota keluarga mulai dari Anda, pasangan dan tiga anak. Dengan asuransi kesehatan Cigna, dapatkan perlindungan kesehatan terbaik dengan proses klaim yang mudah dan cepat.