Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Kenal Lebih Dekat dengan Cigna Indonesia

Posted by setyo

Mereka yang mengenal asuransi, pasti mengenal Cigna. Ia adalah salah satu perusahaan asuransi tertua yang berdiri sejak 200 tahun silam. Tidak mudah bagi perusahaan untuk bisa mempertahankan kepercayaan masyarakat selama lebih dari dua abad, namun Cigna membuktikannya.

Semua berawal dari Insurance Company of North America (INA), perusahaan asuransi kelautan yang bermarkas di Philadelphia, Amerika Serikat. Saat itu, INA menawarkan proteksi keselamatan bagi para pelaut, khususnya bagi kapten kapal yang memiliki risiko kesehatan tinggi selama berlayar.

 

Baca juga: Alasan Cigna Pilihan Asuransi yang Tepat untuk Anda

 

Kesuksesan Cigna pun masih dicatat dalam sejarah Amerika saat ia mampu membayar secara penuh klaim asuransi dari insiden Kebakaran Chicago pada tahun 1871 dengan nilai saat itu sebesar US$ 650 ribu.

Masih dalam satu daratan yang sama, Amerika juga memiliki Connecticut General Life Insurance Company (CG) yang didirikan pada 1895 di kota yang dijuluki “Nutmeg City, Connecticut”. Ini adalah perusahaan swasta yang fokus pada produk asuransi jiwa dan tunjangan karyawan. Meski hadir ketika perang saudara berkecamuk, CG telah berhasil memiliki agen di lebih dari 25 negara bagian Amerika selang beberapa tahun berdiri, 

Seabad berlalu, CG tumbuh pesat sebagai raksasa asuransi dalam negeri. Demi memperkuat posisinya, ia mengakuisisi beberapa perusahaan asuransi lain, semisal Aetna Insurance Company pada tahun 1962, American Foreign Insurance Association (AFIA) pada 1984, EQUICOR-Equitable HCA Corporation tahun 1990, dan Healthsource, Inc. tahun 1997. 

 

Namun, apa yang membuatnya menjadi Cigna?

 

Kedua perusahaan CG dan INA sepakat untuk melakukan aksi merger pada tahun 1982. Inisiatif ini dianggap hal luar biasa karena menyatukan dua perusahaan terbesar kala itu. Bayangkan, pada tahun 1981, CG mengantongi pendapatan US$ 5,6 milar dengan aset US$ 18 miliar. Sementara INA mencetak pendapatan US$ 5,2 miliar dan aset US$ 11 miliar. Identitas baru pun hadir dari hasil penggabungan kedua nama perusahaan, yang saat ini kita kenal sebagai CIGNA.

 

Baca juga: Segala Jenis Perlindungan yang Anda Butuhkan Disediakan Cigna

 

Ekspansi internasional Cigna secara masif dilakukan sejak 1989. Berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, Cigna juga beroperasi secara internasional di 30 negara dan memiliki sekitar 180 juta nasabah serta dilayani lebih dari 70.000 karyawan di berbagai belahan penjuru dunia. Cigna Corporation juga terdaftar sebagai perusahaan terbuka di New York Stock Exchange (NYSE) dengan kode CI. 

Di Indonesia sendiri, PT Cigna Indonesia berdiri pada tahun 1990 yang diawasi dan terdaftar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dua tahun setelah itu, perusahaan menjadikan “pohon kehidupan” sebagai logo barunya yang tetap bertahan sampai saat ini untuk melayani para nasabahnya. 

 

Hukum dan legalitas Cigna

 

Apabila Anda bertanya mengenai hukum dan legalitas Cigna Indonesia, jangan khawatir karena Cigna saat ini tercatat sebagai anggota Asosiasi Asuransi Jiwa (AAJI). 

Cigna Indonesia juga memiliki usaha di bidang asuransi jiwa patungan berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: Kep-369/KM.13/1990 tertanggal 24 Agustus 1990 juncto Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 572/KMK.017/1994 tertanggal 25 November 1994 juncto Surat Menteri Keuangan Nomor S.324/MK.6/2001 tertanggal 22 Mei 2001 juncto Surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-4302/NB.111/2015 tertanggal 13 Agustus 2015.

 

Tinjauan Finansial

 

Selain terus mewujudkan kepuasan pelanggan, Cigna juga tetap mengendepankan transparasi, khususnya persoalan finansial. Sebab, dengan adanya transparasi, seseorang akan dengan mudah memantau perkembangan perusahaan, serta dapat menjadi standar sejauh mana kualitas perusahaan tersebut. 

Oleh karena itu, Cigna selalu berkomitmen untuk memberikan tinjauan keuangan kepada para konsumennya. Selain untuk memberikan informasi, tinjauan finansial ini juga dapat menjadi bukti kinerja Cigna yang dapat dilihat secara per tahun, serta alat untuk memacu para karyawannya memberikan yang terbaik bagi semua pihak. 

Apabila ingin melihat tinjauan finansial Cigna, Anda bisa klik di sini

 

Meraih berbagai penghargaan bergengsi

 

Satu dasawarsa berselang setelah berdiri di Indonesia, Cigna berkembang menjadi asuransi paling dipercaya di tanah air. Berbagai penghargaan bergengsi tanah air telah diterimanya. Misalnya saja, penghargaan Gold untuk kategori Band Image dan Brand Awareness dalam ajang Financial Award 2019 - Millennial’s Choice. Di tahun yang sama, Cigna Indonesia menyabet penghargaan Service Quality Award 2019 untuk kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan bagi Nasabah Korporasi.

 

Baca juga: Tanyakan Benefit Ini Saat Wawancara Kerja

 

Dari pencapaian internal, pada akhir tahun 2019, Cigna Indonesia membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas, atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 269% jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120%.

Cigna terus berusaha untuk melayani masyarakat Indonesia dengan serangkaian produk asuransi kesehatan dan jiwa yang inovatif sesuai kebutuhan nasabah. Saat ini, Cigna telah mengantongi satu juta nasabah di Indonesia. Adapun produk asuransi Cigna Indonesia antara lain asuransi kesehatanasuransi jiwa dan unit link.