Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Kebaikan Kopi untuk Anda

Posted by janies

Saat bekerja, secangkir kopi bisa menjadi tenaga ekstra untuk tetap fokus. Faktanya, memang sudah banyak penelitian yang berhasil mengungkap manfaat dan kebaikan kopi, dan berikut adalah beberapa di antaranya.

Meningkatkan Memori

Menurut penelitian, kafein yang terkandung di dalam biji kopi dapat menghalangi reseptor adenosin di otak sehingga membantu perbaikan ingatan jangka pendek kita di otak. Menghalangi reseptor adenosin juga berguna untuk menjauhkan Anda dari rasa kantuk.

Membantu Membakar Lemak

Jika Anda melihat kafein di hampir setiap iklan suplemen pembakar lemak, ternyata memang ada alasan yang tepat untuk itu. Kafein merupakan salah satu zat alami dari beberapa yang benar-benar telah terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada individu yang mengalami obesitas dan 29% pada orang bertubuh ramping.

Memperpanjang Umur

Kopi memiliki kadar antioksidan  yang tinggi sehingga memberikan berbagai efek positif bagi pikiran dan tubuh kita. Peneliti menemukan bahwa risiko kematian dari berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit jantung dan diabetes berkurang di antara peminum kopi rutin berusia 50 - 71 tahun.

Meningkatkan Suasana Hati

Sebuah studi oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa kecenderungan depresi pada wanita yang mengonsumsi setidaknya empat cangkir kopi setiap hari 20% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi sama sekali.

 

Foto : Tyler Nix, Unsplash.