Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Kenali Berbagai Jenis Asuransi yang Wajib Dimiliki Karyawan

Posted by setyo

Ada banyak alasan mengapa seorang karyawan harus memiliki asuransi. Namun, manfaat asuransi yang pasti dirasakan oleh pekerja adalah mendapatkan peace of mind. Dengan memiliki berbagai jenis asuransi yang memberi proteksi terhadap berbagai risiko, seorang pekerja akan terbebas dari kecemasan ini-itu. Karyawan yang terbebas dari rasa kecemasan biasanya akan lebih produktif dalam berkarya.

Dengan memiliki berbagai jenis asuransi, seorang karyawan juga bisa mengelola keuangannya dengan lebih baik, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang. Ia tak lagi harus pusing memikirkan berapa dana kesehatan yang harus disiapkannya di masa mendatang. Karena asuransi akan mengganti biaya pengobatan jika ia jatuh sakit.

 

Baca juga: New Normal, Cukupkah Proteksi Kesehatan yang Anda Miliki?

 

Berbagai jenis asuransi dan manfaatnya bagi karyawan

 

Masih ada banyak manfaat lain yang bisa diperoleh seorang karyawan dari beberapa jenis produk asuransi. Manfaat-manfaat ini di antaranya, perlindungan terhadap risiko kehilangan barang yang bisa didapatkan dari asuransi perjalanan. Kemudian, ada pula manfaat santunan tunai yang bisa diperoleh dari asuransi kecelakaan. Lantas, apa saja asuransi yang harus dimiliki oleh seorang karyawan? Jawabannya tentu bergantung pada kebutuhan masing-masing orang. Dan, kebutuhan asuransi dari masing-masing orang ditentukan oleh risiko yang dihadapinya.

Namun, ada sejumlah risiko yang biasanya dihadapi oleh mereka yang berada di usia produktif. Dan untuk menekan dampak buruk dari terjadinya risiko-risiko itu, seorang karyawan bisa memanfaatkan asuransi-asuransi berikut

 

1. Asuransi jiwa

 

Asuransi jiwa memberikan manfaat di saat pemegang polis mengalami risiko tutup usia. Bagi seorang pekerja, apalagi yang berstatus kepala keluarga, asuransi semacam ini jelas penting. Jika risiko terjadi, maka anggota keluarga dari si karyawan bisa mendapatkan dana, yang dapat dimanfaatkan untuk menutup biaya kehidupan untuk sementara waktu atau sampai anggota keluarga termuda bisa mandiri.

 

2. Asuransi kesehatan

 

Mengingat kebanyakan orang pernah merasakan risiko jatuh sakit, manfaat dari asuransi kesehatan tentu sangat mudah dirasakan. Bagi seorang karyawan, asuransi kesehatan penting karena bisa mengurangi beban keuangan yang harus dipikulnya saat ia, atau anggota keluarganya jatuh sakit.

Saat ini ada banyak produk asuransi kesehatan yang menawarkan beragam manfaat. Misal, ada asuransi kesehatan yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit kritis, dan ada yang tidak. Atau, ada pula asuransi kesehatan yang memberikan penggantian uang dalam skema reimbursement dan ada pula yang menawarkan manfaat dalam bentuk cashless atau non tunai. Asuransi kesehatan kumpulan untuk karyawan juga ada yang hanya menanggung karyawan itu sendiri, dan ada yang menanggung karyawan beserta keluarga.

Tentu, semakin banyak manfaat yang ditawarkan, dan semakin banyak fitur kepraktisan yang bisa Anda dapatkan, akan semakin besar pula premi yang harus Anda bayarkan. Karena itu, untuk mendapatkan produk asuransi kesehatan yang ideal, pastikan kebutuhan Anda sebagai seorang karyawan terlebih dahulu.

 

Baca juga: Kena PHK Bukan Akhir Segalanya, Saatnya Bangkit dan Coba Sejumlah Peluang Ini!

 

3. Asuransi kecelakaan

 

Saat bekerja, seorang karyawan tidak terlepas dari risiko kecelakaan. Memang, tingkat risiko kecelakaan ini bervariasi, tergantung pada jenis dan tempat pekerjaan Anda. Ada yang menghadapi risiko kecelakaan tinggi di saat bekerja, seperti mereka yang bekerja di proyek konstruksi yang sedang dibangun. Ada juga yang menghadapi risiko rendah, seperti mereka yang bekerja sebagai bagian administrasi di kantor.

Terlepas dari seberapa tinggi risiko kecelakaan yang mengintainya, seorang karyawan sudah seharusnya memiliki perlindungan terhadap risiko kecelakaan kerja. Di negeri ini, bentuk perlindungan paling minimal yang bisa dimiliki seorang karyawan terhadap risiko kecelakaan ialah dengan mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan. Nah, jika Anda menilai manfaat yang ditawarkan program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan belum memadai dengan risiko yang Anda hadapi, Anda bisa saja mencari asuransi kecelakaan tambahan.

 

4. Asuransi perjalanan

 

Asuransi perjalanan atau travel insurance jelas dibutuhkan oleh karyawan yang sering melakukan perjalanan bisnis atau business trip dalam pekerjaannya. Misal, seorang ahli geologi harus mengunjungi kilang minyak di daerah terpencil, atau tenaga penjual alat berat yang harus memasarkan produknya ke perusahaan tambang di luar pulau.

Seperti namanya, asuransi perjalanan memberikan manfaat berupa perlindungan terhadap risiko yang bisa muncul dalam perjalanan. Beberapa manfaat yang ditawarkan asuransi perjalanan misalnya, penggantian biaya pengobatan jika tertanggung sakit dan dirawat saat perjalanan, santunan kematian, pemulangan jenazah, penggantian uang jika tertanggung mengalami pencurian, penggantian bagasi, ganti rugi jika pesawat terlambat, dan lain sebagainya.

 

Baca juga: Mencegah Keterasingan Setelah Lama Berdiam Diri di Rumah

 

Jika saat ini sedang mencari asuransi yang dibutuhkan sebagai seorang karyawan, Anda bisa mempertimbangkan berbagai jenis asuransi dari Cigna Indonesia. Dengan mengenal berbagai manfaat asuransi-asuransi di atas, semoga kini Anda semakin paham akan kebutuhan dan asuransi yang sesuai. Selamat memilih asuransi yang tepat.