Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Jangan Anggap Sepele, Periksa Bahaya Flu Berkepenjangan Ini

Posted by setyo

Penyakit flu merupakan gangguan kesehatan ringan yang pernah diderita oleh hampir semua orang. Penyakit ini sangat mudah menyerang saat musim hujan. Meskipun cukup mengganggu, flu dapat sembuh dengan sendirinya apabila Anda cukup beristirahat.

Flu merupakan infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Gejala utama penyakit flu adalah pilek, demam, menggigil, nyeri otot, serta sakit kepala. Penyakit ini mudah menular, terutama kepada orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah. 

Flu biasa dapat dicegah dengan vaksin influenza dan biasakan mencuci tangan dengan bersih secara berkala. Namun, penyakit flu juga dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius bila tidak sembuh-sembuh.

Berikut ini merupakan beberapa bahaya flu berkepanjangan yang Tim Cigna telah rangkum khusus untuk Anda.

 

1. Asma

 

Flu menyerang bagian pernafasan, sehingga salah satu kemungkinan penyakit flu tidak sembuh-sembuh adalah karena Anda terserang penyakit asma. Asma sendiri merupakan penyakit kronis yang menyebabkan radang pada saluran pernafasan. Radang tersebut menyebabkan penyempitan saluran pernafasan yang menyebabkan sulit bernafas. 

 

Baca juga: Kebiasaan yang Dapat Menghindarkan Diri Dari Kanker

 

2. Postnasal Drip

 

Postnasal Drip (PND) merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat berlebihnya lendir yang diproduksi oleh mukosa hidung, sehingga lendir tersebut menumpuk dan menetes ke arah tenggorokan. Gangguan ini dapat sembuh dengan antibiotik apabila disebabkan oleh infeksi bakteri, sedangkan PND yang disebabkan karena alergi dapat diredakan dengan antihistamin.

 

3. Pneumonia

 

Pada kasus yang lebih serius, flu merupakan gejala dari pneumonia atau sering dikenal sebagai paru-paru basah di masyarakat kita. Penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, ataupun virus. Infeksi ini menimbulkan radang pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Tergantung tingkat keparahannya, dokter akan meresepkan antibiotik atau perawatan tambahan. 

 

Baca juga: Hindari Makanan Berikut Saat Cheat Day

 

4. Meningitis

 

Meningitis merupakan penyakit infeksi radang selaput yang melindungi otak dan sumsung tulang belakang. Penyakit ini memiliki gejala yang mirip dengan flu, sehingga tidak mudah dikenali sejak dini. Selain flu, meningitis juga dapat dipicu oleh kanker dan lupus. Penyakit ini dapat disembuhkan, jadi segeralah konsultasi ke dokter bila penyakit flu Anda tidak lekas sembuh.

 

5. Infeksi Sinus

 

Sinusitis merupakan radang yang terjadi pada lapisan yang melindungi rongga sinus. Sinusitis secara umum dibagi menjadi 2 macam, yaitu sinusitis akut dan sinusitis kronis. Sinusitis akut masih dapat sembuh dengan sendirinya dan cukup meminum obat pereda gejala, sedangkan sinusitis kronis butuh ditangani dengan meminum antibiotik.

 

Baca juga: Lakukan Manajemen Stres Berikut Agar Pekerjaan Lancar

 

Demikianlah beberapa bahaya flu berkepanjangan yang perlu Anda ketahui. Supaya tidak mudah terserang penyakit flu, pastikan Anda selalu menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.