Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Jangan Abaikan Kenyamanan Bekerja Karyawan Anda

Posted by setyo

Tahukah Anda? Produktivitas kerja karyawan Anda tidak bisa dilepaskan dari seberapa nyaman ia bekerja di kantor yang telah Anda sediakan. Menurut survei yang dipublikasikan oleh hrmagazine.co.uk pada tahun 2017, 25% dari 1000 pekerja kantoran menganggap ketidaknyamanan di lokasi kerja memberikan distraksi yang menghambat produktivitas kerja mereka.

Dijelaskan oleh pakar ergonomi Stephen Bowden, turunnya produktivitas kerja akibat ketidaknyamanan muncul dari adanya distraksi fisik, psikologis, maupun sosial yang mengurangi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi.

Setelah mengetahui hal tersebut, Anda yang ingin agar produktivitas kerja karyawan Anda meningkat barangkali bertanya-tanya mengenai apa yang harus dilakukan agar mereka bisa merasa lebih nyaman dalam bekerja. Yang harus Anda perhatikan bukan hanya aspek fisik saja. Melainkan, Anda juga perlu memperhatikan aspek sosial dan psikologis karyawan. Bagaimana caranya?

 

Berikan kenyamanan sosial dengan membiarkan karyawan saling berinteraksi di luar maupun di dalam jam kerja

 

Di beberapa kantor, karyawan yang saling berbicara di dalam jam kerja biasanya akan ditegur karena dianggap tidak produktif dan melupakan pekerjaan. Padahal, sebenarnya, interaksi sosial di lingkungan kerja akan sangat membantu produktivitas kerja karyawan Anda.

 

Baca juga: Jangan Sepelekan Curhat yang Membantu Menjaga Kesehatan Mental

 

Dilansir oleh majalah Forbes, interaksi sosial di antara para karyawan baik itu di luar maupun di dalam lingkup pekerjaan dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan sekaligus produktivitas kerja mereka. Hal ini semakin berlaku apabila karyawan Anda memiliki keharusan untuk bekerja dengan satu sama lain. Interaksi sosial yang dibiarkan berlangsung secara ringan dan santai akan membantu kerjasama antar karyawan dalam proyek-proyek tim yang mempengaruhi produktivitas perusahaan.

 

Perhatikan kenyamanan psikologis karyawan dengan menyediakan konsultan kesehatan mental yang memadai

 

Kondisi kesehatan mental karyawan Anda tidak kalah penting dengan kondisi fisik mereka. Menurut penelitian, kondisi kesehatan mental yang kurang baik akan memperbesar terjadinya presenteeism maupun absenteisme di lokasi kerja.

Karena itu, untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan mental karyawan Anda terjaga dengan baik, tidak ada salahnya untuk menyediakan konsultan yang memadai bagi karyawan Anda.

 

Baca juga: Dampak Negatif Begadang Bagi Produktivitas Pekerja

 

Perhatikan ergonomi peralatan kantor yang karyawan Anda gunakan

 

Kursi dan meja seperti apakah yang digunakan oleh karyawan di kantor Anda? Apakah mereka terbiasa bekerja sambil duduk? Apakah komputer di kantor Anda diletakkan dengan posisi yang pas?

Ergonomi peralatan kantor yang Anda sediakan sangatlah berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan fisik karyawan. Karena itu, mulailah perhatikan peralatan di kantor dan ganti peralatan tersebut dengan peralatan yang mendukung postur tubuh yang baik untuk produktivitas kerja karyawan Anda.

 

Sediakan asuransi kesehatan yang memadai

 

Jangan sembarangan dalam memberikan asuransi kesehatan bagi karyawan Anda. Demi menjadikan produktivitas kerja karyawan Anda meningkat dan terbaik, Anda perlu juga untuk memberikan yang terbaik pada mereka, termasuk dalam urusan asuransi kesehatan.

 

Baca juga: 5 Alasan Karyawan Harus Punya Asuransi Kesehatan

 

Karena itu, konsultasikanlah pada perusahaan penyedia asuransi terpercaya mengenai asuransi kesehatan seperti apa yang perlu Anda dapatkan bagi karyawan Anda. Dengan begitu, bila ada risiko kesehatan yang datang, karyawan Anda tak perlu terlalu pusing memikirkan biaya dan produktivitas kerja pun tidak terlalu terhambat.

Bicara soal produktivitas kerja, kenyamanan kerja karyawan menjadi salah satu aspek penting yang harus Anda perhatikan. Dengan cara-cara di atas, Anda bisa memastikan karyawan Anda bekerja dengan nyaman dan produktivitas kerja pun meningkat.