Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Ingin Menjaga Kesehatan Mental? Jangan Lupa Refreshing di Tengah Minggu

Posted by setyo

Sudahkah Anda refreshing di tengah minggu ini? Jika belum, jangan lupa dan malas menyisihkan waktu di antara rutinitas Anda untuk menyegarkan pikiran. Dewasa ini, di mana tingkat mobilitas masyarakat urban sangat tinggi, maka menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jasmani.

Bertepatan dengan perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober, yuk, sayangi kesehatan mental Anda. Mental Health Foundation, University of Michigan, Amerika Serikat mencatat, ada tujuh resep untuk menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan dengan mudah:

  • Membagi apa yang kita pikirkan atau rasakan dengan sesama, alias sharing
  • Berolahraga secara rutin agar tubuh mendapat cukup pasokan hormon-hormon yang menimbulkan perasaan positif, seperti epinefrin dan endorfin
  • Mengonsumsi makanan yang sehat
  • Melakukan kegiatan yang kita sukai di waktu senggang
  • Memiliki tujuan hidup yang realistis dan berupaya mencapai tujuan tersebut
  • Membangun dan memelihara ikatan sosial, baik dengan saudara, juga kerabat dan teman
  • Memiliki kepercayaan diri

 

Baca juga: Bingung Uang Anda Habis ke Mana? Cari Tahu Cara Melacaknya di Sini

 

Nah, ada banyak kegiatan refreshing yang bisa mengakomodir tujuh resep di atas. Misalnya:

 

1. Hang out

 

Hang out di tengah weekdays bersama teman atau kerabat. Tak perlu tempat yang fancy untuk sekadar catch up dengan teman. Dengan hangout bersama teman, Anda bisa memenuhi resep menjaga kesehatan mental dengan sharing, melakukan kegiatan yang Anda sukai, dan memelihara ikatan sosial.

 

2. Olahraga bersama

 

Sekarang ini yang juga tak kalah hype ialah pertemanan sehat. Artinya, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas kebugaran bersama teman, seperti pound fitness bareng, mengikuti kelas zumba bareng, futsal, lari sore, sepeda bareng, dan lain sebagainya. Dengan melakukan olahraga bersama, Anda bisa memenuhi resep menjaga kesehatan mental dengan berolahraga secara rutin.

 

3. Melakukan hobi

 

Kalau yang ini, termasuk salah satu resep menjaga kesehatan mental dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai. Apa hobi Anda? Coba deh, lakukan hobi tersebut di tengah minggu. Misalnya berkebun sebelum berangkat atau pulang kerja, ngopi, hunting foto untuk konten Instagram, nonton bioskop, nonton atau main musik, bermain game bersama, termasuk juga berolahraga.

 

4. Berburu kuliner

 

Berburu kuliner enak memang paling pas bersama teman. Itu sebabnya, maksimalkan jam makan siang Anda di kantor dengan hunting kuliner bersama rekan kerja. Tak perlu setiap hari. Tapi dilakukan sekali-kali sebagai alternatif refreshing, ya boleh lah. Kegiatan berburu kuliner ini memenuhi resep menjaga kesehatan mental dengan makan makanan sehat.

 

Baca juga: Ingin Membuka Usaha Kafe? Siapkan Diri untuk Tantangan Berikut Ini

 

5. Istirahat yang cukup

 

Jangan lupa pula untuk menghindari stres dengan beristirahat yang cukup. Karena, otak dan badan Anda akan kembali segar setelah beristirahat yang cukup. Untuk orang dewasa, sebaiknya Anda tidur tidak kurang dari 6 jam per hari.

Menjaga kesehatan mental juga harus diimbangi dengan kesehatan dompet. Jangan sampai karena Anda rajin refreshing, pengeluaran jadi membengkak sehingga bisa menimbulkan masalah keuangan baru. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar bujet refreshing aman terkendali:

 

Tentukan pengeluaran maksimal per bulan untuk refreshing

 

Agar bujet terkendali, Anda bisa membatasi kegiatan refreshing di weekdays, misalnya maksimal sekali atau dua kali seminggu. Atau, Anda juga bisa membatasinya dari segi bujet, misalnya maksimal 10% dari gaji per bulan. Kemudian, Anda bisa mengakalinya dengan mencari tempat dengan harga terjangkau.

 

Pilih tempat dengan harga terjangkau

 

Jika suatu saat Anda harus mengencangkan ikat pinggang, jangan serta-merta menghapus jadwal refreshing dari daftar kegiatan Anda. Pertahankanlah kebiasaan itu, namun pangkaslah biayanya. Ada banyak cara untuk menekan biaya refreshing. Bentuk yang paling mudah adalah memilih tempat dengan harga terjangkau. Ada banyak alternatif tempat refreshing yang murah-meriah yang bisa Anda coba:

  • Untuk hangout, Anda bisa mengajak teman atau kerabat nongkrong di warung kopi yang harganya mulai dari Rp18.000
  • Makan di food court di mana Anda bisa membeli sebagian makanan dan membawa sebagian makanan atau minuman
  • Coba cari tempat gratis untuk olahraga; taman dekat kantor misalnya, cocok untuk lari, pound fitness, yoga, atau futsal
  • Manfaatkan voucher diskon atau cashback yang ditawarkan oleh berbagai aplikasi

 

Baca juga: 8 Tips Menghemat Uang Ala Mahasiswa

 

Temui orang yang berbeda-beda

 

Agar kegiatan refreshing Anda bisa maksimal, ada baiknya rencanakan kegiatan tersebut serta teman-teman yang ingin Anda ajak. Agar pertemanan bertambah, sebaiknya Anda tidak bercengkrama dengan orang yang itu-itu saja, melainkan dengan orang yang berbeda-beda. Misal, di pekan ini, Anda hang out atau olahraga bareng dengan teman-teman kuliah. Lalu di pekan berikutnya, berkumpul bersama rekan di tempat kerja lama. Lalu di pekan ketiga, berburu kuliner dengan kolega di kantor, dan seterusnya. Dengan memilih teman yang berbeda-beda, jaringan sosial Anda semakin luas.

 

Kombinasikan kegiatan refreshing

 

Tak ada salahnya mengkombinasikan berbagai aktivitas refreshing di tengah minggu, asalkan bujetnya mencukupi. Misalnya, di waktu makan siang, Anda berburu kuliner dengan teman kantor. Sore hari sepulang kerja, Anda berolahraga dengan teman kuliah. Keesokan harinya, Anda bisa ngopi sepulang kantor dengan teman-teman kantor lama. Anda juga bisa memilih kegiatan refreshing sesuai dengan kesukaan orang yang akan Anda temui.

 

Jangan lupa bujet untuk tujuan keuangan yang lain

 

Karena hidup bukan untuk hari ini, maka Anda tetap perlu memenuhi bujet untuk tujuan keuangan untuk masa depan. Itu sebabnya, sisihkan lebih dulu penghasilan bulanan untuk kebutuhan. Misalnya, sisihkan 30% penghasilan untuk biaya hidup sehari-hari, 30% untuk cicilan utang, dan 30% tabungan atau investasi serta asuransi. Setelah pos-pos keuangan kebutuhan terpenuhi, barulah Anda boleh menyisihkan 10% penghasilan untuk refreshing.

Ada baiknya juga Anda fleksibel dalam menetapkan anggaran refreshing ini. Jika memang ada pengeluaran yang lebih mendesak, seperti pengeluaran untuk anggota keluarga berobat, jangan ragu untuk memangkas anggaran refreshing.

Nah, sudah paham kan manfaat refreshing? Dengan melakukan refreshing murah meriah di tengah minggu, Anda bisa memperoleh mental yang sehat dengan. Ayo, rencanakan kegiatan refreshing Anda berikutnya.