Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Pemilik Hewan, Jagalah Kesehatan Keluarga dengan Cara Berikut!

Posted by setyo

Apakah Anda memiliki atau berencana memiliki hewan peliharaan di rumah? Ada banyak keuntungan memiliki hewan peliharaan, seperti menurunkan tingkat stres dengan bermain bersama mereka atau melatih tanggung jawab bagi anak-anak dengan cara mengurus peliharaan.

Namun, suka tidak suka, keberadaan hewan peliharaan tetap dapat memberikan risiko kesehatan kepada keluarga di rumah. Beberapa penyakit yang dapat disebabkan oleh hewan peliharaan antara lain adalah sakit perut akibat bakteri yang dibawa hewan, serta penyakit rabies.

Risiko yang disebutkan di atas tentu tidak perlu sampai membuat Anda mengurungkan niat untuk memiliki hewan peliharaan. Berikut ini merupakan beberapa tips menjaga kesehatan keluarga yang telah Tim Cigna rangkum khusus untuk Anda yang sedang atau ingin memiliki hewan peliharaan.

 

1. Beli dari Toko Hewan Terpercaya

 

Apabila Anda masih dalam tahap perencanaan memiliki hewan peliharaan, maka pastikan agar Anda membelinya dari toko hewan yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Hal ini berguna untuk menurunkan risiko hewan yang dijual adalah hewan yang sakit atau membawa bibit penyakit karena tidak diurus dengan baik.

 

2. Jaga Kebersihan Kandang Hewan

 

Kandang hewan peliharaan wajib selalu dibersihkan secara berkala. Jangan sampai kotoran dan bekas makanan hewan peliharaan berserakan dan dibiarkan. Hal ini penting untuk menjauhkannya dari jangkauan anak-anak, serta menghindari bersarangnya bibit penyakit.

 

Baca juga: Tips Meningkatkan Semangat Belajar Anak

 

3. Terapkan Kebiasaan Mencuci Tangan

 

Bila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah, Anda wajib menerapkan kebiasaan mencuci tangan hingga bersih kepada seluruh anggota keluarga. Cuci tangan umumnya dilakukan sebelum makan, sesudah makan, serta sepulang beraktivitas. Hal ini berguna untuk membersihkan kuman dan bibit penyakit yang mungkin terbawa oleh hewan peliharaan Anda.

 

4. Jangan Tinggalkan Anak Kecil Sendirian

 

Apabila terdapat anak kecil di rumah, Anda tidak boleh membiarkannya sendirian bersama hewan peliharaan. Anak kecil memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga mereka secara tidak sadar dapat mengganggu hewan peliharaan dan mengakibatkan serangan tidak terduga yang dapat membahayakan anak tersebut.

 

5. Rutin Jalani Pemeriksaan Berkala

 

Tidak hanya manusia, hewan peliharaan yang Anda miliki sebaiknya dibawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan berkala setiap enam bulan sekali. Hal ini berguna untuk mendeteksi keberadaan penyakit secara dini, sehingga Anda dan keluarga dapat melakukan pencegahan lebih awal untuk menghindari tertularnya penyakit tersebut kepada anggota keluarga.

 

Baca juga: Konsumsi Makanan Berikut untuk Meningkatkan Kesuburan

 

Demikianlah beberapa tips menjaga kesehatan keluarga dengan hewan peliharaan. Perhatian yang wajib Anda berikan terhadap kesehatan keluarga menjadi lebih banyak ketika terdapat anak kecil di rumah. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.