Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Apa Saja yang Perlu Dicermati Saat Membeli Asuransi Secara Online? Cek di Sini

Posted by setyo

Perkembangan teknologi memungkinkan berbagai industri memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produknya. Tidak terkecuali industri asuransi. Jika dahulu, seseorang harus membeli asuransi dengan tatap muka dengan agen pemasar, maka di masa kini siapapun bisa membeli asuransi secara online.

Bagi perusahaan asuransi, menyediakan saluran penjualan asuransi secara online juga membawa berbagai manfaat. Salah satunya ialah memperluas jangkauan pemasaran perusahaan asuransi. Dengan menjual asuransi secara online, perusahaan asuransi kini bisa menawarkan produknya hingga ke daerah-daerah yang dulu tidak terjangkau oleh tenaga pemasar atau agennya.

 

Meski membeli asuransi secara online mudah, tetap perhatikan hal ini

 

Membeli asuransi secara online jelas menawarkan kemudahan untuk Anda. Dengan membeli asuransi secara online, Anda tidak perlu mengalokasikan waktu secara khusus untuk bertatap muka dengan tenaga penjual. Proses underwriting pun biasanya lebih cepat karena biasanya persyaratan keikutsertaan asuransi online lebih sederhana.

Namun seperti halnya membeli suatu produk, peminat asuransi online harus proaktif mencari informasi. Sebelum membeli asuransi secara online, Anda sebaiknya memiliki pemahaman yang baik tentang produk yang ingin Anda beli. Paling tidak, Anda perlu memahami istilah-istilah yang lazim digunakan dalam polis asuransi. Jadi, Anda tetap perlu mencerna informasi yang disampaikan dalam dokumen penawaran berformat digital.

Tertarik untuk memiliki produk asuransi melalui jalur digital? Jika ya, simak tips berikut agar Anda bisa mendapatkan produk pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

 

Baca juga: Waspada, Cegah dengan Cara Mendeteksi Kanker Sejak Awal

 

1. Hitung kebutuhan perlindungan Anda

 

Ini penting untuk menentukan manfaat asuransi kesehatan atau uang pertanggungan (UP) asuransi jiwa yang hendak Anda beli. Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan atas risiko kesehatan yang bisa menimpa di hari-hari mendatang, maka yang pertama harus Anda lakukan adalah menentukan manfaat apa yang Anda butuhkan. Andai yang Anda inginkan adalah asuransi jiwa, maka Anda bisa langsung menentukan seberapa besar UP yang dibutuhkan untuk keluarga tercinta jika Anda menghadapi risiko kematian.

 

2. Bandingkan berbagai produk asuransi online

 

Saat ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produknya secara online. Karena itu, besar kemungkinan manfaat perlindungan yang Anda cari ditawarkan oleh lebih dari satu perusahaan asuransi. Untuk mendapatkan produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mencermati manfaat yang ditawarkan masing-masing produk asuransi. Kemudian, Anda bisa mengecek premi yang perlu Anda bayar sesuai manfaat yang Anda inginkan dengan menggunakan kalkulator simulasi di situs penyedia asuransi. Dengan fitur ini, Anda akan lebih mudah dalam menghitung perbandingan antara premi dengan manfaat yang bisa Anda terima.

 

Baca juga: Jangan Tunda Beli Proteksi, Ini Manfaat Punya Asuransi Sejak Muda

 

3. Jangan segan mencari informasi tambahan di luar jalur online

 

Di berbagai penjualan online, perusahaan asuransi biasanya tetap menawarkan layanan pemberian informasi secara offline. Fitur semacam call center, live chat box,atau bahkan tatap muka dengan tenaga pemasar tetap bisa Anda manfaatkan meskipun Anda berencana membeli asuransi secara online. Karena, sangat mungkin Anda merasa informasi yang tertera dalam format digital, tidak memadai untuk menjawab seluruh keingintahuan Anda.

 

4. Isi formulir dengan sebenar-benarnya dan serahkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan

 

Seperti penjualan melalui tenaga pemasar atau agen, jalur penjualan secara digital juga mengharuskan Anda untuk mengisi formulir dan menyerahkan dokumen yang dipersyaratkan. Dewasa ini, beberapa asuransi online juga menawarkan kemudahan dengan tidak adanya pertanyaan kesehatan dan medical check up. Meski demikian, pastikan Anda tetap mengisi setiap pertanyaan yang ada di formulir sesuai dengan kenyataan atau kondisi kesehatan Anda. Memberikan keterangan yang sesungguhnya harus dilakukan agar Anda tidak mengalami penolakan saat mengajukan klaim.

Jangan lupa juga untuk menyerahkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Kebanyakan perusahaan asuransi menyediakan platform yang memungkinkan pengiriman dokumen dalam format digital. Jika Anda ingin memanfaatkan fasilitas pengiriman secara online, pastikan format digital dari dokumen Anda sudah sesuai dengan yang diminta.

 

5. Pilih produk pertanggungan yang menawarkan fleksibilitas

 

Risiko yang Anda hadapi di masa mendatang bisa jadi berbeda dengan yang sekarang Anda temui. Karena itu, pertanggungan atau manfaat yang Anda inginkan juga sangat mungkin berubah di masa mendatang.

Untuk mengakomodasi kemungkinan perubahan itu, sebaiknya Anda mencari produk pertanggungan yang menawarkan fleksibilitas. Carilah produk asuransi di etalase digital yang memungkinkan pemegang polis untuk mengajukan perubahan, baik besaran premi ataupun manfaat.

 

Baca juga: Agar Tidak Terjebak Gagal Bayar Asuransi, Bekali Diri Anda dengan Pemahaman Ini

 

Apakah Anda sedang berencana membeli asuransi secara online? Jika ya, maka Anda bisa mempertimbangkan asuransi yang ditawarkan oleh Cigna Indonesia. Sebab, Anda juga bisa membeli asuransi Cigna Indonesia secara online melalui marketplace produk keuangan. Cigna Family Care Optima, asuransi kesehatan untuk lima orang anggota keluarga dalam satu polis. Dengan memiliki Cigna Family Care Optima, Anda bisa memperoleh proteksi berupa manfaat harian perawatan rumah sakit, manfaat harian perawatan ICU, rawat jalan setelah perawatan rumah sakit, manfaat pembedahan, layanan pendampingan saat di rumah, serta pengembalian premi. Menariknya lagi, asuransi ini ditawarkan dengan guaranteed acceptance, tanpa pertanyaan kesehatan, dan tanpa medical check up. Anda pun bisa menikmati manfaat ini secara cashless atau non tunai. Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan kemudahan proteksi dengan membeli asuransi secara online.