Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Empat Jenis Kopi untuk Sukseskan Diet

Posted by setyo

Kopi memiliki manfaat baik dalam membantu diet. Kandungan kafein pada kopi bisa mendorong laju metabolisme tubuh serta membakar lemak. Dikutip dari alodokter.com, zat kafein dalam kopi merupakan senyawa yang bisa membantu memindahkan lemak dari jaringan lemak tubuh, agar lemak bisa digunakan sebagai asam lemak oleh darah.

Bahkan dalam jangka pendek, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh serta meningkatkan pembakaran lemak. Dalam hal ini, kafein meningkatkan penggunaan energi, bahkan ketika Anda sedang beristirahat. 

Ditambah, kafein juga merangsang terjadinya proses thermogenesis, cara tubuh menghasilkan panas dan energi dari mencerna makanan. Selain itu, kafein juga menurunkan nafsu makan meski untuk waktu singkat. Cigna membagi beberapa jenis kopi yang bisa Anda pilih untuk mencapai target body goals Anda ketika melakukan diet. 

 

  • Kopi Hitam 

 

Kopi hitam bisa membantu Anda menurunkan berat badan cepat. Kandungan kafeine dalam kopi hitam bisa membantu membakar lemak. Bahkan para ahli menemukan fakta bahwa kopi hitam dapat mendorong metabolisme tubuh serta membakar lemak.

Bahkan suatu studi dari Departemen Nutrisi Manusia di Belanda, sebagaimana dikutip dari express.co.id menemukan fakta bahwa minum kopi bisa membakar kalori lebih banyak. Peneliti dari University London menyatakan fakta bahwa minum kopi hitam secangkir dapat membakar 150 kalori. 

 

  • Kopi Hijau 

 

Salah satu kopi yang bisa Anda gunakan untuk diet adalah kopi hijau. Ya memang kopi hijau sudah menjadi tren kekinian untuk menurunkan berat badan serta khasiatnya bisa dibuktikan melalui beberapa studi. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine sebagaimana dikutip dari Hellosehat.com suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan, serta komposisi lemak di hati pada tikus. Pada penelitian tersebut terlihat kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama untuk menurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat diserap oleh manusia.

 

  • Kopi Mentega 

 

Kopi mentega adalah minuman kopi yang dicampur dengan mentega. Perpaduan ini pun menghasilkan cita rasa yang unik. Kopi mentega juga dikenal dengan sebutan bulletproof coffee. 

Minuman ini terinspirasi dari kebiasaan orang Tibet yang senang mengkonsumsi minuman dengan dicampur mentega berbahan dasar susu Yak seperti po cha. Berangkat dari situlah, ide membuat produk kopi mentega lahir. 

Pada dasarnya, mengonsumsi kopi mentega ini sama halnya ketika Anda melakukan diet keto. Keduanya sama-sama meminimalisir asupan karbohidrat ke dalam tubuh dan sebaliknya memaksimalkan fungsi lemak dan protein hewani untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Zat itu akan membuat kopi mentega bisa sebagai penunda lapar. Pola makan dengan gizi seimbang akan membuat tubuh tetap memiliki asupan gizi yang baik.

 

  • Espresso 

 

Kopi espresso bisa menjadi salah satu pilihan kopi diet Anda. Satu cangkir mini (shot) espresso memiliki kandungan kalori sebesar 5 miligram, 80-120 milligram kafein, dan nol protein. Ahli gizi terdaftar, Catherine Collins dari Rumah Sakit St. George London, dilansir dari Daily Mail, mengatakan espresso merupakan salah satu kopi yang tepat untuk memangkas berat badan Anda.

Itulah empat kopi favorit yang bisa Anda jadikan pilihan untuk diet. Sajian di atas bisa menjadi alat Anda untuk menikmati diet sambil minum kopi.