Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Jangan Sepelekan Curhat yang Bisa Membantu Anda Menjaga Kesehatan Mental

Posted by setyo

Apa yang Anda rasakan setelah mencurahkan isi hati dan kepala kepada seorang rekan atau kerabat yang Anda percaya? Apakah Anda mendapati diri Anda merasa lega setelah mencurahkan isi hati dan kepala? Ketahuilah, perasaan lega tadi sebenarnya memiliki efek baik dalam menjaga kesehatan mental Anda.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, setidaknya hampir tiga ratus juta orang di seluruh dunia hidup dengan depresi. Menurut organisasi tersebut, lokasi kerja yang tidak mumpuni dan beban kerja yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab dari depresi yang cukup parah. Padahal, depresi sendiri dapat memiliki dampak yang cukup besar dalam produktivitas seseorang. 

 

Baca juga: Mengapa Anak Muda Rentan Stres?

 

Sebagai seseorang yang produktif dan maksimal dalam bekerja, menjadi penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mental. Sama seperti kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental memiliki pengaruh yang signifikan bagi efektifitas Anda dalam menyelesaikan tanggung jawab. Apabila kesehatan mental terabaikan, bukan hanya pekerjaan, namun banyak aspek dalam hidup Anda seperti keluarga dan teman pun akan terkena dampaknya.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Menjaga kesehatan mental tidak harus menyusahkan. Ternyata, melakukan kegiatan sesederhana mencurahkan perasaan dan pikiran kepada orang lain atau curhat bisa memiliki manfaat yang cukup signifikan dalam kesehatan mental Anda.

 

Baca juga: Manfaat Traveling untuk Kesehatan Mental Anda

 

Dunia medis mengenal curhat dengan istilah ventilasi. Hal ini karena memang ventilasi ini merupakan satu cara alami manusia untuk menjadi pemikiran mereka dan gangguan dalam ventilasi dapat berdampak buruk pada kesehatan mental.

Ketua psikiatri dan ilmu perilaku dari Stanford University bernama Dr. David Spiegel mengatakan bahwa berbicara dengan seseorang dapat membantu meringankan beban dan mengurangi stres. Hal ini karena manusia adalah makhluk sosial sehingga membicarakan masalah dengan orang lain dapat menjadi sumber dukungan. Hal ini juga menjadi alasan kenapa berkonsultasi ke psikolog sangat disarankan pada mereka yang merasa tidak mampu curhat kepada rekan terdekat. 

Selain membantu memberikan dukungan, curhat juga mengurangi beban Anda. Ketika Anda mencurahkan beban Anda, Anda juga sedang meluapkan dan mengeluarkan emosi yang sedang Anda alami. Ketika seseorang berhasil meluapkan atau mengekspresikan emosinya, tekanan yang dirasakan seseorang biasanya akan berkurang. Ketika berhasil meluapkan emosi, Anda biasanya juga akan merasakan perbaikan mood. Suasana hati Anda yang tadinya kelabu karena memendam emosi sendirian dapat menjadi lebih cerah.

Dengan pemahaman di atas, menjaga kesehatan mental bukan lagi suatu hal yang repot. Anda bisa mulai belajar membuka diri dan mencurahkan emosi Anda ketika Anda merasa tertekan. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berkonsultasi ke psikolog dan mencurahkan emosi kepada ahli profesional, Anda tidak perlu khawatir. Keberadaan rekan terdekat yang Anda percaya juga dapat membantu Anda dalam mencurahkan emosi agar merasa lega dan terlepas dari beban berlebihan.

 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Pikiran untuk Meningkatkan Fokus dan Menjaga Kesehatan Mental

 

Penelitian dari Fakultas Psikologi University of Virginia, Amerika Serikat, menemukan bahwa mereka yang memiliki rekan dekat dan akrab biasanya akan terhindar dari gangguan mental. Hal ini karena keberadaan rekan dekat yang terpercaya dapat membuat Anda lebih tenang dan membuat Anda lebih terbuka pada rekan tersebut dan pada diri Anda sendiri.

Namun, apabila Anda merasa bahwa berbicara mengenai kegundahan dengan rekan dan kerabat terdekat tidak membuat Anda nyaman, jangan ragu-ragu untuk menghubungi psikolog. Psikolog akan membantu Anda menjaga kesehatan mental dengan keahlian yang telah dimiliki.

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Keduanya sama-sama penting bagi kehidupan Anda. Karena itu, jangan lupa untuk memberikan proteksi terbaik bagi diri Anda yang begitu berharga. Anda bisa memaksimalkan proteksi diri dengan membeli produk asuransi terpercaya seperti Cigna Premium Health Protection. Dengan produk asuransi tersebut, Anda lebih terlindungi dari berbagai risiko kesehatan dan Anda pun dapat beraktivitas dengan nyaman.