Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Suka Ngemil Tapi Takut Gemuk? Siapkan 7 Cemilan Sehat Berikut

Posted by setyo

Apakah Anda senang ngemil? Kegiatan menyantap camilan merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan saat sedang bersantai atau istirahat sejenak di tengah aktivitas rutin, seperti pekerjaan kantor. Kegiatan ngemil dapat meningkatkan mood bekerja serta mengurangi rasa kantuk.

Selain mempengaruhi produktivitas, makan camilan juga berfungsi menahan rasa lapar. Bila Anda terlalu banyak ngemil gorengan atau keripik yang tidak sehat demi menghilangkan rasa lapar, maka Anda berpotensi terkena gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

Salah satu cara ngemil sehat yang tepat adalah menghindari cemilan dengan kadar gula dan kolesterol yang tinggi. Berikut ini merupakan beberapa jenis camilan sehat yang Tim Cigna telah rangkum khusus untuk Anda, terutama jika Anda ingin menjaga pola diet yang tepat.

 

1. Rumput Laut Bakar

 

Bila Anda senang jenis camilan yang renyah saat digigit, maka rumput laut bakar dapat menjadi alternatif camilan sehat yang tepat untuk Anda konsumsi. Selain rendah kalori, rumput laut bakar juga kaya akan berbagai jenis vitamin seperti A, E, dan K.

 

Baca juga: Inilah Manfaat Sekaligus Efek Samping Kopi yang Perlu Anda Ketahui

 

2. Granola

 

Granola dalam bentuk sereal maupun bar merupakan camilan sehat kering yang enak untuk dikonsumsi. Untuk bentuk sereal, Anda dapat mengkonsumsinya bersama susu rendah lemak untuk membuatnya semakin sehat.

 

3. Oatmeal

 

Oatmeal umumnya dikonsumsi saat sarapan di pagi hari, namun Anda juga dapat menyantapnya saat ingin ngemil. Panaskan oatmeal dan tuangkan bubuk kayu manis agar rasanya semakin gurih.

 

4. Dark Chocolate

 

Coklat merupakan jenis makanan yang disukai oleh banyak orang, namun jenis coklat yang menyehatkan untuk tubuh adalah Dark Chocolate. Selain sehat, camilan ini juga berfungsi sebagai pereda tingkat stres alami.

 

Baca juga: Cara Mudah Menjaga Rutinitas Berolahraga Bagi Pemula

 

5. Kacang-kacangan

 

Tentunya tidak semua kacang sehat untuk dikonsumsi secara berkala. Dua jenis kacang yang paling sehat adalah kacang almond dan mede panggang. Kedua kacang ini mengandung lemak baik yang menyehatkan untuk tubuh.

 

6. Buah Kering

 

Bila Anda lebih menyukai camilan dengan rasa manis, maka buah kering adalah solusinya. Buah kering yang sehat antara lain aprikot dan kurma. Jangan menambahkan gula agar camilan tetap sehat untuk tubuh.

 

7. Pisang dengan Selai Kacang

 

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi tanpa diolah. Anda dapat mengoleskan satu sendok selai kacang untuk memberikan rasa yang berbeda, namun tentunya tetap menyehatkan bagi tubuh.

 

Baca juga: Yuk Lakukan Senam Irama untuk Menjaga Tubuh dan Pikiran Tetap Sehat

 

Demikianlah beberapa macam camilan sehat untuk menjaga pola diet Anda tetap baik. Tentunya tidak ada masalah bila Anda sesekali ingin menyantap camilan lain, namun pastikan agar Anda mengimbanginya dengan olahraga dan aktivitas lain untuk menjaga kesehatan tubuh. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.