Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Cara Tetap Bugar Meski Banyak Lembur

Posted by setyo

Sebagai seorang profesional, mungkin Anda kerap menghabiskan banyak waktu di kantor, hingga harus lembur. Kerja keras memang tak salah, namun lembur bisa menguras tenaga dan fisik Anda, apalagi jika dilakukan cukup sering.

Menurut situs healthline.com ada beberapa tanda bahwa Anda sudah mengalami dampak negatif dari lembur, seperti kekurangan produktivitas, kurang tidur, dan stres. Untuk dampak yang terakhir, ada kemungkinan bisa meningkatkan hormon kortisol (hormone cortiso) yang dapat memicu hadirnya penyakit stroke, kanker, diabetes, dan jantung koroner.

Meski sering bekerja lembur, tentu Anda tidak ingin mengalami dampak negatif itu, bukan? Untuk melindungi kesehatan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat dan bugar meskipun sering lembur.

 

1. Rutin makan sayur dan buah 

 

Menjaga asupan makanan sehat merupakan hal yang penting. Selain menyantap protein, pastikan Anda tetap konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk menjaga keseimbangan. 

Berdasarkan riset Brigham Young University yang dikutip dari situs initiafy.com, produktivitas pekerja yang jarang makan buah-buahan, sayuran, dan asupan sehat, 93 persen akan lebih rendah ketimbang pekerja lainnya yang rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

 

2. Berolahraga 15-30 menit 

 

Walaupun Anda lembur hampir setiap minggu, usahakan untuk selalu berolahraga selama 15-30 menit setiap harinya. Dilansir dari situs entrepreneur.com, rutin berolahraga akan meningkatkan kreativitas dan produktivitas Anda.

Olahraga itu sendiri tak harus menghabiskan waktu yang lama, seperti berlari di pusat kebugaran. Peneliti Denmark Cecilie Thogersen-Ntoumani mengatakan bahwa rutin berjalan kaki selama 15-30 menit setelah makan siang dapat meningkatkan antusiasme, membuat rileks, dan mengurangi ketegangan.

 

Baca juga: Menjaga Keseimbangan Kehidupan Kerja dan Keluarga

 

3. Istirahat yang cukup
 

Memiliki waktu tidur yang cukup adalah suatu keharusan, meski Anda kerja lembur. Menurut penelitian National Sleep Foundation, yang dikutip dari Huffington Post, Anda yang berusia 25-60 tahun perlu tidur tujuh sampai sembilan jam. Rekomendasi ini tak mutlak dilakukan, tapi dapat menjadi acuan dalam menentukan waktu tidur ideal Anda. 

Jika Anda merasa cukup dengan waktu yang direkomendasikan, artinya kondisi kesehatan Anda masih baik. Sementara kalau Anda masuk kategori umur itu dan merasa kurang bugar, itu artinya Anda harus mulai mengevaluasi waktu dan kualitas tidur yang dilakukan ke konsultan kesehatan.

 

4. Berpikir positif

 

Berpikir positif turut berperan serta dalam kesehatan mental seseorang. Ketika bekerja, apalagi saat lembur, Anda harus berpikir bahwa hasil kerja itu bisa membawa hasil positif bagi kantor. Dengan berpikir positif, Anda pun akan menghasilkan karya-karya yang produktif bagi kantor.

 

Baca juga: Cara Kreatif Membakar Lemak

 

5. Minum cukup air putih

 

Yang terakhir, Anda juga harus cukup minum air putih. Ini penting, sebab tubuh akan mengalami kelelahan selama Anda lembur. Tak hanya itu saja, lembur di waktu malam juga membuat metabolisme tubuh bekerja di luar jam normal dan membuatnya mudah terdehidrasi.

Minum air putih juga direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan, ketimbang konsumsi minuman berwarna atau yang memiliki rasa.  Selain mengurangi dehidrasi, air putih juga membantu meningkatkan energi, daya tahan tubuh, dan mengembalikan konsentrasi sehingga Anda dapat lebih fokus bekerja.

Dengan menerapkan cara di atas, semoga Anda tetap sehat meski sibuk bekerja di kantor. Bekerja memang wajib, tetapi Anda juga harus memerhatikan aset terpenting Anda, yakni kesehatan. Sudah saatnya Anda mulai mengevaluasi pola kerja dan jadwal kerja Anda jika Anda mulai kekurangan produktivitas, kurang tidur, dan mengalami stres akibat pekerjaan Anda.