Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Awas Bersin-Bersin! Ikuti 6 Cara Mencegah Flu Berikut

Posted by setyo

Akhir dan awal tahun di Indonesia identik dengan musim hujan. Saat ini, Anda mungkin sudah mengalami cuaca hujan hampir setiap hari. Bahkan yang mungkin sedikit menjengkelkan, hujan turun pada saat jam Anda pergi atau pulang beraktivitas.

Apabila tidak berhati-hati menjaga tubuh, Anda akan mudah terserang penyakit khas di musim hujan: flu. Pada umumnya, penyakit flu bukanlah sesuatu mengancam kesehatan tubuh secara serius. Namun, penyakit ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari karena Anda akan sering batuk dan bersin.

Supaya tidak sampai mengganggu, Anda perlu menjaga kesehatan diri. Berikut ini merupakan beberapa cara mencegah flu di musim hujan yang Tim Cigna telah rangkum khusus untuk Anda.

 

1. Selalu Istirahat yang Cukup

 

Istirahat, terutama tidur, sangat membantu untuk menjaga tubuh tetap prima dalam melawan infeksi kuman dan bakteri. Pastikan Anda memiliki jumlah jam tidur yang cukup setiap hari, yaitu sekitar tujuh hingga delapan jam.

 

2. Berkumur

 

Berkumur dapat membantu mengurangi risiko infeksi sistem pernafasan. Dengan berkumur, Anda membersihkan sisa kotoran dan racun yang ada di daerah mulut serta membuang virus yang sedang bersarang. 

 

Baca juga: Cara Mudah Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia Sejak Muda

 

3. Minum Air Mineral

 

Apakah Anda tahu bahwa dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama menurunnya sistem imun tubuh? Bila Anda tidak cukup minum air, maka tubuh Anda akan rentan terkena penyakit seperti flu.

 

4. Bawa Baju Cadangan

 

Pada musim ini, ada kemungkinan Anda perlu melewati hujan untuk bepergian ke tempat kerja atau tempat lainnya. Bila pakaian Anda basah, maka tubuh Anda akan kedinginan dan membuat Anda rentan masuk angin atau terkenal flu. Bawalah atau siapkan baju cadangan agar Anda bisa berganti ke baju yang kering jika memang kehujanan.

 

Baca juga: Berbagai Buah Pencegah Kanker Payudara

 

5. Bawa Payung

 

Selain baju cadangan, Anda juga dapat mengurangi risiko kehujanan dengan selalu membawa payung, setidaknya payung lipat. Jika Anda tidak dapat membawa payung, maka tidak ada salahnya menggunakan outerwear yang memiliki tudung (hoodie) untuk melindungi kepala.

 

6. Jaga Nutrisi

 

Anda perlu menjaga kesehatan tubuh sepanjang musim hujan ini dengan prima. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah mengkonsumsi makanan dan minuman sehat untuk menjaga asupan nutrisi, terutama yang kaya akan vitamin C

 

Baca juga: Cara Agar Tetap Terlindungi Saat Traveling ke Luar Negeri

 

Demikianlah beberapa cara mencegah flu di musim hujan yang perlu Anda ketahui. Bila Anda sudah terlanjur terserang flu, banyak minum air putih dan istirahat lebih lama dari biasanya. Hal ini membantu penyembuhan penyakit flu dengan lebih cepat. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.