Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

4 Cara Mempertahankan Kebiasaan Olahraga bagi Pemula

Posted by setyo

Anda tentu sudah paham betul bahwa olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat baik bagi kesehatan. World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa olahraga rutin dapat secara drastis menurunkan potensi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, dilansir oleh mayoclinic.com, olahraga sangat penting untuk menjaga berat badan, menghindarkan penyakit seperti stroke dan tekanan darah tinggi, meningkatkan mood, dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Sayangnya, tidak semua orang berolahrga secara rutin. Pada tahun 2008, WHO mencatat bahwa sekitar 31% masyarakat dunia tidak melakukan aktifitas fisik cukup dan terpapar pada risiko kesehatan. 

Pasalnya, olahraga dianggap sebagai hal yang sulit untuk dilakukan bagi mereka yang masih pemula. Ada banyak alasan yang disampaikan, mulai dari tidak ada waktu hingga dianggap terlalu boros. Bisa jadi, Anda juga pernah menyampaikan alasan-alasan tersebut. Padahal, bagi Anda yang sibuk, olahraga justru sangatlah penting. Jangan khawatir! Memulai rutinitas berolahraga tidak sesulit yang Anda bayangkan apabila Anda memperhatikan poin-poin berikut ini.

 

Baca juga: 5 Olahraga bagi Anda yang Sibuk

 

Bersabarlah dalam memasang target

 

Bagi pemula, melakukan olahraga secara ekstrim ketika Anda belum terbiasa berolahraga tentu tidak mudah. Terkadang, Anda malah merasa kehilangan motivasi karena kesulitan tersebut. Karena itu, penting untuk memasang target olahraga yang cenderung lebih mudah dipenuhi pada awal-awal tahap rutinitas Anda. Namun, jangan lupa untuk secara perlahan meningkatkan target tersebut! Mulai dari tantangan kecil, Anda pun bisa perlahan meningkatkan tantangan berolahraga dalam rutinitas.

 

Pilih olahraga yang sesuai dengan rutinitas Anda

 

Tidak semua orang memiliki waktu leluasa untuk melakukan olahraga yang memakan waktu cukup banyak. Karena itu, pastikan rutinitas olahraga yang Anda pilih sesuai dengan rutinitas harian Anda. Misalkan, apabila Anda cenderung sibuk dan tidak punya banyak waktu luang, pilihlah olahraga yang bisa dilakukan di rumah, seperti aerobik atau pilates yang bisa Anda dapatkan videonya di internet.

 

Berhenti sekali bukan berarti berhenti selamanya

 

Banyak orang merasa kehilangan semangat ketika secara tidak sengaja melewatkan satu hari untuk berolahraga atau terpaksa berhenti di tengah jalan karena kelelahan. Padahal, apabila Anda berhenti sebentar dalam rutinitas olahraga baik di tengah-tengah sesi olahraga ataupun dalam satu hari, bukan berarti Anda telah gagal dalam membiasakan diri berolahraga secara rutin.

Tidak perlu memaksa diri untuk bisa olahraga setiap hari dengan kuat. Ingatlah bahwa berhenti di tengah jalan karena kelelahan itu sangat wajar. Bisa jadi, tubuh Anda memang sedang kaget karena tidak terbiasa. Apabila Anda lelah, beristirahatlah sebentar dan bersemangatlah kembali untuk melanjutkan sesi olahraga Anda.

 

Ajak teman untuk memulai rutinitas berolahraga

 

Mengajak teman untuk mulai rajin berolahraga bukan hanya menjadikan teman Anda lebih sehat namun juga menjadikan Anda lebih termotivasi. Pasanglah target bersama teman atau pasangan Anda dan jadilah motivator satu sama lain. Tak hanya itu, tips ini juga akan membuat berolahraga menjadi semakin menyenangkan dengan kehadiran teman di samping Anda.

 

Baca juga: Aktivitas Kebugaran Fisik Bersama Pasangan

 

Sesibuk apa pun Anda, olahraga tetap penting untuk dilakukan. Dimulai dari tahap kecil, Anda bisa mulai memperkuat diri dengan olahraga rutin setiap hari. Selain itu, jangan lupa untuk perkuat proteksi Anda dengan membeli produk asuransi kesehatan seperti Cigna Infinite Healthcare. Dengan begitu, bukan saja diri Anda semakin sehat, Anda pun semakin siap menghadapi risiko kesehatan yang bisa datang kapan saja.