Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Agar Tidak Kecanduan, Mulailah Membatasi Bermain Gadget untuk Anak Anda

Posted by setyo

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh anak-anak untuk mengisi waktunya, seperti belajar atau bermain bersama teman-temannya. Namun, salah satu aktivitas yang populer dilakukan adalah bermain dengan gadget seperti smartphone dan tablet.

Pada dasarnya, tidak ada yang salah dengan membiarkan anak bermain dengan peralatan elektronik dalam waktu yang terbatas. Teknologi tersebut dapat membantu proses pembelajaran lebih menyenangkan. Bahkan, bermain game sesuai umur ataupun game edukasi sudah terbukti meningkatkan kemampuan sang anak.

Sebagai orang tua, yang perlu Anda lakukan adalah membatasi bermain gadget untuk anak agar tidak berlebihan. Jangan sampai anak kehilangan kemampuan berinteraksi dengan manusia lain atau melupakan aktivitas fisik karena kecanduan bermain gadget.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang Tim Cigna telah rangkum khusus untuk Anda yang ingin membatasi anak bermain gadget dengan benar.

 

1. Teknologi Pembatas

 

Anda dapat memanfaatkan teknologi yang disediakan pada smartphone atau tablet untuk membatasi waktu tayang dari aplikasi atau situs peramban yang dibuka oleh anak. 

Untuk smartphone dan tablet yang menggunakan sistem operasi Android dan iOS, sebagian diantaranya sudah memiliki aplikasi Digital Wellbeing untuk mengetahui aplikasi apa saja yang digunakan sekaligus membatasi lama penggunaannya. 

Anda dapat mencoba mencari informasi penggunaan aplikasi tersebut sesuai dengan jenis perangkat yang Anda gunakan.

 

Baca juga: Manajemen Stres yang Baik Agar Pekerjaan Tetap Lancar

 

2. Wi-Fi Router

 

Beberapa jenis Wifi router memiliki fitur pembatas koneksi internet. Anda bisa mengecek dulu apakah router yang sekarang memiliki fitur aplikasi yang dapat dihubungkan dengan gadget Anda untuk memantau koneksi sekaligus membatasinya. Pastikan Anda mengkomunikasikan ini kepada anak agar mereka mengetahui batas waktu memakai gadget.

 

3. Buat Jadwal Keluarga

 

Anda dapat membuat jadwal keluarga untuk anak-anak beraktivitas sehari-hari, termasuk kapan dan berapa lama boleh bermain dengan gadget. Dibandingkan dengan cara yang ‘agak memaksa’ seperti yang dijabarkan di atas, cara ini lebih disarankan untuk dilakukan lebih dahulu. Bila anak sulit membuat komitmen, maka Anda bisa beranjak ke cara yang disebutkan sebelumnya.

 

Baca juga: Penjelasan Fenomena ‘Ketindihan’ Saat Tidur

 

4. Aplikasi Parental Control

 

Selain aplikasi bawaan yang ada pada gadget, Anda bisa juga memanfaatkan aplikasi lain yang diunduh dari app store yang berfungsi untuk mengamati kegiatan anak. Aplikasi jenis ini umumnya disebut sebagai aplikasi parental control atau pengawasan orang tua. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengunci gadget di jam tertentu (misalnya jam belajar) dan hanya bisa dibuka di jam lain atau jika ada persetujuan dari Anda.

 

5. Terapkan Hukuman

 

Hukuman dapat diterapkan apabila anak sudah terlalu berlebihan menggunakan gadget, misalnya dengan menyembunyikan gadget atau menghapus aplikasi favoritnya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa ini merupakan cara terakhir bila seluruh cara di atas dirasa tidak berpengaruh dalam mengendalikan aktivitas anak bermain gadget. Anda perlu mengkomunikasikan dengan jelas kepada anak mengapa hukuman diberlakukan serta kondisi apa saja yang menyebabkan Anda melakukan hukuman tersebut. 

 

Baca juga: Penerapan Prinsip Pareto untuk Berhemat Sehari-hari

 

Demikianlah beberapa cara membatasi bermain gadget untuk anak yang perlu Anda ketahui. Pastikan untuk meluangkan waktu beraktivitas bersama anak sekaligus menjaga kesehatannya. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.