Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Cara Sehat dan Hemat dengan Donor Darah

Posted by setyo

Banyak manfaat dari melaksanakan donor darah. Terutama manfaat bagi kesehatan tubuh dan finansial. Manfaat kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, kolesterol serta serangan terhadap stroke. Selain itu melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh menjadi lebih stabil. Dampak kesehatan ini juga mempengaruhi pengeluaran Anda. Selain badan menjadi lebih sehat, donor darah juga bisa mengurangi cost yang bisa muncul jika badan mengalami sakit. Tim Cigna membagi beberapa dampak positif donor darah yang secara tak langsung akan berdampak bagi keuangan Anda. 

 

Mengurangi Berat Badan 

 

Dikutip dari www.doktersehat.com melakukan donor darah adalah salah satu cara menurunkan berat badan secara alami. Dengan melakukan donor darah sebesar 450 ml orang dewasa akan kehilangan 650 kalori. 

Tentu saja kalori ini bukan satu-satunya penyebab penurunan berat badan, Ada efek lainnya seperti pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan dan olahraga secara teratur. Hal ini untuk mencapai berat badan yang ideal. 

Dengan melakukan donor darah Anda bisa menyisihkan anggaran untuk membeli suplemen diet yang harganya bervariasi dari Rp60.000 - Rp250.000 per buah.

 

Baca juga: Larang Donor Darah Berlaku Pada 6 Jenis Orang Ini

 

Memperlancar Peredaran Darah

 

Donor darah secara teratur diketahui dapat memperlancar peredaran darah. Peredaran darah lancar karena adanya penurunan kekentalan darah. Peredaran darah yang lancar akan mengurangi risiko penyakit jantung dan hati. 

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat donor darah terhadap penyakit jantung. Dari penelitian yang dikutip www.hallosehat.com, diketahui bahwa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88% lebih rendah daripada mereka yang tidak. 

Penelitian lainnya dikutip dari www.health.com menemukan bahwa 88% pelaku donor darah terhindar dari penyakit hati.  Padahal biaya konsultasi penyakit jantung bervariasi dari Rp 300 ribu hingga Rp 4,2 juta. Daripada membuang uang melakukan konsultasi ke dokter, berdonor darah bisa menjadi solusi yang jitu.

 

Mengurangi Stres

 

Melakukan donor darah dapat memberikan efek positif bagi emosi dan tubuh. Manfaat secara emosional karena Anda bisa menolong orang lain. Kemudian manfaat lain dikutip dari www.heatlhline.com adalah dapat dapat mengurangi stres, meningkatkan kesehatan tubuh, menghilangkan perasaan negatif serta memperkuat rasa kebersamaan. 

Lebih dari 1000 konsumen berdasarkan polling dari Credit Karma yang dikutip www.washingtonpost.com; mengaku melakukan belanja untuk mengatasi stres, kecemasan atau depresi.

38% responden survei mengaku melakukan ini karena diliputi perasaan cemas dan depresi.  Dengan melakukan donor darah, Anda bisa mengurangi stres sehingga tak perlu menghabiskan waktu untuk belanja.

 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan bagi Kesehatan

 

Mendapatkan Pemeriksaan Gratis

 

Manfaat donor darah yang lainnya adalah Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Sebelum mendonorkan darah, Anda diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. 

Anda akan mengalami cek untuk urat nadi, tekanan darah, suhu tubuh dan kadar hemoglobin. Setelah itu darah Anda juga diuji untuk beberapa penyakit seperti Hepatitis B, Hepatitis C, HIV Virus West Nile, Sipilis serta Trypanosoma cruzi. Hal ini bisa mengurangi cost Anda ketika melakukan medical check up yang besarnya dari Rp400 ribu hingga Rp 500 ribu per kunjungan. 

Tak semua orang dapat melakukan donor darah. Anda harus prima secara fisik dan berusia dalam rentang umur 17 hingga 66 tahun. 

Beberapa kondisi yang membuat Anda dilarang melakukan donor darah adalah ketika sedang flu, berat badan yang rendah, memiliki tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, gangguan jantung, penyakit HIV atau sedang hamil.

Ternyata banyak manfaat ketika melakukan donor darah. Cara diatas bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kesehatan dan keuangan Anda.