Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

6 Cara Berhenti Merokok yang Aman dan Efektif bagi Tubuh

Posted by setyo

Apakah Anda pernah atau sedang berpikir berhenti merokok? Kegiatan merokok umumnya dilakukan untuk mengurangi stres, mengisi waktu luang, atau menahan rasa lapar.

Sayangnya, kegiatan merokok memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan. Menurut survey yang dilakukan oleh WHO (World Health Organization), ada sepuluh orang meninggal setiap menitnya akibat merokok. Selain itu, merokok meningkatkan risiko berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung koroner.

Anda atau orang terdekat Anda yang memiliki keinginan berhenti merokok bisa memulainya dengan mudah sekarang juga. Dalam rangka memperingati World No Tobacco Day, berikut ini merupakan beberapa cara berhenti merokok yang telah Tim Cigna rangkum khusus untuk Anda.

 

1. Tentukan Tujuan Berhenti Merokok

 

null

 

Tujuan atau alasan berhenti merupakan hal penting untuk Anda miliki. Anda bisa menulisnya pada secarik kertas atau buatlah menjadi wallpaper di layar smartphone Anda. Pada saat Anda mulai ragu atau kesulitan berhenti merokok, lihat kembali tujuan tersebut agar menjadi pengingat Anda untuk fokus berhenti merokok.

 

2. Beritahu Orang-Orang Terdekat Anda

 

null

 

Apabila Anda serius memutuskan berhenti merokok, sebaiknya Anda memberitahukan hal tersebut kepada orang-orang terdekat, seperti pasangan atau teman dekat di kantor. Mereka dapat membantu dan mengingatkan jika Anda mulai goyah, hingga menemani Anda melakukan kegiatan lain yang membuat Anda lupa untuk merokok.

 

3. Siapkan Camilan Sehat

 

null

 

Kegiatan merokok sering dilakukan setelah makan atau minum kopi. Letakkan camilan sehat atau permen karet tanpa gula di dekat Anda sebagai ganti rokok. Mulailah kebiasaan mengunyah pengganti rokok ini pada saat-saat Anda biasa mengeluarkan rokok.

 

Baca juga: Mengapa Sup Ayam Identik dengan Kesehatan?

 

4. Seruput Minuman dengan Sedotan

 

null

 

Bila Anda minum air dingin atau minuman segar lain, cobalah menyeruputnya dengan sedotan. Kegiatan ini dapat melepaskan hormon dopamin yang membantu meningkatkan suasana hati. Cara ini cocok dilakukan bagi Anda yang terbiasa merokok sambil minum atau sesudahnya. Kombinasikan dengan camilan sehat yang dijelaskan sebelumnya untuk meningkatkan kesempatan berhenti merokok.

 

5. Perbanyak Kegiatan Olahraga

 

null

 

Aktivitas fisik merupakan kegiatan yang bagus untuk mengisi waktu luang sekaligus menyehatkan tubuh. Bila Anda sering merokok di waktu luang, cobalah untuk mengalihkannya menjadi kegiatan olahraga. Anda dapat mendaftar di kelas gym terdekat atau membuat janji olahraga bersama sahabat demi mengisi waktu yang biasa dipakai merokok.

 

6. Ikuti Nicotine Replacement Therapy (NRT)

 

null

 

Bila Anda merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, Anda dapat mencoba Nictone Replacement Therapy atau NRT. Program ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, yaitu 50 hingga 70 persen. Lakukan konsultasi pada dokter Anda atau rumah sakit terdekat untuk melakukan terapi tersebut.

Demikianlah beberapa cara berhenti merokok yang mudah dilakukan. Ingatlah kembali pada alasan berhenti merokok dan dapatkan dukungan dari orang terdekat agar Anda bisa terbebas dari rokok sepenuhnya. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda.

 

Baca juga: Baca 4 Poin Ini untuk Memahami Kerja Asuransi Kesehatan