Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Waspadalah! 6 Buah ini Berpotensi Menggagalkan Diet Sehat Anda

Posted by setyo

Apakah Anda sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan? Diet yang baik tentunya tidak hanya mengurangi jumlah asupan makanan, namun juga bagaimana Anda mengatur asupan gizi makanan agar tetap sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Secara umum, dalam program diet sehat, tubuh Anda perlu mengurangi asupan jumlah karbohidrat dan lemak jenuh yang masuk ke tubuh. Selain itu, Anda juga perlu menghitung jumlah kalori yang masuk dan keluar agar tubuh mengalami defisit kalori menurunkan berat badan.

Buah-buahan umumnya dikonsumsi karena menyehatkan tubuh, namun tahukah Anda ada beberapa buah yang justru perlu dihindari saat sedang diet? Berikut ini merupakan beberapa jenis buah yang telah Tim Cigna rangkum khusus untuk Anda agar dihindari saat sedang diet.

 

1. Pisang

 

Pisang merupakan salah satu buah tersehat yang dapat Anda makan sehari-hari. Namun, buah pisang memiliki kandungan gula natural dan karbohidrat cukup tinggi. Jika memang ingin mengkonsumsinya, jangan makan buah pisang lebih dari 1 setiap harinya.

 

2. Mangga

 

Buah mangga juga memiliki kandungan kalori yang termasuk tinggi. Rasanya yang manis mengindikasikan kandungan gula yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga Anda sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah tropis yang satu ini.

 

Baca juga: Intip Buah-Buahan Pencegah Kanker Berikut Yuk

 

3. Anggur

 

Sama seperti buah pisang, anggur juga sangat bagus dikonsumsi. Namun, 100 gram anggur mengandung setidaknya 67 kalori dan 16 gram gula. Hal ini menyebabkan konsumsi anggur dalam jumlah sedikit dapat merusak program diet sehat Anda.

 

4. Alpukat

 

Alpukat juga termasuk buah yang sangat bagus dikonsumsi secara rutin dan memiliki kandungan lemak baik dalam jumlah banyak. Namun, jumlah kalori yang dihasilkan dari konsumsi 100 gram alpukat dapat mencapai 160 gram kalori. Bila Anda ingin makan buah alpukat, maka usahakan tidak berlebihan mengkonsumsinya.

 

5. Jus Buah Komersial

 

Buah memang baik untuk tubuh secara umum, namun buah yang diolah menjadi jus secara komersial cenderung tidak baik untuk kesehatan dan program diet. Hal ini terjadi karena jus buah komersial sudah ditambahkan gula, sehingga kalori yang dihasilkan menjadi jauh lebih tinggi.

 

6. Buah Kering

 

Tidak hanya jus buah komersial, buah kering juga berpotensi mengganggu program diet sehat Anda. Satu mangkuk buah kering seperti kismis dapat mengandung 500 gram kalori. Hal ini tentu dapat menggagalkan usaha menurunkan berat badan Anda, sehingga Anda sebaiknya tidak memasukkan buah kering dalam daftar camilan sehari-hari.

 

Baca juga: Buah Berkhasiat yang Sebaiknya Dikonsumsi Rutin

 

Demikianlah beberapa jenis buah yang perlu Anda hindari saat sedang diet. Anda dapat kembali mengkonsumsi buah-buahan tersebut saat menyelesaikan program diet, karena pada dasarnya setiap buah di atas memiliki kandungan gizi yang baik. Khusus untuk jus, pastikan Anda mengkonsumsi jus buah murni agar tidak menggunakan gula tambahan. Gunakan produk asuransi Cigna Proteksi Sehat untuk menambah jaminan perlindungan bagi kesehatan tubuh Anda maupun keluarga.