Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

5 Buah yang Baik Dikonsumsi untuk Mencegah Diabetes

Posted by setyo

Buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manfaatnya seperti memberikan nutrisi bagi tubuh dan memberikan asupan vitamin serta mineral. Tak hanya itu, banyak juga manfaat buah juga bagi penderita penyakit diabetes. 

Penelitian yang dibuat PLos Medicine mengungkapkan manfaat buah bagi penderita diabetes. Laporan tersebut mengamati setengah juta orang Tionghoa dewasa pengidap diabetes di Tiongkok (RRC) selama 7 tahun yang rutin makan buah akan mengalami penurunan risiko kerusakan pembuluh darah dan kematian akibat diabetes.

 

Baca juga: Cek Apakah Anda Berisiko Terkena Diabetes

 

Buah yang mengandung serat tinggi bermanfaat bagi tubuh. Kandungan serat buah terbukti efektif memperlambat penyerapan nutrisi dalam tubuh, sehingga gula darah tidak cepat naik mendadak.

Selain itu, buah juga merupakan sumber antioksidan yang berperan penting untuk membantu menghindari kerusakan sel akibat stres oksidasi, yang sering dikaitkan dengan berbagai komplikasi diabetes. 

Memang hanya tipe buah tertentu yang baik untuk mencegah diabetes. Ada juga buah yang tak baik bagi penderita diabetes karena mengandung kadar gula yang tinggi. Berikut manfaat buah untuk mencegah penyakit diabetes.

 

Apel 

 

American Diabetes Association (ADA) menyarankan pengidap diabetes memilih buah yang punya nilai indeks glikemik rendah. Indeks glikemik (IG), ini adalah acuan mengukur seberapa cepat kandungan zat dalam buah bisa meningkatkan kadar gula darah. Buah yang GI-nya tinggi cenderung lebih cepat menyebabkan kenaikan gula darah. Kondisinya berbanding terbalik dengan buah yang GI-nya rendah.

Nah, salah satu buah untuk diabetes yang paling mudah ditemui di pasaran adalah apel.Selain itu, apel merupakan salah satu buah yang mengandung indeks glikemik rendah yakni di bawah 55. Dalam satu buah apel segar mengandung 21 gram karbohidrat dan 77 kalori. Apel juga kaya akan serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh.

 

Jeruk

 

Selain buah apel, jeruk juga bisa dipertimbangkan sebagai buah pilihan mengatasi penyakit diabetes. Jeruk merupakan buah yang kaya vitamin C dengan indeks glikemik rendah. Jeruk memiliki indeks glikemik di bawah 55, sehingga menjadikannya sebagai salah satu buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi. 

Selain itu, jeruk juga kaya akan asam folat dan kalium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor dalam pembentuk penyakit diabetes.

 

Alpukat

 

Buah alpukat yang mengandung lemak tinggi ternyata baik mencegah penyakit diabetes. Hal ini karena lemak dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh yang justru aman dikonsumsi tubuh. 

 

Baca: Ini Yang Harus Anda Lakukan Bila Positif Mengidap Diabetes

 

Lemak tak jenuh baik mengendalikan kadar gula darah. Alpukat juga bisa meningkatkan kinerja hormon insulin dengan menciptakan rasa kenyang setelah dimakan. Kondisi ini membuat Anda tak perlu lagi mengkonsumsi gula tambahan untuk mempercepat rasa kenyang. Selain itu, buah alpukat juga membantu menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi pemicu utama diabetes.

 

Pir

 

Buah pir merupakan salah satu buah terbaik untuk diabetes. Hal ini karena pir memiliki nilai indeks glikemik relatif rendah, yaitu 38. Selain memiliki indeks glikemik rendah, buah pir juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan flavonoid dalam buah pir menjadi kunci mencegah serta mengobati diabetes.

Penelitian dari Center for Disease Control and Prevention yang diikuti oleh lebih dari 9.600 orang dewasa berusia 25-74 selama sekitar 20 tahun mengutarakan bahwa risiko diabetes akan menurun kepada peserta yang makan lima porsi buah dan sayuran setiap hari. 

Selain itu, pir juga mengandung serat cukup tinggi. Buah pir mampu mencukupi sekitar lebih dari 20% asupan serat harian. Serat ini bagus memperlancar sistem pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

 

Stroberi 

 

Menurut ADA, buah beri adalah makanan super diabetes karena mereka dikemas dengan antioksidan, vitamin, dan serat - plus, buah beri juga termasuk yang memiliki kadar GI dalam tingkat rendah. 

Selain itu, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE ini melaporkan bahwa fisetin dalam buah stroberi memang tidak mengurangi kadar gula darah. Namun kadar fisetin dalam buah stroberi bisa berperan sebagai antioksidan menangkal racun dalam tubuh.

 

Baca: Langkah Cerdas Konsumsi Gula untuk Bebas Diabetes

 

Fisetin juga diketahui membantu menurunkan risiko hipertrofi, atau pembesaran ginjal. Fisetin dalam stroberi juga diketahui dapat membantu mengurangi risiko gangguan saraf para pasien terkena diabetes. Itulah manfaat buah yang bisa Anda pilih untuk mengurangi risiko penyakit diabetes. Semoga cara ini ampuh menjaga kesehatan tubuh Anda.