Sorry, you need to enable JavaScript to visit this website.
Skip to main content

Anak Muda Mencapai Kemerdekaan Finansial, Apakah Bisa?

Posted by setyo

Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi muda saat ini lebih cepat memahami pentingnya kemerdekaan finansial. Apabila Anda merupakan bagian dari generasi muda saat ini, Anda mungkin juga paham betapa kemerdekaan finansial menjadi sangat penting untuk bisa memenuhi tuntutan gaya hidup saat ini tanpa mengesampingkan kebutuhan di masa depan. 

Namun, di usia yang cukup muda, apakah kemerdekaan finansial sudah bisa dicapai? Banyak orang memiliki anggapan bahwa kemerdekaan finansial baru mungkin tercapai di usia yang cukup tua mendekati masa pensiun. 

 

Baca juga Bagaimana Cara Generasi Milenial Mengelola Finansial Mereka?

 

Sebenarnya, kemerdekaan finansial bukanlah permasalahan usia. Kemerdekaan finansial juga bukan hanya mengenai seberapa banyak uang yang Anda hasilkan dalam satu bulan. Melainkan, kemerdekaan finansial juga dipengaruhi oleh pola pikir dan gaya hidup. 

Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial di usia muda? Simak poin berikut!

 

Atur pola pikir Anda mengenai kemerdekaan finansial dan gaya hidup

 

Sebenarnya, esensi utama kemerdekaan finansial adalah terpenuhinya kebutuhan sehari-hari tanpa mengorbankan kebutuhan masa depan. Memiliki kemerdekaan finansial berarti Anda tidak perlu khawatir dalam membiayai kebutuhan sehari-hari. Maka, penting bagi Anda untuk menengok kembali apa yang selama ini Anda anggap sebagai kebutuhan sehari-hari.

Ada generasi muda yang mengeluh bahwa mereka tak kunjung mencapai kemerdekaan finansial yang mereka inginkan. Namun, setelah mereka lihat lagi, ternyata itu karena selama ini ada kebutuhan-kebutuhan tidak esensial yang mereka masukkan dalam kategori kebutuhan sehari-hari. Misalnya adalah nongkrong, berbelanja hal-hal yang tidak perlu, atau berpesta. Dengan penghasilan yang belum bisa dikatakan berlebihan, keberadaan hal-hal yang tak perlu tadi menjadikan generasi muda kesulitan mencapai kemerdekaan finansial yang mereka inginkan.

 

Jangan sepelekan menabung

 

Karena gaya hidup yang terlalu tinggi, generasi muda saat ini dikatakan memiliki kesulitan untuk menabung. Padahal, menabung adalah aspek yang penting bagi kemerdekaan finansial seseorang, terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan darurat. 

Mengetahui hal tersebut, Anda mungkin menyadari betapa menabung sangatlah penting. Menabung bukanlah sekadar untuk kebutuhan masa depan namun juga penting untuk kebutuhan mendadak yang tak terduga seperti kecelakaan atau risiko kesehatan. 

 

Beli produk asuransi kesehatan

 

Seperti telah dikatakan sebelumnya, risiko kesehatan datang kapan saja dan bisa menghasilkan biaya yang cukup besar. Apabila suatu saat hal tersebut terjadi pada Anda, jangan sampai biaya yang Anda bayarkan merusak cita-cita kemerdekaan finansial Anda. Karena itu, belilah produk asuransi kesehatan terpercaya seperti Cigna Infinite Healthcare. Dengan begitu, risiko kesehatan tidak akan merusak kondisi finansial dan cita-cita mencapai kemerdekaan finansial di usia muda tetap bisa Anda capai.

 

Baca juga 5 Alasan Milenial Perlu Punya Asuransi

 

Lakukan investasi jangka panjang

 

Kemerdekaan finansial bukan saja masalah memenuhi kebutuhan hidup saat ini melainkan juga kebutuhan hidup di masa depan. Karena itu, Anda juga memerlukan strategi untuk bisa memiliki cadangan uang bagi kebutuhan di masa depan Anda. 

 

Baca juga 5 Produk Investasi Demi Masa Pensiun yang Sejahtera

 

Investasi adalah salah satu opsi terbaik yang bisa Anda pilih. Untuk kebutuhan jangka panjang, Anda bisa melakukan investasi jangka panjang seperti investasi aset saham atau investasi aset di pasar uang.

Telah disebutkan apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kemerdekaan finansial di masa muda. Dari beberapa tips di atas, manakah yang sudah Anda lakukan?